Final NPLC (National Programming and Logic Competition) yang ke-9 merupakan penutup acara NPLC yang dilaksanakan dengan meriah oleh prodi Informatika Universitas Ciputra Surabaya yang bekerja sama dengan Universitas Ciputra Makassar pada 30 Januari 2022. Berlangsung dari jam 06.30 hingga 15.00 WIB, acara ini menawarkan banyak hiburan berhadiah selain kompetisi yang sengit dan kompetitif yang juga dibagi menjadi Barat dan Timur. Tidak hanya itu, acara ini juga menunjukkan pameran yang meriah dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Ciputra yang menarik serta mendatangkan alumni untuk mengajak para peserta NPLC untuk bergabung dengan keluarga Universitas Ciputra.

Acara lomba NPLC diramaikan oleh sebanyak 107 tim, dimana mereka berkompetisi dengan sengit dan dahsyat untuk mengejar hadiah-hadiah yang disediakan oleh School of Information Technology (SIFT) Universitas Ciputra dan Universitas Ciputra Makassar. Sebanyak 78 tim bersaing untuk memenangkan lomba NPLC di ajang kategori 2 (kategori logika) NPLC dengan 28 tim yang bersaing untuk memenangkan lomba NPLC di ajang kategori 1 (kategori pemrograman) dengan kurang lebih 350 total peserta dimana satu tim diisi oleh maksimal 3 orang dan minimal 1 orang untuk kategori 1 dan syarat wajib 3 orang dalam 1 tim untuk berlomba di kancah logika kategori 2.

Tidak lupa, acara ini juga didukung oleh Dicoding, Cloudraya dan Wowrack, perusahaan-perusahaan yang menekuni bidang cloud untuk memajukan kualitas situs, web app serta aktifitas daring di Indonesia. Menambahkan lebih lanjut, Apple Developer Academy juga turut mendukung dan memeriahkan acara NPLC Universitas Ciputra, yang pada saat acara diwakilkan oleh Bapak Andi Abadi S.Kom. Selain itu, tentunya Bapak Stephanus Eko Wahyudi ST, M.Mm sebagai kaprodi Informatika di Universitas Ciputra, Bapak Michael Ivan Renald dan Ibu Vivian juga mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan mengucapkan sambutan untuk berlangsungnya acara NPLC.

Pada akhirnya, usai lomba di dalam acara NPLC, pemenang-pemenang pun tercetak yang tidak hanya membanggakan sekolahnya, namun juga telah membuktikan kepada banyak orang bahwa mereka mampu untuk berpikir secara komputational dan secara logis. Teruntuk kategori 1 bagian Barat, Juara 1 dimenangkan oleh tim “SutMasihBisa” yang berasal dari sekolah SMA Sutomo 1 dari Medan. Juara runner-up pun lalu tidak ditanggung-tanggung dan direbut oleh tim “Last Resort Sigma” yang berasal dari sekolah SMA Xin Zhong dari Surabaya. Terakhir, untuk kompetisi NPLC di bagian barat, juara ketiga NPLC diraih oleh tim yang bernama “nabil”.

Melanjutkan ke bagian Timur dari acara NPLC, untuk kategori 1, para juri hanya mengambil dua pemenang saja. Juara pertama berhasil diraih oleh tim “Nusa_Warrior” yang berasal dari sekolah SMAN 5 di Makassar. Terakhir, untuk runner-up sukses diraih oleh tim “Inazuma” yang berasal dari sekolah SMA Katolik Rajawali di Makassar.

Tidak lupa dengan meriahnya kategori 2, bagian Barat berhasil dipimpin oleh kelompok “Superidol Dexiaorong” yang berasal dari SMA Katolik Santo Paulus di Jember. Selain itu, yang menarik adalah, Sekolah yang sama dengan tim “UncleMuscle” berhasil mendapatkan juara runner-up. Terakhir, untuk juara ketiga berhasil dicetak oleh tim “To The Moon” yang berasal dari sekolah SMA Gloria 1 di Surabaya.

Kategori 2 bagian Timur lalu berhasil dipimpin oleh sekolah SMA Zion di Makassar dengan nama kelompok “Hard Tantrum”. Lalu, skor kelompok tersebut diikuti oleh skor kedua tertinggi yang berasal dari tim “Al Azhar Ryuma” yang berasal dari sekolah SMA Al Azhar di Palu. Dan, pada akhirnya, juara ketiga di ambil oleh kelompok “SANTUY” yang berasal dari SMAN 3 di Palopo.

Sebagai kata akhir, para panitia NPLC mengucapkan terima kasih dan mengharapkan yang terbaik dari yang telah mendapatkan juara di lomba yang telah mereka senggarakan serta berharap dan berdoa untuk yang kalah agar tidak berkecil hati dan selalu mencoba untuk dapat memenangkan kompetisi-kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Universitas Ciputra atau bahkan NPLC tahun depan.

Semangat terus dan jangan pernah menyerah! Salam Entrepreneur.

written by: Panitia 9th NPLC