[student’s article]

Clock speed atau Clock rate merupakan salah satu aspek utama dari CPU kalian, tapi apa maksud dari CPU clock?

Performa dari CPU atau biasa disebut sebagai “otak” dari PC berdampak besar untuk menjalankan program dan aplikasi pada PC. Semakin tinggi performa CPU, semakin lancar juga PC bisa beroperasi. Clock speed merupakan salah satu tolak ukur yang paling signifikan untuk performa CPU. Clock speed bisa kalian cek dengan klik “Start menu”, kemudian ketik dan klik “System Information”. Model CPU dan CPU Clock speed PC atau laptop kalian akan muncul pada baris “Processor”.

APA ITU CLOCK SPEED?

Clock speed atau Clock rate merupakan kecepatan suatu prosesor yang diukur dari banyaknya jumlah siklus yang bisa dieksekusi tiap detiknya. Satuan yang digunakan untuk mengukur clock speed adalah Hz (hertz), kHz (kilohertz), MHz (megahertz), GHz (gigahertz). Untuk prosesor generasi modern seringkali sudah menggunakan satuan GHz dan beberapa MHz  tidak seperti pada generasi pertama atau kedua yang masih menggunakan kHz, atau bahkan Hz. 1 Hz berarti 1 siklus per detik, 1 kHz berarti 1000 siklus per detik, 1 MHz berarti 1 juta siklus per detik, dan GHz berarti 1000 juta siklus per detik. Semakin tinggi clock speed, maka semakin bagus pula performa prosesornya, dengan mengasumsikan faktor lain seperti jumlah core adalah sama.

PENGARUH CLOCK SPEED UNTUK GAMING

Sebelum munculnya multi-core CPU, clock speed merupakan kunci utama untuk membandingkan performasingle-core CPU. Di masa kini, hal lain seperti jumlah core, CPU cache, konsumsi energi listrik juga menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan. Pengaruh clock speed pada suatu game bergantung pada engine game tersebut. Tetapi, game AAA yang terkini lebih diuntungkan dengan core ekstra dan clock speed yang lebih tinggi. Pada umumnya, clock speed untuk gaming yang optimal berada di kisaran 3,5 sampai 4,2 GHz.

sumber : AAA games

sumber : AAA games. Istilah “AAA Games” adalah klasifikasi yang digunakan dalam industri video game untuk menunjukkan game berbiaya tinggi dan berprofil tinggi yang biasanya diproduksi dan didistribusikan oleh penerbit besar dan terkenal.

CLOCK SPEED BUKANLAH SEGALANYA

Memang clock speed merupakan indikator yang bagus untuk mengetahui seberapa baik performa prosesor kalian. Namun, masih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan seperti jumlah core, cache CPU, mekanisme pendinginan CPU, arsitektur CPU, RAM, dan penggunaan SSD atau HDD.

Ditulis oleh: Louis Mario Wijaya (Informatika UC 2022)

DAFTAR PUSTAKA

  • Zaksa, A. (2020, December 19). Apa Itu Clock Speed? Mengenal Clock Speed pada Prosesor. Retrieved October 16, 2022, from https://www.nesabamedia.com/apa-itu-clock-speed/
  • ‌Shinde, R. (2022, April 11). What’s a Good Processor Speed for Gaming? TechViral. Retrieved October 16, 2022, from https://techviral.tech/processor-speed-for-gaming/