[students’ article]

Dalam mengerjakan tugas, tidak sedikit dari Anda pastinya sudah mengenal berbagai aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Contohnya Microsoft word untuk membuat cerpen, artikel, atau dokumen, juga seperti Microsoft Powerpoint Presentation atau yang kita sering sebut sebagai PPT untuk membantu kita melakukan presentasi kepada para penonton supaya memudahkan kita menyampaikan poin-poin yang kita berikan, dan lain sebagainya. Kita selalu bergantung kepada aplikasi-aplikasi tersebut apabila kita mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun saat kita bekerja.

Di masa kini, Microsoft bukanlah satu-satunya yang membuat aplikasi-aplikasi tersebut. Google juga menciptakan sebuah program layanan mereka sendiri yang mungkin menjadi alternatif dari program aplikasi Microsoft. Jika dilihat sekilas secara tampilan, Berberapa google mirip dengan Microsoft PowerPoint, Tetapi tentunya Google Slides memiliki beberapa perbedaan dengan Microsoft PowerPoint. Pada pembahasan kali ini kita akan membandingkan secara spesifik Google Slides dengan Microsoft PowerPoint.

Tampilan Microsoft PowerPoint Presentation

Tampilan Microsoft PowerPoint Presentation

Persamaan Google Slides dengan PowerPoint

Google Slides dan PPT tentunya memiliki fungsi yang sama yaitu keduanya digunakan untuk membantu seseorang untuk melakukan presentasi. Secara fitur, keduanya memiliki fitur-fitur dasar seperti menambah dan menghapus slide, mengedit slide, memasukkan gambar, mengatur font, dan fungsi dasar lainnya. Keduanya juga memiliki fitur transition yang bisa digunakan untuk menampilkan transisi setiap slide ketika menjalankan slideshow.

Tampilan Google Slides

Tampilan Google Slides

Perbedaan Google Slides dengan PowerPoint

Meskipun memiliki kesamaan fitur dasar dan tampilan yang secara sekilas terbilang mirip. Namun Google Slides memiliki banyak sekali perbedaan dengan PowerPoint. Salah satu perbedaan adalah bahwa Google Slides hanya bisa diakses secara online/memerlukan Wi-Fi untuk bisa menjalankan aplikasi, sedangkan PPT tidak perlu jaringan Wi-Fi. Meskipun Google Slides memerlukan Wi-Fi untuk bisa berjalan, File Presentation tersimpan di Google Drive (Cloud Storage) sehingga tidak memenuhi storage di device. Selain itu Google Slides bisa diisi oleh lebih dari satu orang sehingga berguna dalam kerja kelompok dibandingkan dengan PPT. Navigasi pada keduanya memiliki perbedaan, yaitu menu pada Google Slides menggunakan dropdown sehingga lebih mudah dalam mencari fungsi yang ingin digunakan tanpa harus menekan setiap menu satu-satu.

Keunggulan dan Kelemahan Google Slides

Berikut adalah keunggulan dan kelemahan Google Slides.

Keunggulan:

  • Membuat presentasi bisa dikerjakan lebih dari satu orang.
  • Tidak memakan storage device.
  • Menu yang lebih sederhana.
  • Tidak perlu cemas jika device mati ataupun rusak karena tersimpan pada Google Drive secara otomatis.
  • Membuat kita bisa memberikan file hasil kerja dengan mudah hanya dengan memberikan link sehingga tidak perlu upload file Google Slides.
Sharing File di Google Slides

Sharing File di Google Slides

Kelemahan:

  • Membutuhkan Wi-Fi untuk bisa digunakan.
  • Google Drive memiliki storage yang lebih kecil dibandingkan device terutama untuk pengguna gratis.
  • Memerlukan Google Account sehingga apabila kehilangan akun maka seluruh file Google Drive tidak bisa diakses.
  • Orang lain bisa merusak/menghapus file kita apabila tidak hati-hati dalam memberikan link.

 

written by: Filbert Patricio (Informatika UC 2022)

Referensi

  1. (Google Slides – Wikipedia, n.d.) https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Slides
  2. https://docs.google.com/