Apa yang dimaksud Coding? saat ini coding atau banyak juga dikenal dengan programming merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan oleh industri. Apa sih yang dimaksud dengan coding?

Pengertian Coding

Coding merupakan kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan kompiler. Tujuan dari kegiatan coding ini adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

Website adalah kumpulan informasi yang berbentuk halaman-halaman elektronik atau web page. Sebuah website umumnya terhubung pada sebuah alamat penunjuk yang spesifik. Alamat penunjuk tersebut dinamakan domain, misal Detik.com atau Nesabamedia.com. Website pada umumnya terdiri dari format teks, gambar, table, grafik, kutipan , video, musik, dan format visual lainnya yang menarik bagi pengunjung website tersebut.

Photo by olia danilevich from Pexels

Photo by olia danilevich from Pexels

Mengapa perlu belajar Coding?

Mengapa harus belajar coding? berikut ada beberapa alasan yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mulai mempelajari coding:

  1. Coding berfungsi untuk menciptakan sesuatu yang berguna di dunia. Ketika Anda ingin membangun suatu aplikasi, maka coding adalah kegiatan yang harus dijalani. Anda dapat dengan mudah membangun aplikasi tanpa harus meminta bantuan dari orang lain karena Anda dapat mempelajari coding secara otodidak.
  2. Coding menjadi pekerjaan masa depan yang mencari Anda. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengandalkan kemampuan coding untuk merekrut para pelamarnya. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda dapat menjadikan coding sebagai pekerjaan sampingan dengan upah yang tinggi. Anda dapat menerima tawaran pembuatan website, aplikasi atau bisnis e-commerce.

Manfaat Coding

Mempelajari coding memberikan banyak manfaat terutama untuk kamu yang ingin atau sedang berkarier di bidang teknologi. Namun, tak terbatas di situ saja, mempelajari coding karena hobi atau sekedar ingin memahami teknologi juga bisa mendatangkan manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari belajar coding.

  1. Memulai Karir di Bidang IT
    Banyak orang tertarik belajar coding untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik dan bisa bekerja di perusahaan teknologi ternama seperti e-commerce atau start-up unicorn. Tidak menutup kemungkinan jumlah pekerjaan dengan kemampuan coding akan semakin meningkat.
  2. Membuat Website atau Aplikasi
    Apa kamu bercita-cita bisa membuat aplikasi atau situs web. Dengan belajar coding, kamu bisa mewujudkannya. Belajar coding juga dapat membantu kamu mengotomatiskan spreadsheet atau membangun aplikasi sesuai keinginanmu.
  3. Melatih  Ketelitian
    Dalam melakukan aktivitas coding, biasanya Anda akan menemukan berbagai kesalahan didalamnya. Salah satunya adalah program akan mengalami error saat hendak dijalankan atau di build. Disini Anda memerlukan ketelitian untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Mulai dari menemukan bagian kode yang menjadi permasalahan, misalnya Anda lupa meletakkan simbol semicolone (;) yang biasa digunakan untuk memisahkan baris perintah pertama dan berikutnya. Dengan begitu, Anda harus mengecek ulang setiap baris kode yang sudah dibuat atau mengecek koneksi internet bila tools yang digunakan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.
  4. Mengembangkan Cara Berpikir Secara Logis
    Memilih bahasa pemrograman menjadi hal yang sangat diperlukan ketika Anda akan memulai aktivitas coding. Dengan memilih satu jenis bahasa berarti Anda juga harus memahami struktur algoritma pemrograman yang berlaku didalamnya. Nantinya, algoritma inilah yang Anda terapkan ketika hendak membangun sebuah aplikasi.

Algoritma yang tidak sesuai akan berakibat fatal pada hasilnya, dimana aplikasi mengalami error atau tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tanpa disadari, secara tidak langsung penerapan algoritma pemrograman akan terbawa kedalam kehidupan sehari-hari. Anda akan lebih berpikir secara logis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Nah sudah tahu perlunya kita belajar coding dan ingin sekali belajar coding yang memiliki prospek karir luar biasa? mari belajar di Informatika UC dan daftar hari ini juga di Informatika (IMT) UC!

 

written by: Brilliane Salsa

editor: SEW

 

Photos: free images from Pexels.com