Halo, perkenalkan nama saya Joshua Kouwa Budiman. Saya merupakan mahasiswa program studi Informatika (IMT) Universitas Ciputra angkatan 2020 yang telah mengikuti program students exchange atau pertukaran pelajar dengan salah satu kampus partner Universitas Ciputra, yaitu Dongseo University yang terletak di kota Busan, Korea Selatan. Kali ini saya ingin membagikan beberapa pengalaman yang saya rasakan selama menjalani perkuliahan di Dongseo University.

Awal Mula

Sejak masa kecil, saya memiliki ketertarikan dan perasaan ingin tahu yang mendalam tentang dunia dan keunikan negara di luar Indonesia. Ketika mengetahui bahwa Universitas Ciputra menyediakan berbagai kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar, saya mulai mengandaikan apakah saya juga bisa mengeksplor dan mendapat pengalaman baru di luar negeri. Harapan saya untuk melibatkan diri dalam budaya, bahasa, dan sistem pendidikan yang baru selama proses pertukaran pelajar ini sangat mendebarkan sekaligus menegangkan. Sedikit yang saya ketahui bahwa petualangan ini akan membentuk pandangan dunia saya, memperluas wawasan saya, dan membentuk kenangan yang tak terlupakan.

Persiapan dan Kedatangan

Persiapan untuk perjalanan pertukaran pelajar saya cukup rumit, melibatkan banyak sekali dokumen, aplikasi visa, dan lain sebagainya. Selama tahap seleksi pun saya harus menunggu konfirmasi agar bisa mengikuti program ini dan hal tersebut sangat mengkhawatirkan saya. Sehingga ketika mengetahui bahwa saya diterima untuk mengikuti program ini, saya merasa lega dan tidak sabar untuk berangkat ke Korea. Saat saya turun dari pesawat dan mendarat di tanah Korea, berbagai emosi muncul di dalam diri saya, perpaduan antara kegembiraan dan kekhawatiran. Pemandangan, suara, dan aroma yang tidak saya kenal langsung membawa saya ke dunia yang penuh dengan keragaman, menjanjikan pengalaman yang berbeda dari yang lain.

Budaya

Beradaptasi dengan budaya baru merupakan sebuah tantangan sekaligus hal yang menyenangkan bagi saya. Dari pakaian tradisional hingga pasar yang ramai dan sejarah yang sangat mendalam, setiap aspek budaya Korea membuat saya kagum. Menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan pemandangan Korea yang menakjubkan di waktu luang, memperdalam apresiasi saya terhadap kekayaan sejarah dan keindahan alam Korea. 

written by: Joshua Kouwa Budiman (IMT’20)