Perkembangan teknologi saat ini memaksa manusia untuk beradaptasi dalam kehidupan dalam penggunaan teknologi khususnya dalam bidang perangkat elektronik. Perangkat elektronik paling sering digunakan dalam kebutuhan sehari-hari tidak lepas dari Handphone, Komputer, PC, Tv dan lainnya. Kebanyakan dari alat elektronik yang kita gunakan menggunakan layar sebagai tampilan yang diproses oleh alat elektronik tersebut. Layar tampilan elektronik berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Kali ini kita akan membahas tentang tampilan layar komputer atau sering disebut monitor. Layar monitor merupakan part yang sangat penting dalam sebuah komputer, karena hal inilah yang kita lihat langsung secara visual saat bekerja dengan komputer. Dalam penggunaan produktif biasanya orang menggunakan komputer dalam jangka waktu 8-10 jam sehari.

Tips Memilih Monitor Terbaik

Karena waktu penggunaannya cukup lama dan tampilan visual secara langsung, pengguna ada baiknya memilih layar komputer yang sesuai dengan kebutuhan kita sehingga membuat kita bisa lebih produktif.

Ukuran Layar dan Resolusi

Hal pertama yang paling terlihat dari sebuah monitor adalah ukuran layarnya. Ukuran layar monitor biasanya dipakai untuk produktivitas adalah ukuran 22 hingga 32 inch, bisa lebih dari itu tapi jarang yang menggunakannya dan sedikit peminatnya. Namun bila prioritas anda adalah ukuran layar yang besar mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil monitor dengan ukuran 34-49 inch yang memiliki ultrawide atau extra lebar. Namun dengan monitor ini tidak semua software mampu mendukung monitor ukuran ultra wide.

Selain dari ukuran layar, juga perlu mempertimbangkan resolusi layarnya, ada baiknya semakin besar layar semakin besar juga resolusinya, karena dengan begitu anda akan tetap dapat menikmati visual terbaik dari komputer anda.

Konektivitas Monitor

Saat membeli komputer ada baiknya anda mempertimbangkan konektivitas monitor anda, karena konektivitas monitor yang lengkap dapat membantu anda meringkas desktop anda. Contoh konektivitas yang sering diperlukan antara lain: HDMI, USB-C, dan Thunderbolt 3.

Ketepatan Warna Monitor

Bila anda bekerja dalam industri kreatif, contohnya sering menggunakan software edit gambar, video, 3d blender, maka anda akan memerlukan monitor dengan ketepatan warna yang paling sesuai. Ada beragam cakupan warna seperti sRGB, Adobe RGB, dan DCI-P3. Dengan cakupan warna terluas, DCI-P3 bisa menampilkan warna yang lebih banyak dan gambar yang lebih kaya.

Tipe Panel

Tipe panel juga cukup berpengaruh dalam performa ketepatan warna pada monitor, jenis panel yang paling sering digunakan adalah TN, IPS, dan OLED.

Panel TN memiliki kelebihan response time yang bisa dipush cukup hebat, sehingga panel ini cukup sering dipakai pada monitor gaming kompetitif yang memiliki response time kurang dari 5ms. Selain dari itu panel TN juga tergolong murah sehingga banyak dipakai pada monitor atau laptop dengan harga terjangkau. Panel TN juga biasanya digunakan pada monitor yang memiliki layar melengkung. Kekurangan dari panel TN ini adalah viewing angle yang tidak terlalu lebar, sehingga perbedaan sudut pandang dapat mempengaruhi ketepatan warna yang dihasilkan oleh monitor tersebut

IPS adalah panel yang paling sering dijumpai pada monitor atau laptop dengan harga mid range. Karena viewing angle yang sangat besar mampu memuaskan para pengguna karena perbedaan sudut pandang tidak akan mempengaruhi warna yang terlihat oleh pengguna. Namun warna yang dihasilkan tidak terlalu pekat bila dibandingkan dengan panel OLED khususnya dalam warna hitam. Namun panel IPS ini bisa memproduksi ketepatan warna yang cukup bagus sehingga cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Yang selanjutnya adalah panel OLED yang memiliki harga relatif paling mahal sehingga biasanya panel ini tersedia pada monitor atau laptop dengan range harga mid-high. Kelebihan dari monitor ini adalah ia mampu memproduksi warna dengan sangat baik dan dalam, sehingga warna hitam yang dihasilkan benar-benar pekat seperti layar mati. Namun kekurangan dari layar ini adalah panel ini tidak tahan pada panas yang dapat menyebabkan shadow bila sebuah bagian memancarkan cahaya konstan dalam jangka waktu yang panjang sehingga panas dan menghasilkan shadow seperti bayangan merah.

written by:

REYHAN JASON (Informatika UC 2022)

Referensi

  • Tika M . 2021. Tips memilih monitor pc sesuai kebutuhan
  • 2018. Refresh Rate, Pengertian, Kegunaan dan Kinerjanya di Monitor