Bagaimana rasanya membuat game dalam waktu 24 jam melalui kegiatan Game Jam? Apakah menjadi pengalaman yang terlupakan atau justru pengalaman menarik tak terlupakan seumur hidup?

Pada tahun 2015 program studi Teknik Informatika program Information & Multimedia Technology (IMT) dan Visual Communication Design (VCD) Universitas Ciputra bekerjasama dengan Game Developer Arek Suroboyo menggelar Global Game Jam. Acara yang diselenggarakan di waktu libur tersebut diikuti oleh lebih dari 100 peserta. Namun demikian, mengingat bahwa acara tersebut diselenggarakan di waktu libur Universitas Ciputra, tidak banyak mahasiswa UC yang meramaikan acara ini.

Pada tahun 2016 kembali Teknik Informatika (IMT) dan Visual Communication Design (VCD) bekerjasama mengadakan Game Jam, namun kali ini dengan lingkup peserta adalah mahasiswa UC. Lebih dari 100 mahasiswa yang merupakan peserta dari mata kuliah Digital Media dan Computer Vision (IMT), dan mata kuliah Digital Content Creation dan Computer Graphic 3 (VCD) yang mengikuti acara ini.

Acara ini terselenggara dengan peran serta Stephanus Eko Wahyudi (HOD IMT) dan Marina Wardaya (HOD VCD) sebagai pengarah, dengan Rendy Iswanto (VCD) selaku ketua panitia, dengan dibantu Hutomo Setiabudi (VCD) dan Edwin Alexander (IMT). Selain itu, acara ini juga didukung Student Union IMT dan VCD, yang menyiapkan tenaga 10 orang mahasiswa IMT dan 8 orang mahasiswa VCD sebagai panitia pendukung pelaksana.

24 Hours Game Jam

Press Start 24 Jam Game Jam

Press Start 24 Jam Game Jam

Kegiatan yang diselenggarakan di Kampus UC ini diselenggarakan lebih panjang dari pada Global Game Jam yang durasinya 48 Jam. Kegiatan yang diberi nama PRESS START ini berlangsung pada Bulan Maret hingga Mei, dimana diawali dengan kegiatan Seminar dengan pembicara dari praktisi. Pada tahapan kedua yang disebut dengan Press Start Stage 2, diselenggarakan 24 Hours Game Jammin’ dengan lokasi di kampus. Tahapan berikutnya adalah kegiatan mentoring, workshop, seminar, dan akan diakhiri dengan presentasi Game yang dihasilkan selama beberapa bulan tersebut pada tanggal 31 Mei 2016.

Tanggal 31 Mei 2016 yang merupakan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya, mewarnai kegiatan ini dengan kentalnya. Salah satunya adalah tema Game Jam, yaitu: “Surabayaku“. Peserta Press Start diminta mengembangkan game bersama teamnya yang berkaitan dengan tema yang ditetapkan tersebut.

Press Start 2016, dengan tema "Surabayaku"

Press Start 2016, dengan tema “Surabayaku”

Acara 24 Hours Game Jammin’ sendiri dimulai pada tanggal 18 Maret 2016 pk 17:00 hingga 19 Maret 2016 pk 17:00. Pada hari pertama peserta diminta untuk saling mengenal, menentukan nama team, serta mulai merancang konsep game. Setiap team terdiri dari 5-6 anggota team yang dibentuk oleh panitia, dimana masing-masing team berisi mahasiswa dari 2 program studi berbeda dan dari angkatan yang berbeda-beda pula. Selain bertujuan menghasilkan ide-ide game baru, diharapkan pula para peserta dapat memperluas networking mereka.

Dalam acara yang berlangsung semalam suntuk ini, panitia memiliki kiat untuk menjaga stamina dari para peserta. Selain menyediakan makan malam, sarapan, dan makan siang, panitia menyediakan free flow kopi dan mie instant.

Press Start Surabayaku Pasukan Kuning

Press Start Surabayaku Pasukan Kuning

Setelah pembagian tugas, pada pukul 21:00 peserta diberikan opsi untuk melanjutkan pekerjaan mereka di rumah masing-masing atau menginap di kampus. Tidak kurang dari 30 peserta dan panitia yang memutuskan untuk tinggal di kampus.

Press Start 2016 - Bekerja dan mengisi Perut pk 03:00 dini hari

Press Start 2016 – Bekerja dan mengisi Perut pk 03:00 dini hari

Bagi mahasiswa yang memutuskan untuk tinggal di kampus, tentunya pengalaman ini merupakan pengalaman baru yang mungkin tidak pernah mereka bayangkan. Lepas dari tengah malam, beberapa peserta mulai memutuskan untuk beristirahat, namun tidak sedikit pula yang bertahan tidak tidur semalaman demi menghasilkan prototype game yang akan dipresentasikan pada tanggal 19 Maret 2016 mulai pk 15:00.

Press Start 2016 24 Hours Game Jam - Character Design

Press Start 2016 24 Hours Game Jam – Character Design

Berbagai ide menarik mulai tampak di konsep yang telah digambar di kertas, maupun diwujudkan di komputer. Pada acara yang saat tulisan ini dibuat masih berlangsung ini preserta masih memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan game yang telah mereka konsepkan bersama.

Press Start - Tetap Semangat di Hari Kedua

Press Start – Tetap Semangat di Hari Kedua

Acara yang diselenggarakan untuk pertama-kalinya ini mendapatkan berbagai respon positif dari peserta. Berikut adalah komentar positif yang diberikan mahasiswa setelah mengikuti acara ini:

  • Sudah bagus dalam mengordinasi setiap tugas,… dan ide serta menjalankannya yang cukup baik… dan cukup menyenangkan
  • Kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam mengebangkan kreativitas dan keterampilan mereka.
  • The Best.. Banyak ilmu yang bisa di dapat.. Hanya saja tempat kerja(meja) terlalu besar sehingga susah berkomunikasi dengan team karena ada jarak
  • Menyenangkan. Di acara ini saya bisa berkenalan dengan teman baru dan juga dapat pengalaman baru.
  • Bersyukur diadakan event ini karena bisa belajar banyak hal pada kakak semester, bisa eksplore banyak hal tentang game dan desain, berani mencoba banyak hal yang baru.
  • Memberikan pengalaman bekerja dengan tim bagi saya yang cenderung single-fighter.

Secara umum peserta nampak puas dan menganggap acara ini bermanfaat bagi mereka, meski bagi 1-2 orang di antara mereka merasa passion mereka belum ada dan sedikit terpaksa mengikuti acara ini. Konsumsi yang disediakan cukup berlimpah dan berhasil memenuhi harapan, meski ada pula yang menyatakan bahwa makanan yang disediakan tidak dapat mereka konsumsi karena alergi dan pedas.

Perjalanan dari Press Start sendiri masih belum berakhir, setelah berakhirnya acara ini team masih akan terus bekerja untuk menghasilkan Game yang benar-benar dapat dimainkan secara luas dan dipublish di berbagai platform yang ada.

Tetap semangat!

written by:
SEW 20160319

Foto dokumentasi Press Start 2016 Stage 2 bisa diakses di: Album foto Press Start Stage 2 di Facebook

Share dan Like Fan Page Press Start: https://www.facebook.com/UC.PressStart/

 

Press Start 2016 Stage 1 and Stage 2

Press Start 2016 Stage 1 and Stage 2