Siang ini kembali berita menggembirakan dari IMT dan VCD, Team Neotribal yang terdiri dari Ileene (IMT 21), Kevin (IMT 21), dan Jessica (VCD 21) berhasil menjadi Juara 1 pada Kompetisi Nasional Digital Business Festival untuk kategori Web App Competition yang diselenggarakan Universitas Nusa Mandiri.

Nusa Mandiri Digital Business Festival 2023

Nusa Mandiri Digital Business Festival 2023 merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke-22 Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang merupakan pegelaran kompetisi antar mahasiswa secara nasional dalam bidang teknologi informasi, ekonomi dan bisnis.

Menurut penyelenggara, program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan pertumbuhan ekonomi nasional dengan pemanfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain itu, kegiatan ini juga menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Menurut penyelenggara, kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Pagelaran yang bertajuk ‘Bangun Talenta Teknologi Inovasi Bisnis Digital untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ ini diadakan kali pertama oleh Universitas Nusa Mandiri, namun rencananya akan kami adakan secara berkala tiap tahun. Nusa Mandiri Digital Business Festival 2023 ini dikhususkan bagi mahasiswa/i di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi. Kompetisi ini menggelar berbagai kategori, seperti desain UI/UX, desain Smart City, Web App, Infographics, dan Video Campaign.

The Journey

“Bunga yang mekar hari ini, tidak ditanam kemarin sore”
Pepatah itu yang menggambarkan perjuangan website Neotribal ini selama berbulan-bulan, dari bulan Februari, hingga Agustus 2023.

Awalnya, ide ini ditemukan oleh salah satu anggota tim kami (Ileene), dan ide ini digunakan oleh Ileene untuk seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas mewakili School of Information and Technology (SIFT). Pada saat itu, ide ini mendapatkan banyak masukan, salah satunya dari dosen pembimbing Ileene, yaitu Pak Mychael dan evaluasi dari juri seleksi PILMAPRES (yang terdiri dari Pak Jony BMA, Pak Andi Apple Academy, dan Pak Sunu TLiC). Di bulan April, Ide ini mendapatkan juara 3 di seleksi PILMAPRES.

Tak berlangsung lama kemudian, kami merasa bahwa ide ini bisa direalisasikan, karena kebetulan tim kami mayoritas berlatar belakang di informatika dan sedang mengambil mata kuliah DEI (Digital Enterpreneur and Innovation) di semester 5. Di mata kuliah ini pula kami bertemu dengan mahasiswa VCD (Jessica) yang berminat di bidang design digital, dan bisa membantu kami untuk merealisasikan website ini melalui designnya.

Namun, apakah realisasi itu hanya dikumpulkan untuk tugas akhir mata kuliah DEI saja? Tidak. Kami merasa bahwa kami perlu menggali lebih luas lagi ke dunia luar sana dan mencari masukan-masukan lagi agar website ini bisa berkembang semakin baik. Jatuh bangun kami lewati bersama, pivot ide dilakukan berkali-kali dan berbulan-bulan, begadang bersama untuk mengerjakan website ini, pantang menyerah dengan ide awal yang diusung, hingga akhirnya sampailah pada titik bisa merealisasikan ide ini menjadi sebuah website yang mendapat juara pertama dalam kompetisi web app yang diadakan oleh Universitas Nusa Mandiri (26/08).