[student’s article]

Definisi GPRS

GPRS atau General Package Radio Service merupakan teknologi modern pertama yang mampu melakukan pengiriman dan penerimaan data yang lebih cepat daripada teknologi seperti CSD atau Circuit Switch Data. GPRS juga bisa didefinisikan sebagai salah satu koneksi internet yang menggunakan PDA (Personal Digital Assistant) sebagai modem yang nantinya dihubungkan komputer melalui kabel data/bluetooth dengan menggunakan operator telepon sebagai ISP (Internet Service Provider). Bisa dikatakan kalau GPRS ini merupakan bagian dari seri generasi telepon genggam. Sistem GPRS ini bisa digunakan untuk mengirim data (berbentuk paket data) yang berhubungan dengan e-mail, MMS atau Multimedia Messaging Service (data gambar), WAP atau Wireless Application Protocol, dan WWW atau World Wide Web.

Sejarah GPRS

Pencetusan ide penemuan GPRS diawali dengan penemuan telepon genggam generasi 1G dan 2G. Perkembangan GPRS pun berkembang hingga sampai muncul generasi 4G. Latar belakang perkembangan teknologi komunikasi ini adalah adanya keinginan untuk selalu memperbaiki kemampuan, kinerja, dan efisiensi dari teknologi pendahulunya.

Komponen GPRS

Hal yang perlu diperhatikan terkait teknologi ini adalah bahwa jaringan GPRS itu terpisah dari jaringan GSM (Global System for Mobile Communication). Sejauh ini, jaringan GPRS hanya digunakan untuk aplikasi data. Untuk bisa lebih dalam memahami jaringan GPRS, berikut adalah komponen-komponen utama jaringan tersebut.

  • PCU (Packet Control Unit)
    Bagian utama dari transmisi paket pada tahap BSS (Base Station System) yang akan menghubungkan terminal ke jaringan GPRS
  • SGSN (Serving GPRS Support Node)
    Bagian yang berperan dalam transmisi paket dari dan ke Mobile Station (MS), registrasi pengguna baru, memperbarui pengguna ke HLR (Home Location Register) dan sekaligus menjadi gerbang yang menghubungkan BSS/BTS dengan jaringan GPRS.
  • GGSN (Gateway GPRS Support Node)
    Bagian yang menjadi penghubung antara jaringan GPRS dan jaringan internet. Komponen ini berperan sebagai interface ke PDN (Public Data Network), network screening, user screening (memeriksa apakah pengguna aktif atau nonaktif), address mapping, dan information routing.
  • BG (Border Gateway)
    Bagian yang memiliki peranan utama untuk mengamankan koneksi antara jaringan GPRS yang berbeda melalui jaringan backbone inter-operator.

Kelebihan GPRS

Adapun kelebihan yang dimiliki GPRS adalah teknologi tersebut menggunakan sistem yang selalu terhubung. Hal tersebut menunjukkan bahwa GPRS dapat diakses dimana saja, seperti pada telepon seluler, SIM card, fasilitas GPRS, dan masih di dalam lingkup GPRS. Teknologi ini juga menawarkan kecepatan koneksi internet dari 56 kbps hingga 115 kbps yang memungkinkan pengiriman data multimedia ke notebook dan handheld computer. GPRS memiliki beberapa fitur keunggulan, yaitu

  • Selalu Online
    GPRS selalu online karena pengiriman data berupa paket dan tidak terpengaruh oleh waktu koneksi.
  • Sistem Pembaruan yang Tersedia
    GPRS berjalan sesuai infrastruktur yang sudah ada.
  • Bagian Integral dari Masa Depan Sistem 3G
    GPRS merupakan bagian utama untuk mekanisme transfer paket data bagi perkembangan teknologi 3G EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) dan WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access).

Kekurangan GPRS

Sayangnya, banyak pengguna yang kurang menyukai teknologi GPRS karena kecepatan maksimal teknologi ini ternyata lebih rendah daripada yang ditawarkan. Hal ini bergantung pada beberapa faktor seperti alokasi time slot dan konfigurasi pada level BTS (Base Transceiver Station), software yang digunakan, dan dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan. Umumnya, perangkat yang hanya menyediakan jaringan GPRS juga tidak memiliki fitur yang canggih. Modulasi GPRS juga tidak dalam kondisi yang stabil. Selain itu, tiap brand telepon memiliki fiturnya masing-masing dalam mengaktifkan dan menonaktifkan teknologi GPRS ini sehingga mengakibatkan para pengguna agak kesulitan ketika berusaha menggunakan koneksi ini.

Aplikasi Teknologi GPRS

Teknologi ini memang kurang cukup populer pada lingkungan masyarakat. Namun, jika kita gali lebih dalam, penerapan GPRS ini secara tidak langsung sudah berjalan pada bidang komunikasi seperti akses internet, unified messaging, dan e-mail atau pada bidang ekonomi seperti e-commerce dan e-banking. Selain itu, manfaat teknologi ini bisa dirasakan dari kecepatan data yang tinggi, layanan komunikasi dua arah kepada pengguna secara real-time, dan pengaksesan data yang tersimpan dalam suatu basis data.

written by: Jason Miracle Gunawan (IMT’22)

References

  • Apa yang dimaksud dengan GPRS? (2020, October 7). Retrieved from JawabanApapun.com.
  • GPRS. (2021, March 24). Retrieved from Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/GPRS
  • Hansin91. (2011, October 1). GPRS. Retrieved from WordPress Belajar Doenkz: https://fast1991.wordpress.com/2011/10/01/gprs/
  • Kapalomen. (2016, 11). Pengertian GPRS manfaat serta fitur utama GPRS. Retrieved from Kapalomen: http://www.kapalomen.com/2016/11/pengertian-gprs-manfaat-serta-fitur-utama-gprs.html