CEO vs Karyawan - Teknik Informatika Universitas Ciputra

CEO vs Karyawan

CEO vs Karyawan

CEO vs Karyawan? apa maksudnya?. CEO merupakan salah satu jabatan yang sering ditemui dalam startup. Dunia startup merupakan salah satu tempat bekerja yang sedang trending di kalangan anak muda. Istilah yang sebenarnya ditujukan untuk sebuah perusahaan yang memulai usahanya di berbagai bidang usaha, saat ini lebih cenderung dimaksudkan untuk usaha di bidang teknologi.

Definisi Startup dari Paul Graham

Startup merupakan sebuah perusahaan baru yang didesain dan direncanakan untuk berkembang dengan cepat. Istilah Startup yang begitu banyak kita dengar seringkali diasosiasikan dengan perubahaan di bidang teknologi sejak berkembangangnya GoJek, Tokopeedia, Bukalapak, dan sejenisnya. Namun demikian, dalam definisinya tidak ada aturan bahwa yang tergolong startup harus bergerak di bidang teknologi, artinya semua perusahaan baru yang dirintis namun dibangun dengan konsep berkembang dengan cepat dapat disebut dengan startup.

Wikipedia: Paul Graham adalah seorang ilmuwan komputer, pengusaha, kapitalis, penulis, dan penulis esai yang lahir di Inggris. Ia terkenal karena karyanya pada Lisp, mantan startupnya, Viaweb, yang turut mendirikan akselerator startup dan perusahaan modal unggulan Y Combinator, blognya, dan Hacker News.

Istilah CEO di Dunia Startup

Seiring dengan bergairahnya dunia startup bermunculanlah berbagai startup, baik di bidang teknologi maupun di bidang lainnya. Seiring itu pula muncullah berbagai posisi pekerjaan baru yang sebelumnya seharusnya sudah lazim didengar, namun tidak sesering saat ini.

Dalam sebuah startup biasanya dikenal adanya jabatan Founders, Co-Founders, CEO, CTO, CFO, dan masih banyak lagi. Founders dan Co-Founders merupakan orang yang memiliki ide awal dan turut membangun perusahaan dari nol, umumnya merupakan pemilik dari startup tersebut. CEO atau Chief Executive Officer merupakan orang paling bertanggungjawab terhadap aktivitas dari perusahaan tersebut. CTO atau Chief Technology Officer merupakan posisi yang ditemui pada perusahaan yang menggunakan teknologi atau mengembangkan teknologi, dimana jabatan ini akan dipegang orang yang bertanggung jawab terhadap pemanfaat teknologi tersebut. CFO merupakan singkatan dari Chief Financial Officer atau orang yang bertanggung jawab terhadap administrasi, analisa, maupun laporan keuangan dari perusahaan.

CEO vs Karyawan

Artikel ini tidak membahas sebuah pertandingan atau perlombaan, namun ingin membagikan sebuah video menarik yang dibuat oleh Raditya Dika, dengan judul Makan Siang CEO vs Karyawan. Dalam sebuah startup sebenarnya semua yang terlibat di dalamnya merupakan karyawan. Namun yang dimaksud dengan karyawan dalam video ini adalah karyawan biasa yang tidak memiliki jabatan tinggi.

Simak videonya berikut:

Video ini nampaknya cukup viral dan mengundang kontroversi, mengingat karakteristik perbandingan yang kurang apple-to-apple. Salah satu faktor yang dikomentari adalah dari segi gender yang berbeda, dan juga CEO dan karyawan dimaksud tidak berasal dari perusahaan yang sama. Jadi mungkin tidak perlu diperdebatkan ya?.

Gaya hidup merupakan pilihan dan sangat bergantung kepada kemampuan, jadi teman-teman akan pilih lifestyle seperti apa?

 

Adhika Dwi Pramudita CEO di video ini, merupakan seorang CEO & Co-Founder Penulis.id, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang content agency yang sedang booming di Jakarta. Berbagai layanan dan jasa dari perusahaan ini antara lain adalah di bidang pengembangan dan distribusi konten, berupa artikel, visual, sosial media, dan juga video.

Adhika – panggilan akrabnya, merupakan alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra yang saat ini sukses dan masih terus mengembangkan startupnya di Jakarta. Setelah lulus dari kuliah, beliau juga terlibat beberapa kali sebagai Entrepreneurs in Residence (EiR) atau fasilitor di mata kuliah Entrepreneurship di Universitas Ciputra.

Melalui video ini Adhika menunjukkan value sebagai seorang CEO yang bersahaja dan sederhana meski telah menjadi orang sukses. Salah satu quote menarik dari video ini yang disampaikan Adhika: “Jangan sampai uang mengubah kita”.

Mau bergabung dengan Teknik Informatika Universitas Ciputra? Klik di sini untuk mendaftar

 

Written by: Stephanus Eko Wahyudi 20181206

References

By |2018-12-06T13:28:14+00:00December 6th, 2018|Artikel, Entrepreneurship, Informatika UC di Media|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply