Google for Indonesia - Maju Rame Rame! Simak keseruannya!

Google for Indonesia – Maju Rame Rame!

/, IMT/Google for Indonesia – Maju Rame Rame!

Google for Indonesia – Maju Rame Rame!

Google for Indonesia yang diselenggarakan ketiga kalinya mengusung tagline “Maju Rame-Rame”. Gimana keseruan acara ini?. Teknik Informatika (IMT) Universitas Ciputra mendapatkan undangan ekskusif untuk menghadiri acara yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur – Jakarta, pada tanggal 4 Desember 2018.

Google for Indonesia

Google for Indonesia (#google4id) merupakan sebuah ajang yang diselenggarakan oleh Google secara berkala di Indonesia. Melalui acara ini Google menyampaikan berbagai laporan mengenai inisiatif yang telah dilaksanakan oleh Google di Indonesia, sekaligus memperkenalkan produk terbarunya kepada masyarakat. Acara yang diikuti ratusan undangan dari dalam maupun luar negeri ini dihadiri oleh ratusan undangan yang secara eksklusif disebarkan oleh Google Indonesia.

Acara Google Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 4 Desember 2018 ini, merupakan acara yang telah diselenggarakan oleh Google untuk ketigakalinya. Bertempat di Ciputra Artpreneur yang terletak di Ciputra World Jakarta, acara ini berlangsung sangat meriah dengan berbagai booth produk Google di area yang disebut sebagai Sandbox Experiences. Acara yang berlangsung mulai dari pk 09:00 hingga pk 16:30 ini juga dimanfaatkan sebagai ajang networking para penggiat information technology dan technology antusiast dari kalangan industri, pemerintah, hingga akademisi.

Sandbox Experience di ajang Google For Indonesia 2018

Sandbox Experience di ajang Google For Indonesia 2018

Tag Line Google for Indonesia 2018: Maju Rame-Rame

Pada penyelenggaraan tahun 2018 ini, Google for Indonesia mengusung tagline “Maju Rame-Rame” yang intinya Google mengajak semua orang Indonesia untuk bersama-sama memajukan bangsa Indonesia secara bersama-sama. Berbagai teknologi yang dirilis Google, beberapa di antaranya dikembangkan khusus untuk Indonesia, atau diawali karena permasalahan yang ada di Indonesia.

Berbagai produk dan layanan yang dikembangkan berupaya untuk meningkatkan kecerdasan dan ekonomi bangsa, misalnya dengan memudahkan orang untuk menemukan produk UKM, memudahkan orang Indonesia untuk belajar berbagai hal dengan lebih mudah, serta membantu para pencari kerja untuk menemukan berbagai lowongan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan dengan lebih cepat dan mudah pula.

Rangkaian Acara Google for Indonesia

Adapun rangkaian acara disusun dengan sangat rapi, sebagai berikut:

09:00-10:00 Registration + Sandbox Experiences

10:00-12:00 Main Keynote

12:00-13:30 Lunch + Sandbox Experiences

13:30-15:30 Marketers Session

15:30-16:00 Tea Break + Sandbox Experience

16:00-17:00 Cloud Track

Undangan Esklusif Google for Indonesia

Para peserta dapat mengikuti rangkaian acara ini dengan gratis, namun demikian tiket yang disediakan merupakan tiket eksklusif yang ditawarkan secara langsung oleh Google kepada seluruh orang yang berpartisipasi di ekosistem Google. Stephanus Eko Wahyudi yang merupakan kaprodi Teknik Informatika Universitas Ciputra beruntung mendapatkan undangan untuk menghadiri acara ini melalui email yang disebarkan oleh Randy Jusuf – Managing Director Google Indonesia.

Stephanus Eko Wahyudi - Kaprodi Teknik Informatika (IMT) UC di ajang Google for Indonesia

Stephanus Eko Wahyudi – Kaprodi Teknik Informatika (IMT) UC di ajang Google for Indonesia

Name tag dan souvenir dari Google

Name tag dan souvenir dari Google

Highlight Google for Indonesia 2018

Pada sesi ini beberapa petinggi Google memberikan informasi mengenai beberapa layanan dan produk yang dirilis pada hari itu dan juga akan segera dirilis khususnya di kawasan Indonesia. Beberapa pembicara yang tampil antara lain: Randy Jusuf – Managing Director – Google Indonesia, Veronica Utami – Head of Marketing Google Indonesia, Scott Huffman – VP of Engineering – Google Assistant,  Ken Tokusei – Product Management Director – Google Search, Krish Vitaldevara – Director – Product Management – Geo and Maps NBU, dan masih banyak lagi.

Randy Jusuf - Managing Director Google Indonesia on stage Google For Indonesia 2018

Randy Jusuf – Managing Director Google Indonesia on stage Google For Indonesia 2018

Pada ajang ini Google meluncurkan beberapa layanan dan produk penting yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia, antar lain: Jobs on Google Search yang akan membantu pencari kerja di Indonesia untuk dapat menemukan dan mengikuti berbagai lowongan yang tersedia dan relevan dengan latar belakang pencari kerja; Aplikasi berikutnya adalah Google Go, sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk menemukan konten-konten terbaru di Internet;  WizPhone sebuah ponsel low-end buatan Indonesia yang mampu menjalankan berbagai aplikasi buatan Google dan sudah dilengkapi dengan Asisten Google. Ponsel Wizphone akan dapat dibeli di berbagai ribuan mini market di seluruh Indonesia dengan harga yang sangat ekonomis, yaitu seharga Rp. 99 ribu rupiah saja!.

Ponsel murah WizPhone yang memiliki kemampuan menjalankan aplikasi Android yang dipernalkan dalam ajang Google for Indonesia

Ponsel murah WizPhone yang memiliki kemampuan menjalankan aplikasi Android yang dipernalkan dalam ajang Google for Indonesia

Melalui ajang ini Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengumumkan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Google telah melatih lebih dari 10 ribu developer. Berbagai insiatif juga telah dilaksanakan oleh Google Indonesia untuk memajukan UKM dan memberdayakan wanita Indonesia dalam berkarya.

Sementara itu Product Management Director Google Search Kentaro Tokusei menyampaikan berbagai fitur baru khususnya dari aplikasi  Google Search menawarkan akses informasi yang lebih mudah bagi warga Indonesia, antara lain adalah menyediakan translasi berbagai konten yang dikembangkan tidak dalam Bahasa Indonesia antara lain melalui kerjasamanya dengan Wikipedia.

Sesi Scott Huffman – VP of Engineering – Google Assistant juga tidak kalah menariknya. Berbagai demo diberikan oleh Scott yang nampaknya membawa suasana riuh, melalui fitur candaan dari Google Asisten, memudahkan pemesanan taksi online, maupun pada saat Scott menampilkan WizPhone.

Candaan Google Assistant

Candaan Google Assistant

Salah satu technopreneur yang menjadi rockstar dunia IT Indonesia – Nadiem Makarim juga tidak ketinggalan hadir dan berdiskusi dalam sesi keynote ini.

Nadiem Makarim di acara Google for Indonesia 2018

Nadiem Makarim di acara Google for Indonesia 2018

Bpk. Arief Yahya – Menteri Pariwisata juga berkesempatan hadir dan memberikan sesinya mengenai awareness kementrian pariwisata dan dunia digital. Salah satu misi beli adalah mengupayakan berbagai destinasi wisata untuk terus berupaya mempercantik diri dan “camera ready“. Salah satu kolaborasi yang telah dilaksanakan dengan Google adalah pembuatan Street View untuk Raja Empat dan destinasi lain seperti Danau Toba dan Labuan Bajo.

Menteri Pariwisata Indonesia menyampaikan sambutan dan pesannya kepada para penggiat startup Indonesia dan Google

Menteri Pariwisata Indonesia menyampaikan sambutan dan pesannya kepada para penggiat startup Indonesia dan Google

Selain speaker tersebut masih ada beberapa pembicara lainnya yang juga menyampaikan berbagai layanan baru Google. Keynote speech secara lengkap dapat disimak di video yang disediakan secara live oleh Google:

Meetup dengan University Developer Program Google Inc.

Pada saat break makan siang beberapa perwakilan universitas berkesempatan untuk berdikusi singkat mengenai inisiatif yang telah diberikan Google untuk pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan ini beberapa dosen dari beberapa perguruan tinggi yang beruntung dapat menghadiri acara ini bertemu dengan William Florance – Director University Developer Program Google Inc. dan Aulia Faqih dari Google Indonesia. Dalam diskusi singkat ini William menyampaikan bahwa Google sangat berharap lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang berniat untuk belajar dan memanfaatkan teknologi Google dan Android untuk mengembangkan solusi dari permasalahan bangsa maupun dunia.

Berfoto bersama William Florance, Aulia Faqih, dan beberapa dosen dari beberapa perguruan tinggi lain di ajang Google for Indonesia 2018

Berfoto bersama William Florance, Aulia Faqih, dan beberapa dosen dari beberapa perguruan tinggi lain di ajang Google for Indonesia 2018

Sesi Marketers di Google for Indonesia

Pada sesi marketers di ajang Google for Indonesia 2018 ini diskusi difokuskan ke Youtube, salah satu layanan Google yang begitu fenomenal dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai pembicara tampil di sesi ini, mulai dari Muhamad Fajrin Rasyid – President Bukalapak, Najwa Shihab dari Narasi.tv, hingga Gerald Sebastian dari channel Kok Bisa.

Pesan Najwa Shihab dalam ajang Google for Indonesia 2018

Pesan Najwa Shihab dalam ajang Google for Indonesia 2018

Sebagai penutup acara, Google juga menyampaikan penghargaan Youtube Gold Button kepada Najwa Shihab yang melalui channelnya telah berhasil meraih lebih dari 1.000.000 subscriber.

Youtube Gold Button untuk Najwa Shihab

Youtube Gold Button untuk Najwa Shihab

Sampai Jumpa di Google for Indonesia berikutnya!

 

 

Written by: Stephanus Eko Wahyudi, Dec 5th, 2018

 

 

 

 

 

By |2018-12-05T11:00:14+00:00December 5th, 2018|Berita, IMT|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply