Ada yang sudah pernah kenal SubCo? Atau bahkan mengenal istilah co-working space? Perkenalkan, SubCo, atau kepanjangannya, Surabaya Co-Working Space, dimana kalian bisa bekerja bersama tim, atau bahkan mendapatkan ruang untuk bekerja bersama dengan tim-tim atau usaha lain. Terletak pada dua daerah, Barat dan Timur, SubCo memiliki banyak fasilitas dan layanan tergantung dengan situasi dan kondisi Anda: Bekerja terbuka dengan tim lain? Memiliki kantor privat tersendiri? Semua ada di SubCo.

Pada Senin, 29 Mei 2023, 10 mahasiswa program studi  Informatika Universitas Ciputra peserta mata kuliah Digital Entpreneurship  dengan didampingi Bapak Mychael Maoeretz Engel, S.Kom., M.Cs. berkunjung ke SubCo di Lantai 1 Spazio Tower. Tujuan kunjungan Informatika Universitas Ciputra adalah untuk mengenalkan sistem co-working space kepada calon entrepreneur-entrepreneur Universitas Ciputra. Daripada susah-susah menyewa kantor? Co-working space dapat menjadi sistem kantor yang baik untuk para entrepreneur dari pelbagai perusahaan untuk diskusi dan berkembang.

Sistem co-working space sangat mendukung para startup, perusahaan yang sedang dalam tahap pengembangan atau belum lama berkembang. Para startup tentu membutuhkan wawasan dari perusahaan lain atau bahkan dapat dibimbing dari perusahaan lain pada suatu ruangan terbuka. Tentu, sistem co-working space dari SubCo tidak melupakan privasi perusahaan-perusahaannya, dimana SubCo juga menyediakan ruangan-ruangan privat yang dapat diisi hingga 4 orang. SubCo juga menyediakan pantry dimana diskusi tidak hanya dilakukan pada tempat terbuka, namun dapat dilakukan selagi menyantap konsumsi.

Fakta dari SubCo adalah banyak perusahaan teknologi yang menyewa tempat dalam SubCo tersendiri. Mulai dari perusahaan teknologi layanan data, marketplace, dan banyak lagi! Pada akhirnya, SubCo juga menjadi salah satu peluang berkembangnya sebuah startup dengan lingkungannya.

Pada kesempatan ini mahasiswa juga menjajal untuk menghabiskan sisa hari dengan bekerja di SubCo untuk lebih merasakan kenyamanan dan manfaat yang dirasakan bekerja di sebuah co working Space yang nyaman seperti ini

Melalui kunjungan ini peserta mata kuliah dapat merencanakan pengembangan dari digital startup yang telah dirintis selama dua semester ini pada kesempatan selanjutnya, termasuk mempertimbangkan penggunaan Co-working space untuk pengembangan yang lebih professional.

written by: Kenny Jinhiro Wibowo (IMT’20)
photos: Nathanael Suryanto (IMT’20)