Stiker WA (WhatsApp), bagaimana cara membuatnya dengan mudah?. Stiker atau Sticker merupakan salah satu fitur baru WhatsApp yang sedang banyak dibicarakan dan heboh di kalangan pengguna platform chat nomer satu di dunia ini. Fitur yang sebenarnya telah banyak ditemui di platform chat lain seperti LINE maupun BBM ini merupakan salah satu bentuk ekspresi yang sulit diwujudkan melalui kata-kata.

Membuat Stiker WA dengan Mudah

Salah satu yang membuat penggunanya heboh adalah WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mendistribusikan stiker tersebut, bahkan menjualnya di Google PlayStore. Selain itu, kemudahan untuk membuat stiker sendiri juga membuat fitur baru ini menjadi sangat viral, hal ini didukung dengan ketersediaan beberapa aplikasi di Google PlayStore yang dapat dimanfaatkan dengan sangat mudah dan gratis.

Seperti telah dibahas di berbagai artikel, terdapat beberapa aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker WA dengan mudah. Aplikasi “Background Eraser” misalnya, dapat dipergunakan penggunanya untuk menghilangkan latar belakang dan membuat gambar transparan seperti umumnya stiker yang ada. Gambar yang dihasilkan dapat dimasukkan ke dalam WhatsApp atau banyak dikenal dengan singkatan WA dengan menggunakan aplikasi “Personal Sticker for WhatsApp” yang juga dapat didownload dengan gratis.

Namun demikian dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, pembuat stiker tidak mendapatkan keuntungan  berupa penghasilkan tambahan dari Google Play Store. Semua keuntungan, baik berupa pendapatan dari iklan maupun penjualan aplikasi di Play Store akan masuk ke pengembang aplikasi, misalnya aplikasi Background Eraser maupun Personal Sticker for WhatsApp yang telah disebutkan sebelumnya. Kedua aplikasi telah didownload lebih dari 10 juta kali masing-masing.

Aplikasi Android Background Eraser dan Personal Sticker for WhatsApp

Aplikasi Android Background Eraser dan Personal Sticker for WhatsApp

Agar pembuat stiker dapat menikmati keuntungan finansial berupa pendapatan dari iklan maupun dari penjualan sticker, maka pembuat stiker harus mengembangkan aplikasi Android yang memuat stiker tersebut. Nah, bagaimana cara membuat aplikasi Android yang berisi stiker tersebut?. Caranya tidak sulit, WhatsApp sendiri telah menyediakan kode sumber (source code) untuk aplikasi Android tersebut. Simak caranya di bawah ini.

Membuat Stiker WA dalam Bentuk Aplikasi

Agar sebuah stiker yang kita buat dapat dijual di Google PlayStore, maka stiker tersebut harus berbentuk paket aplikasi Android. Gambar yang akan dipublikasikan juga harus memenuhi beberapa ketentuan teknis seperti disebutkan di bawah ini.

Ketentuan Teknis (Spesifikasi) Gambar

Untuk membuat sticker yang dapat dipergunakan dalam aplikasi WA atau WhatsApp, maka gambar yang akan dijadikan sticker harus memenuhi ketentuan teknis sebagai berikut:

  • Setiap gambar harus memiliki latar belakang transparan.
  • Ukuran dari setiap gambar harus menggunakan 512×512 pixels.
  • Ukuran file dari setiap sticker harus kurang dari 100 KB.
  • Format file dari gambar stiker adalah menggunakan WebP format. Saat ini WhatsApp belum mendukung format animated WebP, yang artinya tidak diperkenankan stiker yang berupa animasi.

Setiap sticker juga harus memiliki icon yang akan ditampilkan dalam aplikasi WA. Icon merupakan representasi dari sticker yang terkait. Adapun ketentuan atau spesifikasi teknis dari icon tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran icon adalah 96×96 pixels.
  • Ukuran file dari setiap sticker harus kurang dari 50 KB.
Icon atau preview stiker yang akan dipilih di WhatsApp. Sumber: FAQ - Creating stickers for WhatsApp

Icon atau preview stiker yang akan dipilih di WhatsApp. Sumber: FAQ – Creating stickers for WhatsApp

Beberapa ketentuan lain yang sebaiknya diikuti adalah sebagai berikut:

  • Stiker akan ditampilkan di WhatsApp dalam berbagai latar belakang. Latar belakang tersebut bisa berwarna putih, hitam, merah, maupun berbagai warna latar belakang lainnya. Sebagian besar pengguna WhatsApp bahkan tidak mengubah latar belakang berupa wallpaper default seperti terlihat di gambar di bawah. Untuk itu WhatsApp juga merekomendasikan pembuat stiker untuk memberikan garis putih (#FFFFFF) sebesar 8 pixel di luar sticker. Bagi pengguna Photoshop, WhatsApp menyediakan contoh file PSD yang dapat diunduh dan dimanfaatkan pada link ini.

    Stiker dengan latar belakang wallpaper default dari WhatsApp

    Stiker dengan latar belakang wallpaper default dari WhatsApp

  • Selain itu WhatsApp juga merekomendasikan margin atau jarak antara gambar dengan pinggir sebesar 16 pixel dari pinggir gambar.

