Pada bulan Februari 2016, Program Studi Teknik Informatika program peminatan Information & Multimedia Technology IMT Universitas Ciputra Surabaya telah menyelenggarakan sebuah acara kompetisi nasional yang meraih minat dari ratusan siswa SMA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi yang digelar untuk ketiga kalinya ini diberi nama National Logic and Programming Competition atau disingkat dengan nama NPLC.

NPLC 2016 diberi tema “Bangga’o rek“, sebuah seruan dengan bahasa khas Suroboyoan, yang bertujuan untuk mengajak segenap anak bangsa untuk berkreasi dan bangga dengan berbagai inovasi yang ditelurkan oleh putra bangsa. Diharapkan melalui kompetisi ini dihasilkan berbagai talenta di bidang teknologi informasi, tidak saja dalam bidang logika dan pemrograman melalui kompetisi Competitive and Logic Programming, namun juga melalui ide-ide inovasi teknologi informasi melalui kompetisi Technology Business Idea.

Mellysa Margarita Susilo, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika program Information and Multimedia Technology angkatan 2013 yang dipercaya menjadi ketua panitia NPLC 2016 mengatakan, bahwa pada penyelenggaraan NPLC 2016 dikembangkan sebuah kategori kompetisi baru yang disebut dengan Technology Business Idea Competition. Kategori ini mendorong siswa SMA/SMK untuk memikirkan ide-ide baru yang merupakan solusi dari berbagai permasalahan yang ada pada masyarakat. Kategori ini nampaknya cukup mendapatkan animo dari siswa SMA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia.

NPLC 2016 Trophy

NPLC 2016 Trophy

Kompetisi yang menyediakan total hadiah senilai 100 juta rupiah berupa beasiswa, trophy, dan uang tunai ini diselenggakan dalam beberapa tahap, mulai dari tahap kompetisi secara online maupun di kampus Universitas Ciputra. Bagi juara I disediakan sebuah piala bergilir Rektor Universitas Ciputra. Selain itu disediakan berbagai door prize yang disediakan oleh para sponsor.

Competitive and Logic Programming NPLC 2016

Competitive and Logic Programming NPLC 2016

Babak Penyisihan NPLC 2016 yang Diikuti Ratusan Siswa SMA/SMK

Babak penyisihan Competitive Logic and Programming yang diselenggarakan secara online pada tanggal  21 Februari 2016 diikuti sebanyak 106 team, yang diikuti siswa SMA/SMK dari ujung barat Indonesia sampai Indonesia bagian timur, mulai dari Aceh hingga Waingapu. Setiap team terdiri dari 3 orang siswa, sehingga pada babak penyisihan ini jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini tidak kurang dari 300 orang. Dari babak penyisihan ini terpilih sebanyak Top 50 Finalis dari berbagai SMA/SMK, antara lain dari: SMAK St. Louis Surabaya, SMA Swasta Methodist 2 Medan Sumatera Utara, SMAN 4 Denpasar, SMA Maitreyawria Kepulauan Riau – Batam, SMAN 4 Kendari – Sulawesi Tenggara, SMAK Rajawali Makassar Sulawesi Selatan, SMAN 3 Denpasar, SMAK St. Maria Surabaya, SMA Karangturi Semarang – Jawa Tengah, SMA Kharisma Bangsa Banten – Tangerang Selatan, SMAK 3 Penabur Jakarta, SMAN 1 Tarakan – Kalimantan Utara, SMA Kristen Petra 1 Surabaya, SMAN 1 Pamekasan, SMA Kalam Kudus Pematangsiantar – Sumatera Utara, SMA Negeri 68 Jakarta, SMA Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah, SMAN 2 Kediri, SMAN 1 Kepanjen Malang – Jawa Timur, SMAN Mojoagung Jombang – Jawa Timur, SMAN 1 Balikpapan – Kalimantan Timur, IPH Schools Surabaya, SMAN 1 Karanganyar Surakarta – Jawa Tengah, SMA Zion Makassar Sulawesi Selatan, SMANU M.H. Thamrin – DKI Jakarta, SMAN 1 Pati – Jawa Tengah, SMAN 1 Kauman Ponorogo – Jawa Timur, SMAN 5 Surabaya, SMAN 2 Jombang – Jawa Timur, SMAN 1 Mejobo Kudus – Jawa Tengah, SMAN 1 Jember – Jawa Timur, SMK Telkom Malang, dan SMAN 1 Gresik – Jawa Timur.

