Suasana Kerja di Google - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Suasana Kerja di Google

/, IMT, Kegiatan/Suasana Kerja di Google

Suasana Kerja di Google

Bagaimana sih suasana kantor cabang Singapore dari perusahaan yang hari ini dinobatkan sebagai perusahaan yang paling bernilai di seluruh dunia? Apakah suasana kantornya menyenangkan atau justru sebaliknya?

Pada tanggal 27 Januari 2016 rombongan mahasiswa dan dosen dari Program Studi Teknik Informatika Program Peminatan Information & Multimedia Technology (IMT) mendapatkan kesempatan langka untuk mengunjungi kantor Google di Singapore. Rombongan beruntung sekali mendapatkan kesempatan langka yang tidak bisa didapat semua orang. Tidak mudah untuk mendapatkan kesempatan ini, bahkan universitas terkenal di Singapore sendiri seringkali tidak berhasil dalam mendapatkan kesempatan sejenis ini. Kesempatan ini tentunya tidak disiasiakan oleh para mahasiswa dan dosen. Selain mendapatkan berbagai informasi mengenai bekerja di Google, rombongan juga mendapatkan informasi mengenai beberapa produk maupun inovasi terbaru dari Google, mulai dari Project Loon hingga Alphabets.

Kantor yang terletak di 8 Marina View, Asia Square 1, salah satu daerah elit di Singapore ini, terdiri dari 3 lantai. Google secara eksklusif membangun sendiri tangga yang menghubungkan ketiga lantai tersebut di dalam kantor mereka, sehingga untuk menuju lantai 30 hingga 32 mereka tidak perlu menggunakan lift yang tersedia kantor tersebut. Google menerapkan pengamanan yang cukup ketat terhadap kantor mereka, termasuk di antaranya adalah larangan untuk memotret di lingkungan kantor mereka kecuali di reception desk dan di salah satu ruangan yang dipergunakan karyawan untuk rehat maupun berdiskusi di sela waktu kerja mereka.

Dalam kunjungan ini, rombongan dipandu oleh Sami Kizilbash, Developer Relations Program Manager untuk South & Southeast Asia. Selain itu Sami ditemani oleh Adrian dan Marcus yang turut memberikan berbagai informasi sepanjang rombongan berkeliling di kantor ini.

Sami Kizilbash memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan mahasiswa Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra

Sami Kizilbash memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan mahasiswa Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra

Baca Juga: Studi Ekskursi Ke Singapore, Belajar Sambil Travelling

Bagaimana sih suasana kantor tempat kerja di Google Singapore?

Kantor yang ditempati oleh sekitar 1100 karyawan ini nampaknya begitu lengang, termasuk di berbagai area yang disediakan untuk kenyamanan karyawannya. Menurut Sam, di Google setiap pekerja mendapatkan berbagai target yang harus dicapai dalam waktu tertentu, dimana para karyawan tidak ditutut untuk berdiam di satu tempat termasuk di kantor Google sendiri. Kantor ini menganut sistem open space dimana tidak banyak orang yang memiliki meja pribadi yang ditempati oleh masing-masing karyawan.

Tempat Kerja di Kantor Google Singapore

Tempat Kerja di Google Singapore, source: https://officepictures.wordpress.com/

Di tiap lantai dari kantor, bagian dalam atau tengah disediakan berbagai ruang yang dapat dimanfaatkan baik untuk menunjang kebugaran, hiburan, maupun untuk berdiskusi santai. Tersedia ruang fitness, ruang billiard, ruang tennis meja, tempat duduk santai, dan berbagai ruang lainnya. Di bagian luar disediakan meja dan kursi seperti layaknya kantor pada umumnya, namun suasana masih sangat tergambar di kantor ini. Ada yang cukup menarik perhatian dari para mahasiswa maupun dosen yang berkesempatan berkeliling tersebut, antara lain adalah penamaan sejumlah ruang rapat di dalam kantor ini, yang banyak sekali menggunakan nama-nama daerah pusat rekreasi yang terkenal di Indonesia, di antara Lombok dan Gili.

Bermain tennis meja sambil kerja di Google? Bisaaa...

Bermain tennis meja sambil kerja di Google? Bisaaa… source: https://officepictures.wordpress.com/

Sami mengatakan, di Google setiap karyawan didorong untuk menjadi dirinya sendiri. Kaos oblong dan celana pendek misalnya, bukan merupakan hal yang tabu untuk dipergunakan apabila merupakan cermin ekspresi diri karyawan bersangkutan. Demikian pula dengan jam kehadiran, karyawan bisa datang dan pergi menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan mereka. Mereka juga dapat melewatkan malam di kantor tersebut apabila mau.

 

Suasana Lego Room di Google Singapore

Suasana Lego Room di Google Singapore

Demi efisiensi kerja, Google menyediakan berbagai snack dan minuman secara gratis di berbagai sudut kantor, yang bisa dinikmati kapanpun dibutuhkan. Selain itu, juga disediakan kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan yang juga bisa dimanfaatkan oleh para karyawan. Sami mengatakan, Google selalu bekerja berdasarkan data dan terus-menerus melakukan riset.

Area kantinpun juga tidak luput dari hal tersebut. Saat Stephanus Eko Wahyudi, salah satu dosen yang turut mendampingi rombongan ini, menanyakan kebenaran mengenai riset yang dilakukan oleh Google untuk menentukan ukuran piring yang optimal supaya para karyawan Google tetap sehat dan memiliki produktivitas tinggi, Sami tidak menampik. Sami bahkan memberikan contoh bahwa riset tidak melulu mengenai menu yang paling disuka oleh para karyawan, waktu tunggu dalam antrian untuk dilayani di resto yang tersedia, maupun jenis minuman yang harus disediakan. Minuman yang dianggap tidak sehat diletakkan di bagian paling bawah lemari es yang terdapat di ruang makan, bahkan minum bergula maupun bersoda ini diletakkan di bagian yang tertutup oleh stiker es sehingga tidak nampak dari luar. Para karyawan didorong untuk meminum air mineral maupun susu yang diletakkan di bagian atas dari lemari es.

Dapur untuk memasok makanan para karyawan yang kerja di Google Singapore

Dapur di kantor Google Singapore, source: https://officepictures.wordpress.com/

Setelah puas berkeliling di berbagai ruang serta mendapatkan berbagai informasi, rombongan pun akhirnya berfoto bersama di depan reception desk sebelum meninggalkan tempat. Mereka begitu terkesan dengan suasana nyaman bekerja di Google, yang nampaknya begitu mendorong para pekerja untuk berinovasi.

Studi Ekskursi Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra mengunjugi tempat kerja di Google Office, Januari 27, 2016

Studi Ekskursi Teknik Informatika Program IMT Universitas Ciputra mengunjugi Google Office, Januari 27, 2016

written by: SEW 20160202
photo: koleksi SEW, Caecilia Citra

Additional photos source:

  • https://thateconomist.wordpress.com/2014/11/18/lunch-google-singapore-an-office-tour/
  • https://officepictures.wordpress.com/2013/01/21/google-singapore-office-picture/

 

 

By |2016-12-19T10:38:21+00:00February 2nd, 2016|Artikel, IMT, Kegiatan|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply