Kelompok Techno Spire dari Informatika – IMT UC berhasil berhasil meraih prestasi nasional. Team ini beranggotakan mahasiswa Informatika UC angkatan 2019 yang terdiri dari Hans, Fransiscus, Reiner, Bryant, dan Vincent, serta dibimbing Pak Mychael Maoeretz dan mentor Pak Januar Tanzil (ADA). Adapun prestasi yang diraih adalah menjadi Juara Favorit untuk Kategori Student pada lomba Game Jam nasional yang diselenggarakan Indigo Game Startup Incubation.

Technospire - Students Category Favorite Winner

Technospire – Students Category Favorite Winner

Keikutsertaan kelompok Technospire merupakan salah satu contoh, dimana mahasiswa Informatika Universitas Ciputra berupaya untuk memanfaatkan waktu luang di sela kuliah untuk hal positif. Meski kondisi saat ini masih harus melaksanakan Study from Home, namun tidak mengurangi semangat mereka untuk mengikuti lomba Game Jam dengan tema “Unconventional Weapon” yang diselenggarakan oleh Indigo Game Startup Incubation (IGSI). Pada pelaksanaan lomba  yang diadakan pada tanggal 17 – 22 Maret 2021 ini, IGSI bekerjasama dengan Telkom Indonesia, Melon, dan Agate Academy.

Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi yang cukup bergengsi karena didukung oleh perusahaan nasional termasuk di dalamnya Agate Academy yang merupakan unit edukasi dari salah satu Game Developer Startup paling terkenal di Indonesia, yaitu Agate Studio. Selain itu banyaknya mahasiswa dari berbagai universitas juga menunjukkan tingginya tingkat kompetisi di ajang ini.

Adapun Perguruan Tinggi yang berpartisipasi pada lomba ini adalah sebagai berikut :

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Bina Nusantara
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  8. Telkom University
  9. President University
  10. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  11. Universitas Negeri Surabaya
  12. Politeknik Negeri Malang
  13. Universitas Indraprasta PGRI
  14. STMIK Mikroskil
  15. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  16. Politeknik Negeri Jakarta
  17. STMM ‘MMTC’ Yogyakarta
  18. Universitas Muhammadiyah Malang
  19. Universitas Negeri Yogyakarta
  20. Universitas Darma Persada
  21. Universitas Sumatera Utara

Game Corona Fighter yang dikembangkan Technospire

Kondisi pandemi yang saat ini melanda dunia menjadi inspirasi utama dari kelompok TechnoSpire dalam pembuatan game yang dikembangkan. Ide tersebut bermula dari sebuah keprihatinan, dimana pandemi masih belum reda dan rantai penyebaran virus COVID-19 masih terus berlanjut. Hal ini menginspirasi kelompok ini untuk membuat game dengan karakter pemain yang memiliki senjata yang dapat mengalahkan virus. Senjata yang dimaksud berupa senapan yang dilengkapi dengan hand sanitizer dan vaksin sebagai amunisi atau pelurunya. Jadilah game ini sebagai game survival tentang pertahanan hidup serta upaya menumpas serangan virus. Adapun karakter utama dari game ini adalah seorang tenaga kesehatan, bernama dr. Nusantara yang ingin menyelamatkan Indonesia dari virus COVID-19, menggunakan senjata hand sanitizer dan vaksin buatannya.

Desain Karakter dr Nusantara

Desain Karakter dr Nusantara

Semoga game ini juga bermanfaat sebagai salah satu sarana untuk menyadarkan masyarakat agar selalu waspada terhadap Virus COVID-19, meski sudah mendapatkan vaksin yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah.

Tertarik untuk mencoba game yang dikembangkan oleh kelompok Technospire dalam waktu singkat ini? Silahkan mendownloadnya pada alamat berikut:
https://hansrich2000.itch.io/corona-fighter

Tampilan Awal Game Corona Fighter

Tampilan Awal Game Corona Fighter

Technospire sendiri terdiri dari beberapa mahasiswa semester 4 dari program Studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya (Terakreditasi A) yang terdiri dari:

  1. Hans Richard Alim Natadjaja
  2. Bryant Lee Tjandra
  3. Reiner Anggriawan Jasin
  4. Franciscus Valentinus Ongkosianbhadra
  5. Vincent Leonard Santoso

Selamat buat team Technosprire atas prestasinya!

Kompetisi Nasional Game Jam IGSI 2021

IGSI Unconventional Weapon Game Jam National Competition

IGSI Unconventional Weapon Game Jam National Competition

Setelah melalui berbagai rintangan dan kesulitan dalam menentukan siapa yang layak dinominasikan sebagai pemenang, inilah saatnya kami umumkan para jawara dari setiap kategori di IGSI Game Jam bertema Unconventional Weapon!

Kami segenap tim manajemen IGSI mengucapkan selamat pada para pemenang, dan terimakasih banyak untuk seluruh peserta yang telah berpartisipasi mengikuti event ini!

IGSI National Game Jam Winners

IGSI National Game Jam Winners

Buat kalian yang tertinggal belum cek game karya anak bangsa bisa langsung cobain game mereka di link berikut ini!

Kategori Umum: https://bit.ly/gamejam003-vote-public
Kategori Pelajar: https://bit.ly/gamejam003-vote-students

Sampai jumpa di event berikutnya dan mari kita dukung selalu perkembangan Game Developer Indonesia!

*Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
**Hasil dari “most favorite games” ditentukan dari keseimbangan antara rating dan score game yang telah dihitung dari saat voting dibuka (22 Maret 2021) hingga voting ditutup (26 Maret 2021).

Certificates