Menurut pakar pemasaran Seth Godin, pengusaha perlu memilih apakah seseorang menjadi klien atau konsumen karena keduanya berbeda.

“Anda harus memilih,” kata Godin.

Konsumen
adalah mereka yang mendengarkan Anda berkata, “Ini, saya membuat ini,”
dan mereka akan memutuskan untuk membeli atau tidak sama sekali.

Sementara itu,
seorang klien mengatakan pada Anda, “Saya butuh ini,” dan jika Anda
ingin dibayar dan mendapatkan keuntungan, Anda harus membuat produk/
jasa yang dibutuhkan konsumen itu.

Konsumen
ironisnya tidak mendapatkan sesuai selera mereka yang paling tepat.
Perbedaan yang utama ialah siapa yang mendatangi Anda dahulu, siapa yang
memutuskan saat selesai.

Penyedia
produk/ jasa jarang sekali lebih baik daripada klien yang ia mampu
tarik. Di sisi lain, pencipta produk/ jasa seringkali mendapatkan
konsumen yang ia pantas dapatkan. (*Akhlis)