Project Description

Studentpreneur merupakan salah satu majalah bisnis terbesar di Indonesia, yang ditujukan untuk pengusaha muda dengan lebih dari 10.000 pembaca. Majalah ini tersedia dalam format cetak maupun digital. Edisi digital dapat ditemukan pada aplikasi eReader Wayang Force dan Scoop.

Majalah yang didirikan pada bulan Maret 2013 ini, memiliki misi untuk membuat komunitas bisnis bagi kaum muda Indonesia. Studentpreneur mengklaim kini menerima sekitar 1 juta page views per bulan, dan memiliki lebih dari 9.000 anggota komunitasnya.

Pada bulan Pebruari 2015, start-up yang didirikan oleh Adhika Dwi Pramudita (alumnus Teknik Informatika Universitas Ciputra), Edbert Johnson, dan Wedya Agung ini mengumumkan bahwa mereka memperoleh seed-funding atau merupakan pendanaan tingkat awal dengan jumlah yang tidak diungkapkan dari sekelompok investor lokal. Salah satu investor adalah Bambang Dwi Hartono, mantan Walikota Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia. Investasi ini akan digunakan untuk memperluas Studentpreneur upaya pembangunan komunitas di beberapa kota lainnya, termasuk Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Malang.

Adhika (kanan) bersama Bambang Dwi Hartono (kiri)

Adhika (kanan) bersama Bambang Dwi Hartono (kiri), photo: Tech In Asia

Adhika yang telah merintis bisnisnya sejak masih di tahun kedua kuliahnya di Universitas Ciputra mengatakan, pada awalnya tidak langsung terpikirkan olehnya untuk membuat sebuah media cetak tentang bisnis. Sebagai bagian dari mata kuliah Entrepreneurship maupun Technopreneurship yang diikutinya, Adhika bertekat melakukan campaign entrepreneurship ke seluruh pelosok Indonesia. Dari aktivitas tersebut Adhika melihat banyak sekali anak muda yang sangat tertarik untuk bergelut di dunia bisnis, namun masih merasa belum yakin bahwa dalam membangun bisnis mereka akan mendapatkan karir yang bagus, atau setidaknya membuat orang tua bangga. Dari masalah tersebut, Adhika langsung berpikir untuk  membangun sebuah media yang berisi tentang kisah-kisah pebisnis yang sukses di Indonesia.

“Masalah ini terjadi karena kurangnya pemberitaan media terhadap pebisnis muda, yang akhirnya anak muda berasumsi bahwa kalau ingin berbisnis harus menunggu tua dulu,” terang Adhika.

Menurut Adhika, di lingkungan sekitar banyak sekali masalah yang bisa diangkat untuk dicarikan solusinya. Berbekal pendapat itulah, Adhika yang berperan sebagai Founder dan CEO membagun Studentpreneur bersama dua orang rekannya, dengan misi menciptakan ekosistem untuk pebisnis muda di Indonesia.

Student/Alumni Detail

Adhika Pratama (20109003)
Teknik Informatika Universitas Ciputra

Studentpreneur: Project Highlights

Links

The following are selected links from a numerous other links available: