Kata Bijak Pemrograman apa ya yang keren? Artikel ini akan membahas 10 kata bijak keren khususnya di bidang pemrograman.

Pemrograman merupakan salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang di masa Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini. Perkembangan teknologi, khususnya komputer begitu cepat dan dimanfaatkan di berbagai sektor. Mulai dari administrasi, pendidikan, informasi, bahkan hiburan begitu membutuhkan teknologi ini.

Belajar Pemrograman Kadang Butuh Motivasi, Kata Bijak Keren mungkin membantu!

Namun demikian, mempelajari pemrograman meski bagi sebagian orang terbilang mudah, bagi orang lain mungkin membutuhkan kemauan kuat dan konsistensi dalam belajar. Dibutuhkan kata bijak untuk membangkitkan semangat pada saat menghadapi kesulitan, misalnya pada saat menemukan error, hasil yang diinginkan tidak seperti yang dirancang atau diupayakan, atau berbagai hal lainnya.

Berikut adalah berbagai kata bijak pemrograman yang keren dari berbagai sumber, yang mungkin akan dapat membangkitkan semangat programmer dalam mengerjakan project, dapat memberikan inspirasi, maupun untuk refleksi diri. Kata bijak pemrograman ini ditampilkan tidak dalam urutan tertentu dan mungkin masih banyak kata bijak lain yang bisa ditambahkan.

Ada ide Kata Bijak Pemrograman yang keren?

Apabila ditemui kata bijak lain yang dianggap sangat bermanfaat bagi programmer yang baru belajar maupun yang sudah menggeluti dunia software development sebagai professional, silahkan menuliskannya di comment yang ada di bawah artikel ini. Kata bijak yang ditampilkan di bawah juga dalam Bahasa Inggris, dalam Bahasa Indonesia akan dituliskan di artikel terpisah. Apabila ada informasi kata bijak pemrograman keren dalam Bahasa Indonesia, boleh juga dikirimkan kepada kami melalui comment di bawah artikel ini.

Top 10 Kata Bijak Pemrograman Keren versi Informatika Universitas Ciputra Surabaya

1. “Everybody in this country should learn to program a computer, because it teaches you how to think.” ~ Steve Jobs ~

Siapa yang tidak pernah dengar Steve Jobs (mungkin banyak sih :D) salah satu pendiri dan penggerak Apple Inc., produsen gadget terkemuka di dunia, yang dikenal dengan produknya yang selain cantik juga sangat mudah digunakan. Kata bijak dari Steve Jobs ini ingin mengingatkan semua orang pentingnya belajar membuat program komputer, karena dengan belajar algoritma dan membuat program komputer seseorang dilatih untuk berpikir. Jadi buat yang masih galau apakah studi di bidang informatika atau komputer atau lainnya, jangan ragu ya!. Daftar sekarang di Informatika (IMT) Universitas Ciputra.

Steve Jobs, source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Steve_Jobs_Headshot_2010.JPG

Steve Jobs, source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Steve_Jobs_Headshot_2010.JPG

2. “The best thing about a boolean is even if you are wrong, you are only off by a bit.” ~ Anonymous ~

Bagi non-programmer agak sulit memahami arti kata bijak ini. Dalam teknologi komputer, boolean adalah salah tipe data yang hanya terdiri dari 2 angka, yaitu: 1 (true) dan 0 (false). Kata “off by a bit” dapat diterjamahkan secara bebas menjadi “meleset sedikit”. Jadi secara keseluruhan kalimat ini dapat diartikan menjadi: “Hal terbaik mengenai boolean adalah meski kamu salah, kamu hanya meleset sedikit”.

3. “Before software can be reusable it first has to be usable.” ~ Ralph Johnson ~

Kata bijak ini dapat diartikan menjadi “Sebelum sebuah software dapat dipergunakan ulang, software tersebut harus dapat dipergunakan”. Kalimat yang diperkenalkan oleh Ralph Johnson ini mengingatkan programmer mengenai pentingnya usability dari sebuah software. Usability sendiri merupakan tingkat kemudahan penggunaan sebuah software. Seringkali programmer terjebak untuk fokus dalam mengembangkan modul software yang dapat dimanfaatkan kembali untuk project selanjutnya, namun justru kurang memperhatikan kebutuhan dan karakteristik serta kemampuan pengguna terkait dengan software yang dikembangkan.

4. “There are two ways to write error-free programs; only the third one works.” ~ Alan J. Perlis ~

Kata bijak ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada programmer yang mungkin frustrasi pada saat menemukan error pada program yang dikembangkannya. Arti yang terkandung dari kalimat tersebut adalah bahwa sebuah program yang dikembangkan tidak akan luput dari error, sehebat apapun programmernya.

5. “Your most unhappy customers are your greatest source of learning.” ~ Bill Gates ~

Dalam mengembangkan sebuah program programmer seringkali memikirkan apa yang ada di pikirannya sebagai hal yang paling benar dan paling baik. Kritikan atau masukan yang didapat dari pengguna atau klien seringkali dianggap sebagai upaya untuk menjatuhkan. Sebaliknya, sebenarnya masukan dari pengguna yang tidak puas, harusnya menjadi hal yang penting untuk didengarkan dan dipertimbangkan, karena datangnya dari pengguna itu sendiri.

Bill Gates, source: https://www.flickr.com/photos/worldeconomicforum/2297194352

Bill Gates, source: https://www.flickr.com/photos/worldeconomicforum/2297194352

6. “In a room full of top software designers, if two agree on the same thing, that’s a majority.” ~ Bill Curtis ~

Kata-kata ini bertujuan sebagai sindiran sekaligus kata motivasi bagi yang membacanya. Sebagai sindiran karena banyak software engineers yang merasa bahwa pendapatnya adalah pendapat yang paling benar dan susah untuk menerima masukan maupun ide dari orang lain. Sebagai kata motivasi bertujuan untuk menghibur dan menguatkan seseorang, bahwa apabila idenya ditolak bukan berarti serta merta bahwa ide tersebut jelek. Perlu kebesaran hati untuk mendengarkan ide orang lain dan dapat menerimanya apabila memang baik.

7. “A program is never less than 90% complete, and never more than 95% complete.” ~ Terry Baker ~

Kata bijak ini ingin mengingatkan programmer bahwa sebuah program yang dikembangkan tidak akan pernah mencapai kata sempurna. Senantiasa akan ada room for improvement untuk pengembangan selanjutnya. Oleh karena itu programmer harus belajar untuk menekan ego dan dapat segera merilis program yang memang sudah sesuai dengan standar dan ketentuan. Silahkan membaca berbagai referensi mengenai Minimum Viable Product (Medium, 2018), yang merupakan salah satu tips berguna untuk startup yang memiliki keterbatasan tenaga, dana, dan waktu.

8. “If the code and the comments do not match, possibly both are incorrect.” ~ Norm Schryer ~

Salah satu fitur penting dalam proses pengembangan program adalah pembuatan dokumentasi dan komentar dari program yang dibuat. Hal ini bertujuan agar programmer lain yang bekerjasama atau yang nantinya melanjutkan atau menggantikan pengembangan program, dapat memahami alur program yang dibuat. Namun demikian, pembuatan dokumentasi dan komentar program seringkali dianggap merepotkan dan menghabiskan waktu. Jarang sekali ada programmer yang menjadikan pembuatan dokumentasi dan komentar sebagai salah satu kebiasaan atau habbit dalam pengembangan program. Sebagai seorang programmer yang melanjutkan program yang dikembangkan programmer lain, harus berhati-hati dalam melihat atau membaca komentar program, perlu melakukan proses check dan re-check sebelum memutuskan penggantian baris-baris program yang dikembangkan.

9. “Passwords are like underwear: you don’t let people see it, you should change it very often, and you shouldn’t share it with strangers.” ~ Chris Pirillo ~

Saat ini sehari-hari kita mengakses berbagai situs dan aplikasi, baik melalui dekstop maupun gadget. Berbagai situs tersebut menuntut kita untuk memasukkan username atau identitas beserta dengan passwordnya. Begitu banyaknya aplikasi membuat kita semakin lama semakin malas untuk membuat username dan password yang bervariasi. Padahal dengan menggunakan username dan password yang sama, akan membuat celah bagi para hacker untuk dapat mengakses berbagai informasi kita, bahkan transaksi yang tidak menguntungkan. Bagi programmer, kemalasan untuk membuat password yang aman atau secure dan secara berkala menggantinya, akan memperbesar situs web atau aplikasi yang dibuat rentan terhadap serangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berniat untuk merusak dan menghancurkan hasil jerih payah yang sudah diupayakan cukup lama. Jadi, jangan malas menggunakan password yang aman, menggantinya secara berkala, dan berhati-hati saat menyimpannya agar tidak dapat diakses orang lain ya guys!

10. “If you think your users are idiots, only idiots will use it.” ~ Linus Torvalds ~

Sekali lagi kita diingatkan oleh pendiri Linux Linus Towvalds pentingnya untuk memperhatikan pengguna maupun calon pengguna kita. Karena sehebat apapun situs web atau aplikasi yang dikembangkan, apabila apa yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna serta tidak mengerti tingkat kemampuan pengguna untuk menggunakannya, maka aplikasi yang dikembangkan akan sia-sia.

 

Demikian 10 kata bijak keren versi Teknik Informatika Universitas Ciputra yang mungkin bermanfaat. Nantikan kata bijak lainnya di artikel berikutnya, jangan lupa subscribe dengan memasukkan alamat email di bawah!

Salam Entrepreneur!

written by: SEW 20190228