Tren Otomatisasi di Industri perlu untuk diketahui dan dipelajari, agar para pengusaha mampu mengantisipasi dan mengadopsi perkembangannya. Simak artikel ini untuk mengetahui sedikit sejarah Tren Otomatisasi di Industri.

Bagaimana Tren Otomatisasi di Industri?

Tren otomatisasi di berbagai sektor memang telah mendorong pertumbuhan ekonomi global. Namun di tengah tren produktivitas manusia yang menurun, otomatisasi justru berpeluang menggerus lapangan kerja bagi manusia. Otomatisasi industri adalah suatu teknik atau teknologi yang berhubungan dengan penerapan sistem mekanik, elektronik, dan juga sistem informasi yang berdasarkan komputer untuk bisa mengoperasikan dan mengendalikan produksi perusahaan.

Berbicara tentang otomatisasi industri masa kini tentu tidak ketinggalan membicarakan peran kecerdasan buatan di dalamnya. Contohnya dalam proses manufaktur terintegrasi komputer (computer integrated manufacturing process) dan inspeksi visual yang cerdas (intelligent visual inspection). Berikut ini milestone mulai tergantikannya tenaga kerja manusia dalam proses produksi di industri yang menunjukkan tren sistem otomasi. Mesin-mesin otomatis atau teknologi robot pun mulai berperan besar di industri sejak itu hingga era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini:

  1. 1960 – Mikrokontroler mulai banyak digunakan dalam industri. 
  2. 1980 – PLC (Programmable Logic Controller) mulai banyak digunakan dalam sistem otomatisasi menggunakan mikrokontroler.
  3. 1990 – Penggunaan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition atau Akuisisi Data, Kontrol dan Penyeliaan) mulai populer digunakan di luar industri minyak.
  4. 2017 – Penggunaan IoT (Internet of Things) mulai banyak dipakai di industri karena lebih luas dan lebih ringkas dalam melakukan otomatisasi.

Robot memiliki sejarah cukup panjang. Yang dianggap sebagai bapak robotika adalah Al-Jazari ilmuwan muslim yang ahli di bidang mekanik & industri (lahir tahun 1136 M). Robot ciptaannya yang terkenal adalah perahu yang diawaki oleh empat robot humanoid (pemain musik) yang dipersembahkan untuk menghibur para tamu. Robot lainnya adalah jam gajah bertenaga air menggunakan prinsip hidrolik yang bisa mengeluarkan bunyi mirip suara simbal dan kicauan burung setiap setengah jam.

Tren Otomatisasi di Industri 2. Photos: Canva Pro - Getty Images

Tren Otomatisasi di Industri 2. Photos: Canva Pro – Getty Images

Konsep Robot Manusia

Ilmuwan lainnya yang juga dikenal di bidang robotika adalah ilmuwan Barat Leonardo da Vinci yang pada tahun 1495 membuat konsep robot manusia. Selanjutnya pada tahun 1954, George Devol memperkenalkan robot industrial pertama yang dapat di program, yaitu UNIMATE 1900. Robot ini menjadi robot pertama yang diproduksi secara masal. Pemakaian robot di industri bisa ditemui antara lain di bagian painting, stamping, welding dan palletizer. Berikut ini beberapa komponen robot yang biasa ditemui:

  • Positioner
  • Motor
  • Gearbox
  • Controller
  • Additional axis
  • Robot track

ROBOT STUDIO adalah aplikasi komputer untuk melakukan pemodelan (modelling), pemrograman secara offline dan simulasi dari robot. Dengan menggunakan ROBOT STUDIO, kita dapat memakai controlleroffline yang merupakan virtual controller IRC5 yang dapat dijalankan pada komputer lokal. FLEXIBLE PENDANT adalah handheld controller yang digunakan untuk melakukan pemrograman secara online antara robot dan objek kerja dengan cara melakukan “teach” antara posisi robot dan objek kerja.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan dalam perawatan robot:

  1. Mengganti oli gear box
  2. Mengganti grease
  3. Mengganti SMB battery
  4. Memeriksa gearbox
  5. Memeriksa kabel-kabel
  6. Memeriksa seal

Untuk perawatan controller dari robot, hal-hal perlu dilakukan adalah:

  1. Memeriksa fisik controller
  2. Memeriksa laju angin pendingin kabinet
  3. Memeriksa dan membersihkan kipas pendingin
  4. Membersihkan modul jalur-jalur pendingin

Menyambut perubahan tersebut, Bevaola mengajak setiap masyarakat untuk pandai dan jeli dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang usaha baru. Praktisi  teknologi perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada dunia inudstri.

Tertarik belajar Artificial Intelligence? mari belajar di Informatika UC dan daftar hari ini juga di Informatika (IMT) UC!

written by: Brilliane Salsa

editor: SEW

Baca Juga: