Apa sih multimedia? artikel ini akan memberikan gambaran mengenai Multimedia.

Aplikasi Multimedia

Misalkan ada seorang petugas pemasaran produk perumahan berusaha untuk meyakinkan seorang pelanggan akan keasrian lingkungan perumahan yang ditawarkan. Petugas pemasaran tersebut ingin menjelaskan bahwa perumahan yang ditawarkan lengkap dengan berbagai fasilitas yang terpadu, bentuk rumah dan tatanan rumah yang dirancang dengan indahnya. Namun ada  kendala, dimana lokasi perumahan terletak 25 kilometer dari kantor pemasaran dan pelanggan tidak mempunyai waktu untuk ke lokasi. Media apa yang bisa gunakan untuk meyakinkan pelanggan akan kelebihan dari perumahan tersebut? Biasanya adalah sebuah map berisi berlembar-lembar lembar brosur, foto-foto, denah rumah, harga, peta dan sebagainya. Hal ini tentunya membutuhkan dana promosi yang tidak sedikit, selain tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelanggan.

Bagaimana kalau anda meyakinkan pelanggan tersebut dengan video yang meliputi suasana perumahan, fasilitas yang tersedia, taman yang asri dengan suara kicau burung yang merdu. Apabila pelanggan ingin melihat gambaran bagian dalam rumah, pelanggan dapat melihat visualisasi dengan seolah-olah berjalan memasuki rumah tersebut sendiri. Apabila pelanggan ingin melihat detil sebuah rumah tipe tertentu, detil dapat ditunjukkan dengan cepat. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi multimedia.

Multimedia House

Credit: pixabay.com

Multimedia adalah gabungan dari berbagai media untuk menyampaikan informasi. Contoh media penyampai informasi yang dimaksud adalah teks, gambar, foto, video, musik, bahkan animasi. Siaran televisi misalnya, merupakan contoh multimedia. Namun, masih ada satu lagi karakteristik penting dari multimedia, yang tidak bisa dipenuhi oleh televisi, yaitu interaktivitas. Dengan menggunakan komputer, maka sebuah perangkat lunak multimedia bisa dibubuhi interaktivitas, yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan  informasi yang mereka butuhkan saja, tanpa diharuskan untuk melihat berbagai informasi yang tidak mereka butuhkan.

Multimedia Interaktif

Interaktifitas merupakan nilai tambah yang paling penting, yang dapat dijadikan sebuah alasan yang paling utama penggunaan komputer sebagai peralatan untuk menghadirkan multimedia. Ada sebuah ilustrasi yang bisa digunakan sebagai contoh pentingnya interaktifitas. Misalkan saja ada seorang anak yang berminat untuk mengetahui informasi tentang kehidupan gajah. Anak yang bersangkutan bisa saja mendapatkan informasi tentang binatang tersebut dengan menonton televisi, misalkan saja dengan memasang saluran yang membahas dunia flora dan fauna yang paling terkenal di dunia “National Geographic Channel™”. Dengan menonton saluran ini anak tersebut akan memperoleh informasi tentang berbagai binatang yang ingin diketahui. Meskipun demikian, ada kelemahan pada contoh ini, yaitu apabila anak tersebut hanya tertarik pada binatang jenis tertentu seperti binatang laut. Terpaksa anak ini harus menonton televisi pada jam tertentu apabila sebelumnya mengetahui jam tayang acara, dimana besar kemungkinannya adalah jam dimana dia harus pergi ke sekolah. Mungkin juga anak yang bersangkutan harus menunggu berjam-jam karena tidak tahu kapan acara tentang dunia binatang laut diputar. Sedangkan apabila anak tersebut menggunakan sebuah aplikasi multimedia tentang ensiklopedia binatang yang tersedia di komputer, anak tersebut dapat memilih menu binatang laut, bahkan dapat langsung memilih binatang laut tertentu yang ingin diketahuinya. Dengan menggunakan komputer yang menyediakan interaktifitas, anak tersebut tidak harus membuang waktu berjam-jam untuk menunggu, dan bisa mencari informasi yang diinginkan kapanpun dia mau, serta tidak perlu menerima berbagai informasi yang dibutuhkan yang pada akhirnya hanya akan membuat anak tersebut jenuh dan kehilangan semangat.

Multimedia memang merupakan teknologi komputer yang sedang berkembang pesat, selain internet, seiring dengan perkembangan komputer pribadi (PC/personal computer). Ribuan perusahaan di seluruh dunia telah memanfaatkan teknologi multimedia untuk memasarkan produk perusahaan mereka, jutaan programmer (pembuat program) membuat perangkat lunak multimedia berupa permainan. Juga untuk CAL/CAI (Computer Aided Learning/Computer Aided Instruction)  program untuk belajar dengan bantuan komputer baik matematika, fisika, memasak, merakit komputer, mempelajari jalan sebuah kota, atau sekedar sebagai media penyampai informasi atau profil perusahaan, seperti perusahaan perumahan yang telah dijadikan contoh permasalah diatas, atau mungkin hotel, pertokoan dan sebagainya.

Online Course using Multimedia

Online Course using Multimedia

Pada sejarahnya tercatat Macromedia Flash dan Macromedia Director yang menjadi 2 software yang sangat populer sebelum akhirnya dibeli oleh Adobe Flash dan kemudian tidak dilanjutkan pengembangannya pada tahun 2012. Saat ini yang menjadi trend adalah penggabungan elemen media tersebut menjadi video yang kemudian dapat dipublikasikan pada platform Youtube maupun berbagai media sosial yang ada.

Simak Video menarik ini untuk mendapatkan gambaran tentang Multimedia yang dibuat oleh Adam Crosland:

Dalam membuat elemen media maupun untuk menggabungkan berbagai elemen media yang ada, dibutuhkan perangkat lunak dan perangkat yang mendukung proses ini. Pada umumnya untuk melakukan proses editing digital media, dibutuhkan perangkat keras dan perangkat pendukung yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang memadai serta memiliki kecepatan yang baik pula. Dalam hal ini perlu dilakukan upaya untuk mengetahui kebutuhan perangkat lunak dan perangkat keras tersebut.

Pada praktikum mahasiswa akan dituntun untuk menemukan perangkat lunak apa saja yang dibutuhkan beserta perangkat keras yang diharapkan dapat menjalankan berbagai perangkat lunak tersebut secara optimal.

Kebutuhan Perangkat lunak

Multimedia seperti dijelaskan sebelumnya terdiri dari berbagai elemen media yaitu text, image, audio, video, dan 3D. Selain itu dibutuhkan sebuah aplikasi untuk menggabungkan berbagai media tersebut menjadi sebuah kesatuan presentasi multimedia. Saat ini software editing yang paling populer dan menjadi standard industri adalah software yang dikeluarkan oleh Adobe, perusahaan yang sudah sangat populer dengan serangkaian software untuk digital media editor.

  1. Silahkan buka https://www.adobe.com/sea/
  2. Dari situs tersebut, cari perangkat lunak Adobe yang diperuntukkan untuk melakukan editing elemen multimedia berupa komponen digital media berikut ini:
    • Raster Graphic
    • Vector Graphic
    • Audio
    • Video
    • Animasi

Kebutuhan Perangkat Keras Komputer

Dalam mendukung penggunaan perangkat lunak yang telah disebutkan, perlu dilakukan pemeriksaan mengenai perangkat keras apa saja yang dibutuhkan untuk memanfaatkan berbagai perangkat lunak yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu perlu juga dipertimbangkan untuk mengenai piranti lain yang sekiranya dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses editing dari masing-masing element yang ada.

Berikut ini adalah contoh untuk melihat kebutuhan dari perangkat keras yang dapat dipergunakan untuk mendukung proses editing elemen media secara optimal dengan menggunakan Adobe Photoshop:

  1. Silahkan mencari informasi dari situs web masing-masing perangkat lunak. Dalam ini pencarian bisa menggunakan kata kunci di Google: “Adobe Photoshop Systems Requirement”, ” Adobe Photoshop Minimum requirement”, dan sejenisnya.
  2. Pada contoh ini akan ditemukan sebuah halaman yang memuat data yang dibutuhkan, yaitu pada alamat web “Photoshop System Requirement” yang dapat diakses pada https://helpx.adobe.com/sea/photoshop/system-requirements.html
  3. Berdasarkan informasi yang terdapat pada halaman tersebut, didapati informasi sebagai berikut:

Minimum system requirements for Photoshop

  1. Windows
  Minimum requirement
Processor Intel® or AMD processor with 64-bit support*; 2 GHz or faster processor
Operating system Microsoft Windows 7 with Service Pack 1 (64-bit)*, Windows 10** (Version 1709 or later)
RAM 2 GB or more of RAM (8 GB recommended)
Hard disk space 3.1 GB or more of available hard-disk space for 64-bit installation; additional free space required during installation (cannot install on a volume that uses a case-sensitive file system)
Monitor resolution 1024 x 768 display (1280×800 recommended) with 16-bit color and 512 MB or more of dedicated VRAM; 2 GB is recommended***
Graphics processor acceleration requirements OpenGL 2.0-capable system
Internet Internet connection and registration are necessary for required software activation, validation of subscriptions, and access to online services †

 

  1. macOS
  Minimum requirement
Processor Multicore Intel processor with 64-bit support
Operating system macOS version 10.12 (Sierra), macOS version 10.13 (High Sierra), or macOS version 10.14 (Mojave)
RAM 2 GB or more of RAM (8 GB recommended)
Hard disk space 4 GB or more of available hard-disk space for installation; additional free space required during installation (cannot install on a volume that uses a case-sensitive file system)
Monitor resolution 1024 x 768 display (1280×800 recommended) with 16-bit color and 512 MB or more of dedicated VRAM; 2 GB is recommended*
Graphics processor acceleration requirements OpenGL 2.0-capable system
Internet Internet connection and registration are necessary for required software activation, membership validation, and access to online services †

 

 

Mau belajar Multimedia? Silahkan bergabung di Informatika Universitas Ciputra!

written by: SEW 20200129