Sertifikat Elektronik adalah sertifikat yang dihasilkan dan didistribusikan secara elektronik pula, misalnya dengan menggunakan email. Dalam masa pandemi Corona atau Covid19 ini berbagai organisasi dan perguruan tinggi mengadakan webinar dengan berbagai topik. Pada umumnya panitia menyediakan sertifikat yang dapat diperoleh secara gratis oleh para peserta. Hal ini ditujukan untuk dapat  menarik minat calon peserta webinar, karena sebagian besar peserta masih membutuhkan sertifikat sebagai salah satu bukti untuk kepentingan sekolah, kantor, atau pihak lainnya.

Terkait dengan Sertifikat Elektronik ini banyak petugas administrasi seminar yang merasa kewalahan karena sangat merepotkan untuk membuat sertifikat untuk masing-masing perserta dan mengirimkannya satu-per-satu ke peserta yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan orang. Bagi petugas administrasi yang paham penggunaan Mail Merge pada aplikasi perkantoran masih tertolong karena seluruh sertifikat dapat dibuat secara otomatis dan dapat dicetak dengan mudah. Namun demikian pada umumnya keseluruhan sertifikat juga terdapat dalam satu dokumen yang sama.

Apakah ada solusi yang memudahkan petugas administrasi untuk Membuat Sertifikat Elektronik Otomatis Terkirim via Email?. Jawabannya, sudah ada solusi mudah untuk hal ini, dengan tutorial yang dapat diakses pada video Youtube yang terdapat dalam artikel ini. Video tersebut akan membahas beberapa bagian yang dapat diikuti langkah demi langkahnya dengan mudah.

Video Tutorial Sertifikat Elektronik Otomatis Terkirim ke Email

https://bit.ly/sew-ecertificate

 

Pada tutorial ini, proses pembuatan sertifikat elektronik dibuat secara lengkap mulai dari tahapan desain, diikuti kemudian dengan pembuatan template sertifikat, dilanjutkan dengan pembuatan form yang berguna untuk mendapatkan masukkan mengenai webinar atau seminar dari peserta, yang kemudian dilanjutkan dengan proses dimana sistem yang akan menghasilkan sertifikat yang dibutuhkan secara otomatis.

Secara umum tutorial ini terbagi menjadi beberapa tahapan, sebagai berikut:

  • Pembuatan Desain Sertifikat dengan Canva (01:55)
  • Pembuatan Template E-Certificate dengan menggunakan Google Slides (5:00)
  • Pembuatan Form Umpan Balik dengan Menggunakan Google Forms (7:55)
  • Proses Pembuatan E-Certificate secara Otomatis dengan Google Sheets ditambah Add-Ons AutoCrat (9:28)
  • Instalasi Autocrat – Addons Google Sheet (11:30)
  • Penggunaan Autocrat (12:39)
  • Uji Coba Pengiriman Sertifikat Online Otomatis dengan Autocrat (19:48)

 

Semoga artikel dan video tutorial ini bermanfaat. Apabila bermanfaat jangan untuk Like dan Share video ini, serta jangan lupa untuk subscribe supaya tidak ketinggalan video berikutnya.

 

SEW 20200804