Technology Business Idea NPLC 2016

Technology Business Idea NPLC 2016

Babak penyisihan Technology Business Idea juga diselenggarakan secara online pada waktu yang sama,  dimana dipilih 25 finalis yang kemudian hadir kampus Universitas Ciputra untuk mengikuti berbagai tantangan. Adapun berbagai SMA/SMK yang berhasil lolos ke babak final adalah: SMAK St. Stanislaus Surabaya, SMA Al Hikmah Surabaya, SMAN 1 Kesamben Blitar – Jawa Timur, SMAN 1 Waingapu – Sumba Timur – NTT, SMA Citra Berkat Surabaya, SMK Telkom Malang – Jawa Timur, SMA Zion Makassar – Sulawesi Selatan, SMAK Santa Maria Surabaya, SMA Kristen Harapan Denpasar Bali, SMK Negeri 1 Cimahi – Jawa Barat. SMAN 2 Kudus Jawa Tengah, Sampoerna Academy Boarding School Bogor – Jawa Barat, SMAN 1 Tomohon – Sulawesi Utara, SMAN 1 Tanjung Selor Bulungan – Kalimantan Utara, SMA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus – Jawa Tengah, dan SMAN SBBS Sragen – Jawa Tengah.

Babak Final dan Kelompok Siswa SMA/SMK Pemenang NPLC 2016

Pada tanggal 28 Februari 2016 dilaksanakan babak final secara serentak untuk kedua jenis kompetisi tersebut. Acara yang diselenggarakan Program Studi Teknik Informatika program peminatan Information & Multimedia Technology (IMT) Universitas Ciputra ini berlangsung mulai pukul 08:00 hingga pk 19:00 ini nampak diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias.

NPLC2016 - Competitive Logic and Programming - First Place Winners

NPLC2016 – Competitive Logic and Programming – First Place Winners

Dari hasil kompetisi yang sangat ketat ini, dihasilkan pemenang Competitive Logic & Programming sebagai berikut:

  • First Winner: SMAK St. Louis, Surabaya
  • Second Winner: SMAK 3 Penabur, Jakarta Pusat
  • Third Winner: SMA Swasta Methodist 2, Medan, Sumatera Utara
  • Fourth Winner: SMAN 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur
  • Fifth Winner: SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan, Banten
  • Sixth Winner: SMA Kr. Petra 1, Surabaya, Jawa Timur
Pemenang Competitive Logic & Programming NPLC 2016

Pemenang Competitive Logic & Programming NPLC 2016

NPLC2016 - Competitive Logic and Programming Winners

NPLC2016 – Competitive Logic and Programming Winners

Pemenang untuk kategori Technology Business Idea adalah sebagai berikut:

  • First Winner: SMAK St. Maria, Surabaya, Jawa Timur
  • Second Winner: SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat
  • Third Winner: SMA Kristen Harapan Denpasar, Bali
  • Fourth Winner: SMAN 2 Kudus, Jawa Tengah
  • Fifth Winner: SMAN 2 Kudus, Jawa Tengah
  • Sixth Winner: SMKN 1 Cimahi, Jawa Barat

Pemenang Technology Business Idea NPLC 2016

NPLC2016 - Technology Business Idea Winners

NPLC2016 – Technology Business Idea Winners

Selamat buat para pemenang, dan jangan lupa untuk berpartisipasi kembali pada penyelenggaraan NPLC berikutnya yang diselenggarakan Teknik Informatika program peminatan Information & Multimedia Technology (IMT) Universitas Ciputra Surabaya!

NPLC2016 - All Participants

NPLC2016 – All Participants

Foto Lainnya

Foto-foto lainnya bisa dilihat di FB Fan Page NPLC 2016

 

Written by:
SEW 20160314