    Rekomendasi margin (jarak dengan pinggir gambar) pada Stiker WA

    Rekomendasi margin (jarak dengan pinggir gambar) pada Stiker WA

Tips untuk Mengurangi Ukuran File Gambar Stiker WA

Agar stiker dapat dimanfaatkan dengan optimal sehingga tidak memakan banyak kuota data serta tidak juga rakus akan memory perangkat mobile yang dipergunakan, setiap gambar yang akan dipergunakan sebagai stiker harus dioptimasi, khususnya dalam hal ukuran file.

Salah satu cara untuk mengurangi ukuran file Stiker WA adalah dengan melakukan optimasi gambar dengan memanfaatkan software yang mampu untuk optimasi file dengan format PNG. Adobe Photoshop merupakan salah satu contoh software yang bisa melakukan hal ini, namun tentunya desainer dapat memanfaatkan software lain sebagai alternatif free software ataupun open source. Setelah optimasi ukuran file PNG dilakukan maka file tersebut dapat dikonversikan menjadi format WebP setelah dimanfaatkan dalam aplikasi.

Metode kedua adalah dengan melakukan optimasi pada saat melakukan proses konversi atau ekspor ke format Web P. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengurasi prosentase kompresi dan mendapatkan hasil dimana kualitas masih baik dan ukuran file paling kecil dimana penurunan kualitas masih bisa diterima.

Konversi File Gambar Stiker WA ke Format WebP

Seperti dijelaskan sebelumnya, file gambar yang akan dipergunakan sebagai stiker haruslah dalam format file WebP. Bagaimana membuat gambar dalam format yang masih jarang kita dengar ini? Dalam hal ini tersedia beberapa tools yang memungkinkan pembuat desain melakukan konversi format file gambar ke WebP.

Apabila Anda pengguna Mac OSX, maka tersedia aplikasi Sketch for Mac, sedangkan apabila Anda merupakan developer Android, maka Android Studio yang merupakan code editor untuk pengembangan aplikasi Android telah menyediakan tools untuk mengubah format gambar PNG ke WebP. Caranya cukup mudah, tinggal right click gambar format PNG yang telah diimpor ke dalam Android Studio, kemudian pilih Convert to WebP (https://developer.android.com/studio/write/convert-webp). Pada saat melalukan ini harus dipastikan bahwa pilihan “Skip images with transparency/alpha channel” di non-aktifkan.

Apabila Anda pengguna Photoshop, maka tersedia plugin untuk memungkinkan Photohop untuk melakukan proses konversi gambar ke WebP. Anda dapat menginstal plugin untuk Photoshop yang mengkonversi ke WebP. Pada saat proses konversi, pastikan pilihan “Save Metadata” di non-aktifkan.

Membuat Aplikasi Stiker WA dan Mempublikasikannya di PlayStore

WhatApps menyediakan sebuah sample apps yang dapat dimanfaatkan dengan mudah untuk membuat paket aplikasi Android Stiker WA yang dapat dipublikasikan ke Google Android Playstore. Mudah? hmm, sangat mudah bagi para developer Android yang sudah pernah mempublikasikan karyanya dalam Android Playstore, karena tinggal mendownload dan memodifikasi source code yang disediakan pada platform GitHub tersebut. Selain versi Android, pada link GitHub tersebut juga tersedia sample apps dalam format IOS yang memungkinkan desainer untuk mempublikasikan karyanya dalam Apple App Store juga.

Kabar terbaru terkait dengan Stiker versi IOS, Apple banyak melakukan penghapusan aplikasi stiker WhatsApp karena dianggap banyak melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan Apple App Store. Syarat dan ketentuan yang dilanggar adalah banyakan aplikasi yang memiliki desain sejenis serta melanggar copyright, serta keharusan pengguna aplikasi untuk menginstal aplikasi lain, yang dalam hal ini adalah WhatsApp. Sumber: Gadgets360

Bagi orang awam nampaknya upaya ini membutuhkan usaha relatif keras, karena harus melakukan proses instalasi Android SDK pada komputer yang akan dipergunakan, serta tidak ketinggalan pula harus melakukan instalasi code editor seperti misalnya Android Studio. Namun apabila pembuat stiker ingin mengkomersialisasikan produk desain buatannya, nampaknya kerja keras yang dibutuhkan mungkin sepadan, karena sekali desainer menguasai caranya, maka prosedur yang sama akan dapat dilakukan untuk membuat desain stiker yang baru.

Untuk mempublikasikan aplikasi yang dibuat ke dalam PlayStore dibutuhkan sedikit pengetahuan pula, serta tidak ketinggalan sejumlah dana agar dapat menjadi Google Android Playstore developer. Adapun biaya yang ditetapkan untuk saat ini adalah sebesar USD 25 yang berlaku seumur hidup. Cukup ekonomis apabila dibandingkan dengan biaya tahunan sebeser USD 99 yang dikenakan Apple App Store.

Nah demikian sekelumit cara untuk membuat dan mempublikasikan stiker yang dibuat, utamanya ke Google Android PlayStore. Jadi tunggu apa lagi? Selamat berkarya!

 

Written by: Stephanus Eko Wahyudi 20181120

References