Pada tanggal 20 November 2016, dilangsungkan acara final 4th NPLC (National Programming and Logic Competition) yang diselenggarakan oleh Teknik Informatika Universitas Ciputra program Information & Multimedia Technology (IMT). Bangkitkan Startup Indonesia!, itu semangat yang digaungkan NPLC yang diselenggarakan untuk keempat kalinya ini.

Baca juga: 4th NPLC 2016 – National Programming & Logic Competition http://informatika.uc.ac.id/2016/11/4th-nplc-2016-national-programming-logic-competition/

Sebanyak 225 peserta yang tergabung dalam 75 team finalis untuk 2 kategori lomba ini hadir di Universitas Ciputra. Seluruh team dari berbagai belahan daerah di Indonesia (tampak di grafis) nampak begitu antusias mengikuti rangkaian acara final yang diselenggarakan mulai pk 08:00 – 18:00 ini.

MC menyapa peserta dari berbagai belahan Indonesia yang hadir di kampus UC (tampak di grafis). Bangkitkan Startup Indonesia!

MC menyapa peserta dari berbagai belahan Indonesia yang hadir di kampus UC (tampak di grafis). Bangkitkan Startup Indonesia!

Seperti diketahui, lomba NPLC yang diselenggarakan keempat kalinya ini mengusung tema “Bangkitkan Startup! Bangkitkan Indonesia”, dengan tujuan mendorong talenta muda dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya di bidang Teknologi Informasi. Lomba dibagi menjadi 2 kategori, yaitu: Kategori 1 untuk Logika dan Pemrograman, serta Kategori 2 berupa Lomba Ide Business untuk Startup.

Pada Kategori 1, para peserta akan berupaya menyelesaikan berbagai permasalah dan soal logika dan pemrograman yang diberikan oleh panitia. Selama lebih kurang 5 jam mereka akan berjuang untuk menyelesaikan soal-soal tersebut, mulai dari pk 10:00 – 15:00.

Suasana ruang lomba NPLC Kategori 1: Logic and Programming (drag foto ke kiri dan ke kanan untuk melihat foto 360 ini)

Suasana ruang lain lomba NPLC Kategori 1: Logic and Programming (drag foto ke kiri dan ke kanan untuk melihat foto 360 ini)

Pada Kategori 2, peserta harus mengelilingi beberapa ruangan kelas kampus yang terletak di kawasan perumahan di Surabaya Barat ini. Di masing-masing kelas, kelompok akan mempresentasikan ide bisnis teknologi mereka di hadapan para juri, yang terdiri dari para CEO dan founder beberapa startup, serta beberapa orang yang telah berpengalaman mengikuti inkubator teknologi maupun pemenang lomba bisnis di berbagai kesempatan. Kelompok berjuang untuk merebut hati para investor untuk mendapatkan investasi sebanyakbanyaknya bagi bisnis mereka.

Salah satu peserta mempresentasikan ide bisnisnya (drag foto ke kiri dan ke kanan untuk melihat foto 360 ini)

Sesi dimulai dengan penampilan dari kelompok akustik yang terdiri dari mahasiswa Universitas Ciputra, dilanjutkan kemudian dengan pembagian doorprize menarik berupa tiket nonton, voucher kedai kopi, dan berbagai jenis hadiah lainnya. Setelah itu, Stephanus Eko Wahyudi selaku ketua program studi Teknik Informatika (IMT) memberikan kata sambutannya. Di tengah sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara ini berupaya untuk mendorong para kaum muda untuk memulai bisnis di bidang teknologi mulai dari usia muda. Beliau mendorong bermunculannya Startup Indonesia dari talenta muda Indonesia yang sangat potensial. Sebelum peserta diarahkan menuju berbagai ruang lomba, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Kartika Gianina Tileng, dosen Teknik Informatika program Management Information System (MIS) Universitas Ciputra.

Tidak ketinggalan setelah itu Nehemia Sugianto (dosen, IMT) selaku pembina acara memperkenal panitia yang diwakili oleh ketua panitia Muhammad Arsyadani dan Jefferson Phinardi Kosasih, dan dilanjutkan dengan mengingatkan kembali mengenai berbagai peraturan dan ketentuan lomba. Akhirnya dengan dipandu Elizabeth Irene Yuwono (peneliti & dosen, IMT) para mahasiswa diarahkan ke berbagai ruang oleh para mahasiswi dari berbagai program studi di Universitas Ciputra, termasuk belasan mahasiswa dari program Fashion Design (FDB), Internasional Business Management (IBM), dan juga Psikologi (PSY).

Panitia 4th NPLC, diwakili Muhammad Arsyadani dan Jefferson Phinardi Kosasih

Panitia 4th NPLC, diwakili Muhammad Arsyadani dan Jefferson Phinardi Kosasih

Akhir kata terima-kasih buat para sponsor, Bapak/Ibu guru yang turut mendampingi para peserta, serta segenap panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini. Semoga dukungan kita kepada para generasi muda ini membuahkan hasil yang baik demi masa depan yang lebih baik!

Penjelasan peraturan lomba oleh Irenne

Penjelasan peraturan lomba oleh Elizabeth Irenne

Pada saat tulisan ini dibuat, lomba sedang berlangsung, may the best team win! Bangkitkan Startup Indonesia!

 

written by:
SEW 20161120