Jalan  jalan di negeri tetangga bagi sebagian orang merupakan impian yang harus diwujudkan. Berbagai tempat menarik bisa dikunjungi dalam waktu yang tidak terlalu panjang. Yang menjadi permasalahan adalah kendala bahasa yang mungkin menghambat, sehingga seringkali kesulitan menemukan tempat yang dituju maupun moda transportasi yang harus dimanfaatkan. Lantas apakah ada solusi teknologi informasi yang bisa membantu?

Baca juga: Studi Ekskursi ke Singapore, Belajar Sambil Travelling

Jalan Jalan di Singapore Mudah?

Berbicara mengenai Singapura, maka anda pasti akan teringat mengenai betapa majunya negara kecil tersebut, padahal jika dilihat dan dibandingkan, luas dari Singapura sendiri bahkan lebih kecil sedikit dibandingkan dengan DKI Jakarta – Ibukota Negara Indonesia, bahkan merupakan negara terkecil di Asia Tenggara. Tetapi walaupun negaranya kecil, penduduk mereka sangat teratur dan sangat tertib mengenai peraturan-peraturan berlalu-lintas maupun peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Bagi seseorang yang menguasai Bahasa Inggris mungkin tidak terlalu sulit untuk menelusuri negara ini. Namun bagi yang lain, moda transportasi yang dimiliki Singapura yang meski telah diatur dengan sangat rapi, baik itu menggunakan MRT, LRT, maupun Bus, namun cukup rumit untuk dipelajari. Pembayaran moda transportasi juga mungkin perlu untuk dihitung khususnya apabila dana agak pas-pasan, meski untuk pembayarannya sangat mudah dengan memanfaatkan kartu seperti Ez-Link.

Aplikasi Untuk Membantu Menemukan Tempat Pada Saat Jalan Jalan di Singapura

Berdasarkan pengalaman saat mengikuti kegiatan studi ekskursi program studi Teknik Informatika program peminatan Information & Multimedia Technology (IMT), salah satu apps yang sangat membantu untuk di download (unduh) adalah Gothere.sg yang tersedia untuk platform iOS (iPhone atau iPad). Untuk platform lain bisa menggunakan apps alternatif maupun menggunakan situs webnya.

Tampilan Situs Web Gothere.sg Untuk Mendukung Jalan Jalan di Singapore

Tampilan Situs Web Gothere.sg Untuk Mendukung Jalan Jalan di Singapore

Aplikasi ini memiliki 2 versi, gothere.sg lite version yang dapat digunakan secara gratis dan versi berbayar. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua versi ini. Perbedaannya adalah batas waktu penggunaan dimana untuk versi lite aplikasi akan expired setelah 14 hari pemakaian, sedangkan paid version tidak memiliki expired date. Aplikasi berniat untuk tinggal di Singapura dalam jangka waktu yang lama, versi paid bisa dibeli dengan harga Rp 59.000,-.

Dari sisi teknis, aplikasi ini sudah berfungsi dengan sangat baik dan nyaris tidak ditemukan bug yang mengganggu. Review yang ditinggalkan oleh para penggunanya juga umumnya sangat positif, baik yang untuk paid version maupun lite version, dimana banyak pengguna memberikan nilai 4 bintang keatas dengan menyertakan komentar yang positif betapa mereka terbantu oleh aplikasi ini.

Aplikasi Gothere.sg Sangat Mudah dan Membantu Menemukan Tempat dan Perkiraan Biaya

Tampilan aplikasi ini merupakan salah satu faktor positif dimana cukup sederhana dan mudah untuk dipahami tanpa perlu untuk melihat fitur walkthrough atau tutorial yang tersedia. Terdapat icon-icon dan tulisan yang mudah untuk dipahami fungsinya, serta dilengkapi dengan peta untuk memudahkan penggunanya untuk mencari tempat yang akan dituju.

Untuk memanfaatkan aplikasi ini sangat mudah, dimana disediakan 5 option atau pilihan yang ditampilkan di halaman Home. Fitur utama yang disediakan adalah Directions yang berfungsi untuk  mencari jalan yang harus dilalui dari suatu tempat ke tempat lainnya. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah Option Search yang berfungsi untuk mencari tempat dengan memasukkan memasukkan alamat atau nama tempat tersebut. Fitur terbaru yang disediakan untuk paid version adalah Set Home Location, yang merupakan fitur yang sangat handy untuk mempercepat penggunaan fitur Direction. Fitur Nearby Bus Stops yang juga merupakan fitur baru gothere.sg, berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halte bus terdekat dengan lokasi dimana pengguna berada di saat tertentu. Fitur lainnya adalah Map yang berfungsi untuk menampilkan visualisasi peta dari negara Singapura.

Rute Jalan Jalan Menuju Tempat Tujuan Yang Diberikan GoThere.sg

Rute Jalan Jalan Menuju Tempat Tujuan Yang Diberikan GoThere.sg

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memilih moda transportasi yang akan dimanfaatkan, yaitu Bus, Train (MRT), Taxi, maupun kendaraan pribadi (atau rental). Pada saat studi ekskursi, rombongan lebih banyak memanfaatkan MRT (Train). Berdasarkan hasil uji coba, gothere.sg menawarkan alternatif rute yang bisa dipilih. Selain jarak dan estimasi waktu, Gothere.sg juga menampilkan informasi yang sangat berguna, yaitu mengenai biaya yang harus kita bayarkan jika menggunakan transportasi umum, dan untuk biaya bus dan train sangat akurat dan tepat harganya, meski untuk biaya pemanfaatan taxi tentunya hanya berupa perkiraan.

Alternatif Rute Jalan Jalan

Alternatif Rute Jalan Jalan

Salah satu fitur yang mungkin perlu untuk ditambahkan adalah fitur untuk mengetahui kondisi kemacetan sebuah area seperti yang telah dimiliki Google Maps maupun Waze. Fitur Voice Directions juga mungkin akan sangat membantu pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini dengan menyetir, untuk lebih mendukung keselamatan penggunanya dalam berkendara.

Baca Juga: Suasana Kerja di Google Singapore

Satu-satunya Aplikasi Untuk Jalan Jalan?

Gothere.sg sendiri merupakan salah satu aplikasi yang telah diujicoba dan dirasakan manfaatnya oleh penulis. Namun demikian, mungkin masih banyak aplikasi lain yang juga akan dapat membantu menemukan tempat maupun rekomendasi lainnya untuk memastikan jalan jalan kita lebih menggembirakan. Oleh karena itu jangan lupa untuk riset atau memantau situs web ini untuk mendapatkan tips lainnya.

Have fun at Singapore guys!

 

written by:
Anthony Anci (20413009)
Mahasiswa Teknik Informatika Program IMT 2013
Information and Multimedia Technology
School of Creative Industry

rewritten by:
SEW 20160204