Apalah arti sebuah warna? Warna Identitas bagi sebuah organisasi, perusahaan, dan berbagai jenis perkumpulan lain merupakan salah satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan.

Penentuan warna identitas sebuah organisasi juga telah melalui berbagai tahapan pemikiran dan desain serta telah mempertimbangkan berbagai aspek. Jadi dalam hal ini warna identitas sangat perlu untuk senantiasa diperhatikan dijadikan salah satu elemen pada saat mendesain grafis, membuat materi publikasi, dan berbagai keperluan lainnya.

Penggunaan warna yang konsisten akan memudahkan para orang yang memiliki kepentingan akan dapat mengenali perusahaan atau organisasi tersebut dengan lebih mudah. Hal ini merupakan salah satu tips pada saat sebuah perusahaan akan mengembangan brand image atau seringkali disebut dengan upaya branding. Konsistensi brand melalui pemilihan warna juga akan memudahkan perusahaan untuk menonjolkan produk yang ditawarkan dan memudahkan untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Pemilihan warna yang tepat juga memberikan kesan pertama yang muncul di benak orang yang melihatnya. Warna yang dipergunakan harus selasas atau memiliki  relevansi dengan latar belakang brand tersebut, seperti visi, misi, tujuan, nilai, dan target pasar. Pemilihan warna sendiri dapat berupa satu warna maupun kombinasi warna yang dapat membangun kesan yang diinginkan.

Apabila dipergunakan secara tepat dengan mempertimbangkan filosofi warna, maka warna tersebut akan memberikan kesan yang baik bagi perusahaan. Selain itu warna juga mampu mempengaruhi seseorang untuk merespon sebuah penawaran atau bahkan mengabaikannya secara langsung. Warna juga dapat dipergunakan untuk menegaskan target pasar dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Misalnya untuk usaha makanan, warna orange  banyak dipilih karena berdasarkan penelitian akan menarik nafsu makan. Untuk usaha di bidang lingkungan, warna hijau mungkin merupakan pilihan yang sesuai.

Baca juga:
Teori Warna https://informatika.uc.ac.id/id/2020/02/teori-warna-multimedia-4/

Nah bagaimana dengan warna identitas untuk School of Information Technology dan Program Studi Informatika Universitas Ciputra?

Warna Identitas Informatika UC

Warna Identitas Informatika UC

Hex: #177CC2

C:83    M:45    Y:0    K:0

R:24    G:124     B:194

Warna Bendera School of Information Technology