Foto 3D Facebook: Bagaimana Membuatnya? ~ Informatika UC

Foto 3D Facebook: Bagaimana Membuatnya?

/, Creative, Tips & Triks/Foto 3D Facebook: Bagaimana Membuatnya?

Foto 3D Facebook: Bagaimana Membuatnya?

Foto 3D Facebook merupakan salah satu fitur terbaru yang diluncurkan oleh Facebook. Bagaimana cara membuatnya?

Foto 3D Facebook

Inovasi Foto 3D Facebook ini merupakan salah satu cara Facebook untuk menarik kembali para pengguna Facebook yang mungkin sudah mulai jarang memanfaatkannya untuk kembali tertarik melirik kembali platform media sosial nomer 1 di dunia ini.

Fitur Foto 3D Facebook yang diluncurkan pada pertengahan Oktober 2018 ini merupakan sebuah fitur yang memberikan sebuah pengalaman baru dalam melihat foto. Melalui fitur ini gambar yang dilihat seolah nampak hidup pada saat smartphone digerakkan, karena gambar seolah dilihat dari sudut pandang yang berbeda sesuai dengan pergerakan tersebut. Penggunaan mode 3D mungkin dapat dimanfaatkan untuk berbagai foto liburan, hewan peliharaan, maupun untuk mendukung promosi produk dagangan yang perlu dilihat dari beberapa sudut berbeda.

Cara untuk memproduksinya juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan fitur 3D Photo yang terdapat pada aplikasi Facebook pada smartphone yang kompatibel. Smartphone dimaksud adalah smartphone besutan Apple yang iPhone yang memiliki dual kamera atau lebih, yaitu: iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS or XS Max. Untuk saat ini smartphone dari merek lain yang juga memiliki spesifikasi yang sama belum mendapatkan dukungan yang sama, namun mungkin dalam waktu dekat akan segera mendapatkan fitur tersebut setelah aplikasi Facebook versi Android mendapatkan update.

Seperti Apa Sih Foto 3D Facebook?

Berikut adalah video yang menampilkan demonstrasi dari penggunaan Facebook 3D Photo di smartphone (video source: 3D Photos Now Rolling out on Facebook and in VR).

Bagaimana cara menghasilkan Foto 3D Facebook?

Berikut adalah tutorial yang disediakan Facebook untuk membuat Facebook 3D Photo dengan menggunakan smartphone iPhone (video source: 3D Photos Now Rolling out on Facebook and in VR).

 

Nggak punya iPhone? Jangan Nangis!

iPhone merupakan smartphone premium yang bagi sebagian orang tidak terjangkau kantong. Selain itu beberapa pengguna smartphone juga ada yang lebih menyukai sistem operasi Android yang menawarkan fleksibilitas misalnya dengan kemudahan menggunakan external device seperti USB Drive OTG.

Bagaimana bagi para pengguna smartphone Android atau mungkin smartphone Apple yang tidak memiliki dual kamera? Apakah masih dimungkinkan untuk membuat Foto 3D Facebook?

Jawabannya adalah dimungkinkan, meski mungkin hasilnya tidak sama dengan yang diberikan oleh aplikasi asli bawaan dari Facebook. Berikut dua (2) aplikasi alternatif yang tersedia pada platform Android yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan Foto 3D Facebook. Selain 2 aplikasi berikut masih banyak aplikasi lain yang juga bisa dicoba. Selamat mencoba!

1. Fyuse – 3D Photos

Fyuse merupakan salah satu aplikasi yang populer yang bisa diunduh dari Google PlayStore  dan dimanfaatkan secara gratis untuk membuat foto 3D. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating rata-rata 4 dari 27,339 pengguna yang memberikan ulasannya.

Android 3D Photo Fyuse - Foto 3D Facebook

Android 3D Photo Fyuse – Foto 3D Facebook

Berikut adalah video promosi dari Fyuse yang dapat dilihat di Youtube.

Aplikasi Fyuse dapat diunduh (download) secara gratis pada link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fyusion.fyuse

2. Phogy, 3D Camera

Aplikasi yang dikembangkan oleh Vivoti Ltd. Photography ini merupakan alternatif lain dari Fyuse yang bisa dicoba untuk menghasilkan Foto 3D. Foto yang dihasilkan dari aplikasi ini juga dapat dibagikan ke berbagai jenis aplikasi termasuk Facebook. Aplikasi ini juga telah didownload lebih dari 1 juta kali pada saat tulisan ini dibuat. Dari ulasan yang diberikan oleh 35,810 penggunanya, aplikasi ini juga mendapatkan rata-rata rating sebesar 4.

Android 3D Photo Phogy - 3D Foto

Android 3D Photo Phogy – 3D Foto

Silahkan lihat video promosi Phogy, 3D Camera berikut:

 

Tertarik mendownload dan memanfaatkan aplikasi Phogy, 3D Camera secara gratis? silahkan unduh (download) di link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vivoti.phogy

 

 

Selain kedua apps tersebut, masih banyak alternatif lainnya yang bisa ditemui di Google Play Store maupun di Apple App Store. Silahkan cari dengan kata kunci “3D Photo” atau “VR Photo”, selamat mencoba!.

Jangan ketinggalan tips lainnya: Stiker WA (WhatsApp): Bagaimana Membuat dan Menjualnya? https://informatika.uc.ac.id/2018/11/membuat-stiker-wa-dan-menjualnya/

 

Written by: Stephanus Eko Wahyudi, 20181123

References:

 

 

By |2018-11-25T08:37:33+00:00November 23rd, 2018|Artikel, Creative, Tips & Triks|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply