Beda AR dan VR - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Beda AR dan VR

/, Creative/Beda AR dan VR

Beda AR dan VR

Apa beda AR dan VR? Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi yang banyak dibicarakan pada saat ini. Banyak perusahaan yang mulai memikirkan pemanfaatannya sebagai salah satu media untuk mempromosikan produknya. Namun apa itu sebenarnya AR dan VR? apa perbedaan antara keduanya?.

Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia real dan dunia maya. Hal ini membuat yang menggunakannya dapat berinteraksi secara real time. Contoh dari teknologi AR ini pernah booming saat orang-orang bermain Pokemon Go.

Di Indonesia perkembangan AR ini sudah masuk ke dalam dunia industri, salah satunya yang sampai saat ini masih digunakan untuk sekaligus promosi adalah Yuppy Gummy Bear. Perusahaan ini menggunakan AR untuk menarik anak-anak bisa mengalami permainan yang bisa sekaligus berinteraksi dengan dunia nyata.

AR ini menambah pengalaman pengguna karena bisa secara langsung berinteraksi dengan dunia nyata dan ditambahkan konten virtual atau khayalan. Untuk dapat menikmati AR hanya dibutuhkan perangkat yang cukup sederhana yaitu smartphone dan aplikasi AR yang terinstal di perangkat tersebut. Aplikasi  AR dapat dinikmati selain game Pokemon Go yaitu Field Trip, Ingress, dan Google Translate. Field Trip ini merupakan aplikasi AR yang digunakan bagi pecinta travelling. Aplikasi ini mudah digunakan karena berbasis mobileUser dapat memilih macam-macam kategori lokasi yang diinginkan, seperti museum atau hanya tempat terdekat untuk makan. Field Trip dilengkapi juga dengan feature yang bisa memberitahu anda lokasi yang tergolong unik untuk dikunjungi.

Berikut sebuah video tentang Pokemon Go yang menggambarkan keseruan pemanfaatan Augmented Reality dalam sebuah game yang sama fenomenal.

Virtual Reality

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau imajinasi. Dalam VR ini membawa user untuk menikmati pengalaman yang berbeda karena user  dibawa ke sebuah dunia yang berbeda. VR dapat dinikmati dengan memerlukan perangkat khusus yaitu berupa headset VR, seperti Googel Cardboard, Oculus Rift atau Samsung Gear VR. Selain itu juga membutuhkan smartphone. Mengapa hanya membutuhkan smartphone saja? Karena pada umumnya smartphone saat ini telah dilengkapi oleh sensor Gyroscope dan Magnetic.

Simak video tentang virtual reality berikut ini dari HoloLens:

Dua teknologi ini baik AR maupun VR ini saling mendukung dan meramaikan perkembangan dunia teknologi. Hal ini dapat menambah pengalaman di dalam dunia hiburan, membuat pengalaman yang baru dan di masa depan akan ditambahkan dukungan teknologi cerdas. AR dan VR membawa dimensi baru dari interaksi antara perangkat digital dan dunia nyata.

Baca juga:

Jadi apa beda AR dan VR?

Memang banyak orang yang sering kebingungan, apa beda AR dan VR?. Bedanya adalah pengalaman dari penggunanya dalam berinteraksi dengan dunia virtual. AR atau Augmented Reality menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual, sedangkan Virtual Reality memanjakan penggunanya dengan pengalaman baru melihat dan berinteraksi dalam dunia virtual.

Written by: Yuwono Marta Dinata

 

Reference :

 

 

By |2018-12-06T13:12:29+00:00December 6th, 2018|Artikel, Creative|

About the Author:

Yuwono Marta Dinata adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas Koordinator Tugas Akhir - Information & Multimedia Technology. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Elektron Widya Mandala Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Engineering di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi Internet of things, mikrokontroler (Arduino dan Raspberry Pi), keamanan dan security.

Leave a Reply