Benchmarking ke Tokopedia, Binus, dan Bekraf - Teknik Informatika Universitas Ciputra

Benchmarking ke Tokopedia, Binus, dan Bekraf

/, IMT, Kegiatan, Kerjasama, MIS/Benchmarking ke Tokopedia, Binus, dan Bekraf

Benchmarking ke Tokopedia, Binus, dan Bekraf

Pada tanggal 16-17 Januari 2018 rombongan kaprodi dan dekan di lingkup Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra berkunjung ke beberapa tujuan di Jakarta dalam rangka benchmarking (studi banding) dan juga memperat kerjasama antar institusi. Adapun beberapa institusi yang dituju pada kunjungan kali ini adalah Universitas Bina Nusantara, Tokopedia, dan juga Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Universitas Bina Nusantara

Kenang-kenangan dari Universitas Ciputra disampaikan Dr Astrid kepada Dr Meyliana

Kenang-kenangan dari Universitas Ciputra disampaikan Dr Astrid kepada Dr Meyliana

Pada hari pertama kunjungan dilakukan ke kampus Universitas Bina Nusantara tempatnya kampus Kemanggisan. Di kampus ini rombongan terdiri dari Stephanus Eko Wahyudi (Kaprodi Informatika/IMT), Adi Suryaputra (Kaprodi ISB) dan Bu Astrid (Dekan FIK) ditemui oleh jajaran HoD dari School of Computer Science dan School of Information System Universitas Bina Nusantara.

Adapun para Head of Department Binus University yang berkenan menyambut rombongan Universitas Ciputra antara lain: Dr. Meyliana, S.Kom, M.M. (Dean – School of Information System), Dr. Yohannes Kurniawan (Head of Information System Program), Fredy Jingga (Internationalization & Partnership), Santy (Internationalization & Partnership Program Coordinator), Ardian Saputra, M.Si (Program and Collaboration Coordinator For Local University, Government, and Foundation), Aditya Kurniawan, S.Kom, MMSI (Head of Program Cyber Security), Darwin Suhartono, S.Kom, M.TI (Head of Computer Science Program), Afan Galih Salman, S.T., M.Si (Head of Program Mobile Apps & Tech), dan Andry Chowanda (Head of Program Game Application & Technology).

Kenang-kenangan dari Binus University disampaikan Pak Fredy Jingga kepada Steohanus Eko Wahyudi

Kenang-kenangan dari Binus University disampaikan Pak Fredy Jingga kepada Steohanus Eko Wahyudi

Acara yang diawali dengan perkenalan dan kemudian diskusi ini berlangsung dengan hangat selama kurang lebih 2 jam. Setelah puas saling bertukar informasi dan best practice terkait pengembangan kurikulum, kegiatan ini dilanjutkan kemudian dengan campus tour.

Pada campus tour rombongan diajak melihat berbagai fasilitas yang ada di kampus Kemanggisan Jakarta. Fasilitas kelas, tata usaha, dan tidak ketinggalan juga laboratorium komputer, serta perpustakaan tidak luput dalam campus tour ini.

Setelah makan siang bersama, acara diakhiri dengan  berfoto bersama pada sekitar pk 14:00. Rombongan UC kemudian undur diri untuk kemudian melanjutkan kunjungan ke Tokopedia Tower yang terletak di Ciputra World 2 Jakarta.

Berfoto Bersama di Binus University (Universitas Bina Nusantara)

Berfoto Bersama di Binus University (Universitas Bina Nusantara)

Tokopedia

Kunjungan berikutnya adalah ke headquarter Tokopedia di Tokopedia Tower yang terletak di Ciputra World 2. Kantor Tokopedia yang terletak di lantai 41 hingga 52 ini nampak begitu nyaman dihuni oleh sekitar 1000 lebih staff Tokopedia.

Pada kunjungan kali ini rombongan Universitas Ciputra ditemui oleh Maria Tjahjadi, salah seorang Data Scientist Tokopedia yang merupakan alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra. Melalui pertemuan ini team Universitas Ciputra mendapatkan wawasan kebutuhan dari industri terhadap lulusan Teknik Informatika maupun dari Sistem Informasi.

Selain itu, team Informatika dan Sistem Informasi Universitas Ciputra juga berkesempatan bertemu perwakilan dari team Recruitmen dan Employer dari Tokopedia: Fitri Naviati dan Amanda Delia. Diskusi bersama team HR tersebut membuahkan beberapa kemungkinan dari kerjasama yang dapat dijalin di kemudian hari.

Team Informatika dan Sistem Informasi Universitas Ciputra berkunjung ke Tokopedia headquarter.

Team Informatika dan Sistem Informasi Universitas Ciputra berkunjung ke Tokopedia headquarter. Nomer 2 dari kiri: Maria Tjahjadi – alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra, Data Scientist Tokopedia.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Pada hari kedua (17 Januari 2018) rombongan meluncur ke gedung Badan Usaha Milik Negara yang terletak di Jl. Merdeka Selatan Jakarta. Di sini rombongan yang selain team Teknik Informatika dan Sistem Informasi, bergabung pula rombongan Fakultas Industri Kreatif lainnya: Bu Susan (Interior Architecture), Bu Dyah Kusumawarhani (Interior Architecture), dan Bu Sieny (Visual Communication Design). Setibanya di gedung ini rombongan langsung menuju kantor Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Setibanya di kantor Bekraf, team disambut oleh Bpk. Wawan Rusiawan (Director of Creative Economy Research and Development), Bpk. Mohammad Amin Abdullah (Kasubdit Edukasi Publik), dan Ibu Dian Permanasari (Kasubdit Metodologi dan Analisis Statistik).

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 1 jam ini, team Universitas Ciputra mendapat banyak informasi seputar kegiatan  Bekraf. Diskusi mengenai berbagai kemungkinan kolaborasi tidak luput menjadi topik utama dalam perbincangan yang diselenggarakan di ruang pertemuan ini.

Berfoto bersama pada saat kunjungan ke Bekraf

Berfoto bersama pada saat kunjungan ke Bekraf

 

written by: SEW 20180119

 

By |2018-01-19T16:16:09+00:00January 19th, 2018|Berita, IMT, Kegiatan, Kerjasama, MIS|

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department - Information & Multimedia Technology. Pendidikan sarjana ditempuhnya di Teknik Informatika Universitas Surabaya, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, dan multimedia applications.

Leave a Reply