Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program studi Informatika Universitas Ciputra Surabaya

SIKAPĀ 

  • Ketuhanan dan toleransi: bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • Kemanusiaan: menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  • Keberagaman: menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Tanggung jawab sosial: berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Nasionalisme: berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Kesadaran lingkungan: bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Ketaatan norma dan hukum: taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Nilai-nilai akademik: menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Tanggung jawab dan profesionalisme: menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • Entrepreneurial: menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETERAMPILAN UMUM

  • Conceptual thinking: mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Performance: mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Problem solving: mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  • Public expose: menyusun deskripsi ilmiah hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya di laman perguruan tinggi;
  • Decision making: mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Managing: mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Self-evaluation: mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Information management: mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  • Communication intelligent: mampu memaknai informasi yang diterima dan yang dicari melalui berbagai media (text dan non-text; online dan offline) dengan menggunakan seluruh fungsi dirinya;
  • Jejaring: mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

KOMPETENSI ENTREPRENEURIAL

  • Jejaring: kemampuan untuk menjalin, mengembangkan, dan memelihara relasi dengan pihak internal ataupun eksternal untuk mencapai tujuan.
  • Belajar sepanjang hayat: kemauan untuk selalu mengembangkan diri sepanjang hayat yang menghasilkan peningkatan kompetensi.
  • Semangat mencapai hasil: kemauan untuk mencapai hasil terbaik dengan semangat dan standar yang tinggi.
  • Kreativitas dan inovasi: kemampuan untuk menghasilkan ide dan mengimplementasikannya ke dalam bentuk produk/jasa yang diterima oleh masyarakat.
  • Penciptaan peluang: kemampuan mengidentifikasi kebutuhan atau masalah dengan menawarkan nilai tambah yang memberikan keuntungan/manfaat bagi ventura.
  • Pengambilan resiko yang terhitung: kemampuan bertindak dengan mengurangi tingkat kemungkinan risiko atau dampak potensial risiko yang mungkin terjadi.
  • Integritas moral: kualitas yang menunjukkan sikap jujur, respek, dan konsisten dengan standar moral universal, tercermin dalam perilaku yang bertanggung jawab dalam masyarakat yang dilayani.

KETERAMPILAN KHUSUS

  • Mampu membuat perangkat lunak (software) berdasarkan penguasaan pada konsep teoritis ilmu komputer/Informatika secara umum atau berfokuskan pada Artificial Intelligence, Internet of Things, atau Game Development untuk menyelesaikan kebutuhan dan permasalahan masyarakat.
  • Mampu menangkap peluang dan memberikan solusi inovatif di bidang teknologi komputer/informatika yg berintegritas dan beretika untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
  • Mampu berkontribusi secara proaktif dan inovatif dalam perkembangan ventura/organisasi tempatnya berkarya dengan selalu menerapkan etika profesi.
  • Mampu menciptakan dan mengembangkan ventura baru (bisnis maupun sosial) di bidang teknologi komputer yang berkelanjutan dan memiliki nilai tambah dan dampak positif bagi masyarakat untuk menjawab tantangan global.
  • Mampu secara mandiri mempelajari dan menerapkan model, teknik, dan teknologi komputer, serta Entrepreneurship.

PENGETAHUAN

  • Menguasai konsep teoritis di bidang Artificial Intelligence, Internet of Things, atau Game Development.
  • MenguasaiĀ ilmu komputer/Informatika dasar, antara lain Matematika dan Statistika, Algoritma dan Pemrograman, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Grafika Komputer dan Multimedia, dan lainnya.
  • Menguasai konsep etika profesi dan interpersonal skill
  • Menguasai konsep Entrepreneurship, manajerial bisnis, dan kepemimpinan

Menguasai pengembangan keilmuan, produk, maupun jasa dengan metode ilmiah berdasarkan prinsip keilmuan informatika dan Entrepreneurship