Profil Lulusan

Profil lulusan program studi Informatika Universitas Ciputra dikembangkan berdasarkan kebutuhan pasar kerja baik serta kebutuhan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, selain dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari lulusan, mahasiswa, serta berbagai pihak lain juga mendapatkan perhatian. Panduan dari Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer juga menjadi salah satu pertimbangan utama penentuan profil lulusan dan kurikulum ini.

Program studi Informatika Universitas Ciputra bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Komputer yang berintegritas, profesional, dan memiliki pola pikir entrepreneurial. Selain itu lulusan yang dihasilkan juga akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan mempresentasikan ide dengan baik, berkarakter unggul, berkebangsaan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Secara umum lulusan Program Studi Informatika dapat berkarir sebagai professional, baik sebagai software developer atau computer scientist. Para lulusan juga akan dibekali dengan berbagai kemampuan soft-skillsdan entrepreneurial mindset, yang memungkinkan mereka untuk mengembangan sebuah usaha, utamanya di bidang teknologi (technology entrepreneur/ technopreneur). Mereka juga dapat memilih berkarir sebagai peneliti, akademisi, maupun memutuskan untuk melanjutkan studi lanjut di jenjang yang lebih tinggi di tingkat S2 maupun S3.

Sebagai software developer baik peran sebagai entrepreneur maupun intrapreneur, lulusan dapat bekerja sebagai web developer, desktop, dan mobile application developer. Mereka dapat mengambil peran sebagaifull stack developer, baik di sisi front end maupun back end. Selama menempuh studi, lulusan akan mendapatkan keahlian serta memilih fokus pada bidang Artificial Inteligence, Internet of Things, maupun Game Development.

Profil lulusan Kemampuan yang harus dimiliki (keterampilan khusus) Pengetahuan yang harus dikuasai
1 Professional: Developer / Computer Scientist Mampu membuat perangkat lunak (software) berdasarkan penguasaan pada konsep teoritis ilmu komputer/Informatika secara umum atau berfokuskan pada Artificial Intelligence, Internet of Things, atau Game Development untuk menyelesaikan kebutuhan dan permasalahan masyarakat. Menguasai ilmu komputer / Informatika dasar, antara lain Matematika dan Statistika, Algoritma dan Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Grafika Komputer dan Multimedia, dan lainnya.
Menguasai konsep teoritis di bidang Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence, Internet of Things, atau Game Development
Mampu berkontribusi secara proaktif dan inovatif dalam perkembangan ventura/organisasi tempatnya berkarya dengan menerapkan etika profesi. Menguasai konsep etika profesi dan intrapersonal skill,
Mampu mengembangkan potensi diri secara mandiri dan berkelanjutan di bidang Informatika dengan berlandaskan pada sikap dan perilaku berintegritas, professional, dan entrepreneurial yang berkemanusiaan dan berkebangsaan. Menguasai konsep entrepreneurial,manajerial bisnis, dan kepemimpinan
2 Technology Entrepreneur (Technopreneur) Mampu menciptakan ventura baru (bisnis maupun sosial) di bidang teknologi komputer/Informatika yang secara berkelanjutan memiliki nilai tambah sebagai hasil analisa peluang dari permasalahan di masyarakat. Menguasai konsep entrepreneurial,manajerial bisnis, dan kepemimpinan
3 Akademisi, Peneliti, dan Pelajar (Studi Lanjut) Mampu berpikir kritis dan analitis dalam pengembangan keilmuan atau produk di bidang informatika dan/atau entrepreneurship berdasarkan metode ilmiah. Menguasai metode-metode ilmiah dalam pengembangan keilmuan dan/atau produk di bidang Informatika dan entrepreneurship