Mahasiswa Indonesia, Siapkah Kamu Menghadapi Tantangan?

Kegiatan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka ini adalah sebuah upaya pemerintah untuk menjembatani dan mengamankan ketersediaan talenta berkualitas bagi industri nasional yang membutuhkan solusi alternatif untuk mendapatkan talenta yang sesuai dengan kualifikasi dan cocok dengan budaya organisasi, sehingga bisa memberikan kontribusi yang nyata dalam jangka waktu yang lama.

Kesempatan dan informasi untuk mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat untuk Mahasiswa diperpanjang sampai  dengan 13 Januari 2022, dan setiap harinya akan ada kesempatan baru yang akan dipublikasikan oleh Mitra.
Website pendaftaran: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id
Panduan lengkap terkait pendaftaran & persyaratan: terlampir

Pada tahun 2021 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek meluncurkan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebagai salah satu bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Magang Bersertikat Kampus Merdeka adalah program magang yang dipercepat dan diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik. Adapun Studi Independen Bersertikat Kampus Merdeka adalah sebuah pembelajaran di kelas yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri.

Magang Bersertikat Kampus Merdeka menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman untuk menyelami dunia profesi dengan terjun langsung ke perusahaan yang pada akhirnya akan mendorong tumbuh kembangnya mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga kerja yang profesional. Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan, mengingat bahwa belajar dari kelas, laboratorium, ataupun perpustakaan masih belum cukup untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Prof Nizam sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) menjelaskan bahwa MSIB ini tidak hanya dilakukan di industri tetapi juga di lembaga-lembaga, ataupun kementerian-kementerian. Dimana sangat terbuka lebar untuk mahasiswa mengikuti passion-nya dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi.

“MSIB ini tidak hanya di industri tapi juga bisa dilakukan di lembaga-lembaga internasional misalnya di UNDP dan berbagai macam lembaga internasional yang lain. Juga terbuka di kementerian-kementerian maupun legislatif dan tidak dipisah juga akan menjadi legislator muda. Bagaimana membuat undang-undang sebagai seorang legislator. Dengan mengetahui atau mengalami pengalaman profesi di lembaga-lembaga yudikatif maupun juga di birokrasi ini adalah kesempatan yang sangat luas untuk mengikuti passion dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi dengan beragam profesi,” jelas Prof Nizam.

sumber: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/program-magang-dan-studi-independen-bersertifikat-msib-kampus-merdeka-beri-pengalaman-di-dunia-profesi/

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz