Apa itu SEO On Page? Nomer 1 di Google! - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Apa itu SEO On Page? Nomer 1 di Google!

/, Technopreneurship, Tips & Triks/Apa itu SEO On Page? Nomer 1 di Google!

Apa itu SEO On Page? Nomer 1 di Google!

Apa itu SEO? SEO merupakan salah satu teknik untuk menambah pengunjung ke website yang kita buat, yang terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang On Page SEO dan bagaimana memanfaatkannya.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya adalah bagaimana kita memaksimalkan webpage atau blog yang telah dibuat agar muncul di halaman pertama atau bahkan di urutan pertama dari hasil pencarian search engine. Umumnya untuk saat ini Search Engine yang ditarget adalah Google, yang merupakan Search Engine paling populer dan paling banyak dipergunakan untuk pengguna Internet.

 

Apa itu SEO? Gambar ini merupakan contoh penerapan SEO untuk keyword "Menjual Stiker WA", dimana hasil pencarian di Search Engine Google berhasil menempati urutan pertama dari jutaan webpage lainnya.

Apa itu SEO? Gambar ini merupakan contoh penerapan SEO untuk keyword “Menjual Stiker WA”, dimana hasil pencarian di Search Engine Google berhasil menempati urutan pertama dari jutaan webpage lainnya.

Artikel Stiker WA (WhatsApp): Bagaimana Membuat dan Menjualnya? dapat dilihat di link https://informatika.uc.ac.id/2018/11/membuat-stiker-wa-dan-menjualnya/

SEO On Page and Off Page

SEO sendiri dapat dilakukan dalam 2 kategori besar: On Page dan Off Page. On Page SEO artinya optimasi SEO dilakukan di artikel yang dibuat, sedangkan Off Page SEO artinya optimasi dilakukan di halaman web atau blog yang dibuat. Keduanya merupakan elemen penting dari yang harus dilakukan. Penggunaan On Page SEO tanpa didukung dengan Off Page SEO, maka hasilnya tidak optimal sesuai dengan yang diinginkan.

Pada dasarnya tidak ada rumus atau ketentuan pasti yang ditetapkan oleh Search Engine untuk memastikan sebuah halaman web akan berhasil menempati rangking 1 pada search engine. Hal ini tentunya bertujuan agar tidak banyak orang yang berupaya memanipulasi isi dari halaman web nya dengan isi yang tidak relevan misalnya.

Namun demikian berbagai teori SEO yang banyak ditemui, baik apa itu SEO pada On Page maupun Off Page, merupakan best practice yang banyak dilakukan oleh para pengembang web page. Best Practice tersebut merupakan hasil uji coba yang dilakukan secara konsisten dan terbukti telah menghasilkan hasil yang nyata di mana artikel berhasil meraih posisi di halaman pertama bahkan rangking pertama search engine.

Perlu diingat bahwa tentunya semuanya tergantung kembali ke search engine itu sendiri untuk menghasilkan hasil pencarian yang relevan. Google misalnya, tentunya tidak ingin halaman pertama hasil pencariannya berisi sampah dari halaman web yang tidak relevan yang bertujuan hanya meraih pengunjung sebanyak-banyaknya. Untuk itu, search engine biasanya mengganti atau menyempurnakan pencarian dengan mengganti algoritma pencarian secara berkala. Hal ini mengakibatkan halaman web tertentu yang sebelumnya dapat ditemui dengan mudah di halaman pertama harus mundur beberapa halaman atau bahkan tidak dapat ditemui di lagi melalui search engine.

Apa itu SEO On Page?

On Page SEO dengan cara antara lain menambahkan keyword yang ditarget selama beberapa kali, menambahkan gambar yang relevan dengan caption sesuai keyword, menambahkan keyword sebagai judul sub bab, dan sebagainya. Penentuan nama domain, penggunaan theme SEO Friendly, maupun penerapan internal link juga merupakan beberapa contoh penerapan On Page SEO yang dapat dilakukan.

Berikut Penerapan Apa Itu SEO On Page Pada Halaman Web/Blog

Ada beberapa cara menerapkan SEO yang sudah menjadi best practice pengembang halaman web atau blog. Apa itu SEO baik On Page maupun Off Page merupakan sesuatu yang harus diterapkan dalam persaingan web page yang hingga jutaan mungkin miliaran halaman berisi hal serupa.

Apa itu SEO Keyword

Apa itu SEO Keyword (pixabay.com)

Berikut adalah beberapa best practice yang sering ditemui:

  • Tujuan Pembuatan Halaman Web:  Tentunya sebagai pengembangan situs atau halaman web, satu hal pertama yang perlu untuk diperhatikan adalah tujuan untuk mengembangkan situs atau halaman web tersebut. Siapa target audiencenya? apa yang diinginkan pengembang dari target audience yang mengakses situs yang dikembangkan?. Berbagai pertimbangan tersebut tentunya akan sangat menentukan pemilihan kata kunci pada tahapan “Keyword Research”.
  • Keyword Research: dasar dari SEO adalah menentukan keyword yang ingin ditarget. Artinya kata apa yang sekiranya diketikkan user, sehingga nantinya diharapkan akan menuju ke website yang kita kembangkan. Penentuan keyword ini tidak semudah kata yang terlintas di kepala kita, namun perlu melalui beberapa tahap penting yang harus dilakukan.
  • Nama Domain: nama domain merupakan salah satu faktor penting dari SEO. Penggunaan nama domain yang sesuai dengan Keyword akan sangat mendorong agar halaman web ini meraih rangking yang baik dalam search engine. Namun demikian tentunya kita tidak mungkin membuat sebuah situs baru dengan nama domain baru untuk setiap keyword yang berbeda pula bukan?. Sebagai alternatif, pengembang web bisa memikirkan penggunaan sub-domain atau penggunaan permalink.
    Contohnya permalink, apabila diperhatikan pada halaman web https://informatika.uc.ac.id/2018/11/membuat-stiker-wa-dan-menjualnya/ misalnya, maka terlihat tulisan “/membuat-stiker-wa-dan-menjualnya/” yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung on page SEO.
  • Judul Web Page/Artikel: Judul sebuah artikel web sebaiknya memenuhi ketentuan search engine. Salah satu best practice yang ditemui adalah panjang atau banyaknya huruf dalam sebuah judul artikel, yaitu sepanjang 50-60 karater. Apabila judul lebih panjang dari ketentuan, maka oleh search engine akan ditampilkan dalam kondisi terpotong. Kekurangan ini justru seringkali dipergunakan oleh artikel yang mengandung click-bait. Artikel yang berupa click-bait adalah sebuah artikel yang menggunakan judul mengundang kontroversi atau keingintahuan pembacanya, namun seringkali isi artikel tidak revelan atau sebombastis judulnya. Selain itu, penggunaan keyword yang menjadi bagian dari judul akan memiliki dampak positif pada SEO web page tersebut.
  • Heading Level 1-3: dalam menuliskan artikel sebaiknya struktur dari karangan diatur dengan baik, dan dibagi menjadi sub karangan. Upayakan maksimum sebanyak 3 level. Dalam sebuah karangan, perlu diupayakan beberapa kali menuliskan keyword pada heading level 1, 2, maupun 3.
  • Image: selain berfungsi untuk membuat tampilan halaman web lebih menarik dan lebih mudah dipahami, penggunaan gambar atau foto sangat membantu. Namun demikian, terkait dengan proses apa itu SEO, image berupa gambar atau foto juga memberikan salah satu kontribusi positif, baik itu pencarian biasa maupun pencarian image. Untuk itu, tuliskan keyword pada nama file gambar atau foto yang diupload, serta isikan keyword pada Caption (keterangan) dan ALT dari image.
  • Sitemap: pastikan website memiliki sitemap yang juga merujuk ke semua halaman web, termasuk ke artikel yang dibuat. Hal ini memudahkan Google untuk melakukan proses Indexing.
  • Internal Link: kualitas dari website merupakan salah satu faktor yang mendapatkan penilaian tersediri dari Google. Pengguna website yang mengakses artikel lain yang relevan dengan artikel yang dibaca di website kita, akan mendapatkan point tersendiri untuk menentukan rangking dari halaman web tersebut di search engine. Salah satu trik On Page SEO yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan link untuk menuju ke artikel terkait pada halaman web yang dimaksud. Hal ini akan juga memudahkan Google pada saat mengindeks website yang kita buat.

Berbagai istilah dalam tips tersebut terasa asing dan sulit untuk diterapkan? Jangan kuatir, sudah ada plugin WordPress yang bisa membantu menerapkan On Page SEO dengan mudah. Salah satu yang paling populer adalah plugin Yoast SEO. Klik di link artikel berikut untuk melihat cara instalasinya: Cara Instal WordPress plus SEO

Masing-masing tips tersebut akan dibahas secara mendetail dalam artikel tersendiri. Selain On Page SEO tentunya masih banyak hal lain yang bisa dilakukan, berbagai best practice Off Page juga sangat menentukan apakah halaman web kita bisa bersaing dengan web lain!.

Demikian beberapa tips terkait dengan On Page SEO. Semoga bermanfaat!

 

Written by: SEW 20190103

 

By |2019-01-03T15:01:54+00:00January 3rd, 2019|Artikel, Technopreneurship, Tips & Triks|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply