Saya mahasiswa semester 7 program studi Informatika Universitas Ciputra, dalam waktu dekat akan mengikuti student exchange karena memang sejak kecil saya selalu bermimpi untuk dapat belajar di luar negeri. Tetapi saat itu memang biaya yang perlu dikeluarkan sangatlah mahal sehingga saya harus menahan diri. Lalu sejak masuk di Informatika (IMT) UC, saya sadar bahwa Universitas Ciputra mampu memfasilitasi dan selalu mendorong mahasiswanya dalam berkarya dalam berbagai kesempatan salah satunya dengan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar. Lalu awal saya memilih INHA University di Korea Selatan adalah juga karena dorongan dan dukungan motivasi dari dosen-dosen di Informatika (IMT) UC.

Setelah berhasil mendaftar dan terpilih, departemen International Office (NNP/IO) UC memutuskan untuk mendaftarkan nama saya ke untuk mendapatkan beasiswa ke Korea Selatan yang disediakan pemerintah Korea Selatan yaitu Global Korea Scholarship Invitation Program for International Students. Dalam jangka waktu yang begitu singkat, saya diharuskan untuk mengumpulkan berbagai berkas. Namun meski sempat kesulitan dalam mengumpulkan berkas secara dadakan, tetapi banyak pihak dan rekan dari Universitas Ciputra yang membantu saya dalam mempersiapkannya hingga akhirnya berkas saya dapat terlengkapi.

Setelah beberapa lama, pihak INHA mengirimkan pemberitahuan bahwa saya berhasil mendapatkan beasiswa ke Korea melalui Global Korea Scholarship tersebut yang menanggung berbagai keperluan dari biaya pendidikan, asuransi, tiket, hingga ke uang saku. Saya bersyukur karena atas dukungan UC saya selalu terdorong untuk terus meraih impian saya dan berbagai hal baru yang bahkan tidak saya duga. Semoga hal ini juga dapat memberikan motivasi kepada rekan rekan saya khususnya di SIFT UC untuk terus berkarya.

~Reiner Anggriawan Jasin, mahasiswa Informatika UC angkatan 2019

Reiner (paling kanan), mahasiswa Informatika UC yang mendapat Beasiswa ke Korea melalui Student Exchange INHA University

Global Korea Scholarship Invitation Program for International Students (credit courses)

Purpose

To provide awareness of the benefits of studying in Korea, to strengthen the global competence of Korean universities

Support period

10 months(two terms) or 4 months(one term) or summer/winter session* (* credit coursework during summer/winter break)(approximately)
Scholarship Benefits
category Tuition Monthly Allowance Settlement allowance Round-trip Airfare Medical insurance
amount 5,000,000 won per term 500,000 won per month 200,000 won upon arrival
※ not applicable to summer/winter sessions
Reimbursement available within the set amount Average health insurance premium for international students

Application Requirements

◦ Undergraduate students of the overseas(in ODA countries) universities that are partner universities of Global Korea Scholarship Invitation Program for International Students (credit courses). Students who are currently residing in Korea are not eligible for the program.
◦ Must have a cumulative score percentile 80% or above on a 100-point scale
◦ Must have completed at least two semesters
◦ Must not have been sponsored by Korean government
◦ Must hold foreign citizenship (dual citizenship holder–those who have Korean citizenship and citizenship of another country–are not eligible for the program)
◦ Must complete at least one class(2 credits or above) relevant to Korean language or Korean culture
◦ Scholarship recipients are not eligible for additional scholarships including the Korean Government Support Program for Foreign Exchange Students

Selection process

◦ NIIED selects the universities for the program
◦ Designated universities recommend potential scholarship students to NIIED and final successful candidates are confirmed after NIIED screening