Kegiatan kemahasiswaan (ko dan ekstra kurikuler) memiliki peran penting dalam mengembangkan soft skills yang semakin dianggap penting bagi mahasiswa dalam memenuhi persyaratan dunia kerja. Saat ini, dunia kerja dan industri memberikan nilai tinggi pada soft skills, seperti kemampuan berinteraksi dengan orang lain (people skill), pemecahan masalah (problem solving), kemampuan komunikasi, kerja tim dan kolaborasi (teamwork and collaboration skill), kreativitas, integritas, serta soft skills lainnya.

Secara singkat, kegiatan kemahasiswaan merupakan bentuk pembelajaran yang melibatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang secara luas mempersiapkan mahasiswa menjadi individu yang memiliki penguasaan IPTEK yang kompeten, karakter luhur, cinta tanah air, wawasan global, serta menguasai keterampilan abad ke-21 atau yang dikenal sebagai 6 C’s (Critical thinking, creativity, Communication, collaboration, computational skills, dan compassion) guna menghadapi perubahan yang cepat dalam zaman ini. Kegiatan kemahasiswaan diharapkan juga memberikan kontribusi dalam mencapai kompetensi yang tercantum dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang berkualitas dan produktif. KKNI merupakan representasi kualitas dan identitas bangsa Indonesia dalam konteks sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian hasil belajar nasional (learning outcomes).

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan lulusan unggul. Konsep Kampus Merdeka mencerminkan pendekatan pembelajaran yang otonom dan fleksibel di perguruan tinggi, menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, tidak membatasi, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Perlu dilakukan optimalisasi implementasi kebijakan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar di seluruh perguruan tinggi. Terdapat berbagai bentuk kegiatan belajar di luar lingkungan kampus, seperti magang/praktik kerja di industri atau tempat kerja lainnya, proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, pertukaran mahasiswa, penelitian, kegiatan kewirausahaan, studi/proyek independen, dan program kemanusiaan. Penting bagi kegiatan-kegiatan tersebut untuk mendapatkan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan mampu memberikan pengalaman lapangan yang kontekstual untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa secara menyeluruh, membuat mereka siap kerja, atau bahkan menciptakan peluang kerja baru.

Untuk mendukung harapan tersebut, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah memprogramkan stimulasi dengan mengadakan berbagai kegiatan kemahasiswaan dan melaporkan kegiatan dan prestasi mahasiswa melalui platform online SIMKATMAWA yang dapat diakses melalui laman http://simkatmawa.kemdikbud.go.id. Semoga sukses dalam berkontribusi bagi bangsa tercinta.

Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) merupakan Sarana bagi PT untuk melaksanaan evaluasi dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan yang sekaligus menjadi wahana bagi PT melaporkan prestasi- prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait.

Penerapan SIMKATMAWA di internal perguruan tinggi sendiri memberikan tantangan tersendiri. Seringkali prestasi mahasiswa sulit untuk didokumentasikan atau dikumpulkan karena kebutuhan administrasi yang banyak. Selain itu mahasiswa seringkali merasa tidak berkepentingan melaporkan prestasi mereka. Beberapa mahasiswa juga memiliki kendala tidak mendapatkan informasi mengenai lomba yang sesuai dengan kemampuan maupun kapasitasnya.

Berkaitan dengan beberapa permasalahan tersebut, Bpk Mychael Maoeretz Engel yang merupakan pembina kemahasiswaan Program Studi Informatika memberikan tantangan kepada mahasiswa untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang memudahakan program studi untuk mengkomunikasikan informasi berbagai lomba, membantu pengurusan administrasi, serta manajemen prestasi yang diperoleh.

Adapun mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan aplikasi ini adalah Justin Jap, Achmad Rijalu Arianindita, Nathanael Abel Airanto, Micheila Jiemesha, dan Evelyn Callista Yaurentius. Mereka bekerja keras dan menghasilkan sebuah situs web yang memiliki berbagai fitur yang memudahkan mahasiswa Informatika Universitas Ciputra Surabaya untuk mengetahui informasi lomba, mengikuti lomba, dan melaporkan prestasi. Data yang dihasilkan nantinya akan dapat dimanfaatkan untuk menjadi dasar dalam entry data pada aplikasi SIMKATMAWA yang dikembangkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Setelah diimplementasikan pada Senester Gasal 2022-2023, nampak ada peningkatan yang sangat dramatis dan signifikan terhadap prestasi para mahasiswa program studi Informatika UC hingga lebih dari 100%. Mahasiswa merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi yang dikembangkan. Dari sisi program studi juga sangat terbantu untuk mendapatkan laporan terkait dengan keikutsertaan mahasiswa dalam lomba, termasuk yang tidak kalah pentingnya tentunya adalah data prestasi mahasiswa.

Semoga aplikasi ini nantinya dapat terus dimanfaatkan dalam mendukung mahasiswa agar dapat berprestasi lebih sering dan tingkatan yang lebih tinggi.

Salam Entrepreneur!

Sosialisasi SIMKATMAWA