Project Description

Pernahkah kalian kehabisan uang saku di pertengahan bulan dan kalian tidak tahu uang tersebut kalian habiskan untuk apa? Pernahkah kalian ingin membeli suatu barang dengan menggunakan uang sendiri tanpa “membebani” orang tua? Bayangkan jika sedari usia muda anda semua sudah memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik, maka anda semua akan memiliki kehidupan yang lebih baik juga. Aplikasi Pocket Money merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu kita dalam mengatur keuangan kita sehingga kita dapat memiliki kondisi finansial yang sehat.

Nama saya William Kurniawan, mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya jurusan Information and Multimedia Technology. Awal saya tercetus ide untuk membuat aplikasi Pocket Money adalah dari pengalaman pribadi saya sendiri maupun dari kerabat ataupun kenalan saya. Aplikasi Pocket Money tidak hanya membantu mengatur keuangan kalian semua, tapi juga “mendidik” kita semua untuk dapat menggunakan uang secara bijak. Salah satu fitur pendukung adalah fitur parent sync, dengan sharing code, di mana fitur ini membantu anak untuk terhubung selama 24 jam secara real time sehingga orang tua dapat lebih mudah mengawai dan membimbing anaknya dalam manajemen uang sakunya.

Fitur-fitur dalam aplikasi dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat berdasarkan survei yang telah dilakukan. Tentunya pelaksanaan ke depannya aplikasi ini akan terus berkembang dengan fitur yang semakin lengkap dan juga strategi yang mampu memotivasi masyarakat untuk rutin melakukan pencatatan keuangannya. Harapannya adalah aplikasi ini dapat membantu Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik lagi di masa depan dengan membangun karakter masyarakat yang transparan dan bijak serta memiliki kebebasan finansial.

Student/Alumni Detail

William Kurniawan (20412009)
Information and Multimedia Technology
School of Creative Industry

Final Project Supervisor: Caecilia Citra Lestari

Project Awards

  • 2015 November, Top 10 Finalist – StartUp Sprint, Prize money and a change to visit Silicon Valley (read more)

Project Highlights

  • 2015 November, interviewed by Suara Surabaya Radio

Links