Mahasiswa Informatika Univ. Ciputra Juara IndonesiaNEXT 2017 - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Mahasiswa Informatika Univ. Ciputra Juara IndonesiaNEXT 2017

/, Berita, IMT, Informatika UC di Media, Technopreneurship/Mahasiswa Informatika Univ. Ciputra Juara IndonesiaNEXT 2017

Mahasiswa Informatika Univ. Ciputra Juara IndonesiaNEXT 2017

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan menjadi Juara IndonesiaNEXT 2017. Menyisihkan sekitar 13.000 peserta, Cosmas Sakristiandio – mahasiswa semester 6 Teknik Informatika Universitas Ciputra berhasil menjadi salah satu dari 10 pemenang kompetisi bergengsi ini.

IndonesiaNEXT

IndonesiaNEXT Logo

IndonesiaNEXT merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Ajang ini merupakan sebuah program sertifikasi yang bertujuan agar mahasiswa mampu menghadapi persaingan global melalui peningkatan kapasitas dan keahlian. Pada penyelenggaran di tahun 2017 yang diberi tema “Get Ready to Be The Next”, IndonesiaNEXT 2017 diawali dengan roadshow ke enam kota, yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta,
Surabaya, dan Makassar.

Para peserta yang merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi dan jenjang pendidikan perguruan tinggi akan dibekali dengan seminar inspiratif dengan pembicara yang merupakan praktisi bisnis terkemuka, antara lain: CEO General Electric Indonesia – Handry Satriago, Co-Founder Makki Makki – Sakti Makki, Country Manager Intel Indonesia – Harry Nugraha, CEO Blanja.com – Aulia E. Marinto, dan beberapa pembicara lainnya. Melalui seminar ini mahasiswa diharapkan akan memperoleh wawasan yang lebih luas serta memahami pentingnya peningkatan mutu dan kompetensi sumber daya manusia agar dapat bersaing dan berkompetisi dalam skala global.

Selain seminar mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi untuk mengasah kemampuan dalam penggunaan perangkat lunak serta kemampuan berkomunikasi. Pada pelatihan yang telah dilangsungkan selama 3 hari ini, mahasiswa dibekali dengan skill dan knowledge terkini, dalam bidang: manajemen, ekonomi, teknologi informasi, sistem komputer, hingga multimedia.

Juara IndonesiaNEXT 2017

Pengelaran IndonesiaNEXT menghasilkan 10 mahasiswa dari seluruh Indonesia sebagai pemenang yang menjadi juara IndonesiaNEXT akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di dunia kerja pada perusahaan teknologi terkemuka di San Francisco dan Stanford University, Amerika Serikat (AS). San Fransisco dipilih karena merupakan salah satu kiblat perkembangan dunia digital dan perusahaan di San Francisco.

Cosmas Sakristiandio - Mahasiswa Informatika UC Juara IndonesiaNEXT

Cosmas Sakristiandio – Mahasiswa Informatika UC Juara IndonesiaNEXT

Acara yang merupakan salah satu bentuk CSR (Customer Social Responsibility) dari Telkomsel ini diikuti oleh sekurangkurangnya 13 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Dari seluruh peserta, dilakukan seleksi untuk memilih 3.700 peserta dinyatakan lulus untuk mendapatkan sertifikat keahlian. Peserta sebanyak 3.700 orang mahasiswa tersebut kemudian ditantang untuk memberikan ide yang dekat dengan dunia teknologi dan telekomunikasi Telkomsel. Dari acara yang dilangsungkan di enam kota tersebut diperoleh masing-masing 30 mahasiswa pada setiap kota yang dipilih menjadi calon pemenang yang kemudian diseleksi lagi menjadi 5 mahasiswa  yang menjadi perwakilan masing-masing kota.

Babak kualifikasi telah dilangsungkan pada bulan Oktober hingga November 2017, yang dilanjutkan kemudian dengan tahap akhir kualifikasi tingkat nasional. Pada acara yang telah dilangsungkan pada pertengahan bulan Januari 2018 di Jakarta, peserta mendapatkan kesempatan mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp dimana para finalis diuji dalam hal kemampuan mempresentasikan idenya di hadapan para juri. Adapun para juri yang berkenan memilih pemenang adalah Adita Irawati (VP Corporate Communications Telkomsel), Doni Andriansyah (VP Financial & Planning Analysis Telkomsel), Handry Satriago (CEO General Electric Indonesia), Kemal Effendi Gani (Group Chief Editor Majalah SWA), Erwien Parengkuan (Fouder TALKinc), dan Rika Indra Oktaviani (VP of Marketing Go-Jek).

Pada pegelaran final, selain sepuluh peserta terbaik nasional juara IndonesiaNEXT yang mendapatkan kesempatan berkunjung ke San Francisco, juga dipilih 20 peserta lainnya yang juga berkesempatan memperoleh pengetahuan mengenai dunia profesional di beberapa perusahaan di Singapura. Salah satu kriteria kompetisi ini adalah kemampuan berpikir logis dan cara mengkomunikasikannya, disamping kualitas dari ide yang disampaikan.

Adapung nama 10 mahasiswa yang berhasil menjadi pemenang dan akan menikmati kesempatan belajar ke Amerika Serikat adalah: Cosmas Sakristiandio (Teknik Informatika Universitas Ciputra), Alexander Tianara, Angela Belinda Cecilia, Aulia Dewi, Azmil Ihsan, Fathia Nisa, Fatimah Sirin, Nur Awalia Syahri Ramadhani, Rahmat Hidayat Syahputra, dan Rahmat Ramdhani.

Cosmas Sakristiandio (3 dari kiri) pada saat menerima penghargaan sebagai salah satu The Best IndonesiaNEXT 2017

Cosmas Sakristiandio (3 dari kiri) pada saat menerima penghargaan sebagai salah satu The Best IndonesiaNEXT 2017

Selamat Dio atas prestasinya, dan semoga kesempatan untuk menimba ilmu dan keahlian di tingkat global ini akan semakin memuluskan cita-cita untuk menjadi seorang Technopreneur!

Cosmas Sakristiandio – Teknik Informatika Universitas Ciputra angkatan 2015

Cosmas Sakristiandio Juara IndonesiaNEXT 2017 Telkomsel

Cosmas Sakristiandio merupakan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya angkatan 2015.

Sejak awal bergabung dengan program studi yang berupaya mendorong mahasiswa menjadi Entrepreneur ini, Dio -panggilan akrabnya – telah menyatakan cita-citanya untuk menjadi seorang Technopreneur.

Selama menempuh studinya di Universitas Ciputra, Dio telah menorehkan prestasi, antara lain dengan menjadi juara dalam kompetisi nasional 90K Code 2017 yang diselenggarakan di Universitas Ciputra.

 

Written by: SEW 20180120

References:

Photos:

  • UZONE.ID https://uzone.id/telkomsel-ajak-10-anak-millenial-ke-as-buat-apa-
By |2018-02-08T12:37:21+00:00January 20th, 2018|Achievement, Berita, IMT, Informatika UC di Media, Technopreneurship|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department - Information & Multimedia Technology. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply