Google Visit 2018 - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Google Visit 2018

/, IMT, Kegiatan, Kerjasama/Google Visit 2018

Google Visit 2018

Pada tanggal 23-27 Januari 2018 yang lalu, rombongan sebanyak 26 orang yang terdiri dari 24 mahasiswa dan 2 orang dosen Teknik Informatika (IMT) Universitas Ciputra melaksanakan studi ekskursi ke Singapore, termasuk di antaranya Google visit. Studi ekskursi yang berlangsung setiap tahun ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman perkembangan teknologi dan travelling di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia kepada mahasiswa.

Pengalaman berharga dan kesempatan langka mengunjungi kantor pusat Google Asia Pasifik yang terletak di Maple Business District Singapore ini merupakan ketiga kalinya yang diperoleh oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Ciputra. Kunjungan sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2016 dan tahun 2017. Pada kesempatan kali ini Google Asia Pasifik menerima rombongan pada tanggal 25 Januari 2018.

Berkenan menyambut dan mengantar rombongan Google visit untuk berkeliling di kantor yang terdiri dari 7 lantai ini, adalah Hui Yi Lee, Andrian Wensong Li, dan Olivia Victoriana. Tiba di lantai 3 kantor Google, mahasiswa disambut dengan ramah oleh para petugas dan kemudian mendapat name tag visitor dengan clip warna-warni khas Google.

 

Briefing pada Google Visit sebelum berkeliling melihat suasana kerja di Google Asia Pacific HQ

Briefing pada Google Visit sebelum berkeliling melihat suasana kerja di Google Asia Pacific HQ

Setelah mendengarkan informasi perkenalan dan cerita mengenai Google, mahasiswa diajak untuk berkeliling ke seluruh lantai yang ada di gedung ini. Rombongan berkesempatan mengunjungi pula salah satu kebun yang bisa dipergunakan untuk escape sejenak untuk menghindarkan kepenatan. Mereka juga menyaksikan betapa nyamannya sarana dan prasarana yang disediakan oleh Google kepada seluruh pekerjanya agar dapat bekerja dengan optimal. Sarana yang disediakan tidak hanya untuk keperluan bekerja, namun juga rekreasi. Ruang massage, game room (pinball, poll, dll) juga tersedia. Ruang istirahat buat yang capek juga tersedia.

Demi menjamin nutrisi pekerjanya, di setiap lantai juga tersedia resto/mini bar yang dapat dimanfaatkan sepuasnya oleh semua staff Google. Rombongan mendapatkan kesempatan menikmati minuman dingin yang dapat diambil dengan bebas di lemari es yang tersedia di berbagai sudut gedung. Tidak ketinggalan pula rombongan menikmati secangkir kopi panas yang disiapkan oleh para barista dari coffee shop yang ada di dalam kantor, yang tentunya… gratis untuk dinikmati oleh seluruh karyawan.

Sebagian Peserta Google Visit berfoto bersama di salah satu sudut kantor seluas 7 lantai ini

Sebagian Peserta Google Visit berfoto bersama di salah satu sudut kantor seluas 7 lantai ini

Puas berkeliling mahasiswa diberikan pengarahan oleh para staff Google Asia Pasifik yang mendampingi mengenai berbagai kesempatan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, mulai dari kesempatan internship, bekerja, atau menjadi mahasiswa perwakilan Google.

Semoga Pengalaman Google Visit ini bermanfaat!

Semoga pengalaman Google visit ini membuka wawasan mereka dan mendorong semangat para mahasiswa untuk berprestasi, sehingga dapat bekerja di perusahaan teknologi informasi dan komunikasi tingkat dunia seperti di Google!

Group photo at Google Office Mapple Business District Singapore

Group photo at Google Office Mapple Business District Singapore

 

written by: SEW 20180205

 

By |2018-02-05T13:38:07+00:00February 5th, 2018|Berita, IMT, Kegiatan, Kerjasama|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply