School of IT Universitas Ciputra Surabaya Gelar Virtual Olimpiade di Masa Pandemi

Sebagai salah satu rangkaian dari berbagai kegiatan untuk menyambut ulang tahun Universitas Ciputra Surabaya yang ke-15, School of Information Technology yang terdiri dari program studi Informatika (Informatics/IMT) dan program studi Sistem Informasi (Information System for Business/ISB) menyelenggarakan Extended IT Festival. Acara ini dilaksanakan oleh Student Union IMT dan Student Union ISB bekerjasama dengan Google Developer Groups Surabaya.

Kegiatan ini merupakan lomba yang diselenggarakan secara online dengan hadiah menarik yang dapat diikuti secara gratis! Kompetisi dilaksanakan bertepatan dengan berlangsungnya Olimpiade Tokyo 2020, dan memanfaatkan platform game yang dikembangkan Google. Pada lomba ini peserta menjadi atlet virtual, dan berlomba dalam memainkan Doodle milik Google edisi Olimpiade Tokyo 2020.

Acara ini diselenggarakan pada Hari Sabtu, 31 Juli 2021, dimulai dari pk. 08:00 hingga berakhir pada pk 12:00 WIB melalui plaform Zoom. Selain tersedia door prize, bagi para pemenang disediakan hadiah menarik:

  • 1st = IDR 600K + e-Certificate
  • 2nd = IDR 400K + e-Certificate
  • 3rd = IDR 200K + e-Certificate

Acara yang telah dilangsungkan ini berjalan secara seru dan menarik!. Lebih dari 100 peserta mendaftar dan mengikuti kegiatan ini, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain berasal dari  Sumatra, Kalimantan, Maluku, Natuna, Bali, dan dari berbagai provinsi di Pulau Jawa.

Terima kasih atas partisipasi semua peserta dalam memeriahkan acara ini. Selamat bagi yang telah memenangkan lomba, selamat menikmati hadiahnya.
Bagi yang belum beruntung, semoga setidaknya kegiatan hari ini menjadi pengalaman baru yang menyenangkan, dan sedikitnya menghibur kita semua yang masih banyak terkurung di rumah karena pandemi ini.

written by: SEW 20210731

Liputan Media Massa

SURABAYA, Tugujatim.id – Demam Olimpiade Tokyo 2020 dirasakan seluruh lapisan masyarakat seluruh dunia, tak terkecuali oleh para pemuda. Hal itulah yang mendasari gagasan tim School of Information Technology Universitas Ciputra (SIFT UC) Surabaya menginisiasi virtual olimpiade bertajuk “IT Festival Extended” pada Sabtu (31/07/2021).

Dekan School of Information Technology UC Dr Trianggoro Wiradinata menegaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari upaya rebrandingfakultas. Dia juga menjelaskan, kegiatan itu bentuk launching kerja sama dengan Metrodata.

“IT Festival Extended ini adalah lanjutan dari serangkaian acara rebrandingFakultas Teknologi Informasi menjadi School of Information Technology Faculty (SIFT, red) yang mengadakan acara webinar, launching kerja sama dengan partner yaitu Metrodata, serta launching fasilitas baru,” terangnya

Di sisi lain, SIFT yang di dalamnya adalah Program Studi Informatika dan Program Studi Information Systems for Business (ISB) menggandeng Google Developer Group (GDG) Surabaya sebagai partner dalam menyelenggarakan lomba yang ditujukan untuk siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat.

“Tidak kurang dari 100 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti lomba ini, yaitu dari Kabupaten Simalungun, Porsea (Sumut), Pontianak, Balikpapan (Kaltim), dan Samarinda (Kaltim),” sambungnya.

Ada juga dari Ambon (Maluku), Ranai (Natuna), Denpasar, Tabanan (Bali), Palembang (Sumsel), Jakarta, Jogja, Sukoharjo, Semarang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kudus, Karawang, Indramayu, Surakarta, Tangerang, Solo, Pasuruan, Bekasi, Probolinggo, dan Kediri.

Dosen PJ Acara Indra Maryati menuturkan, peserta seperti atlet, tapi atlet virtual dengan memainkan Doodle Game Olimpiade milik Google.

“Doodle-nya kami ambil sebagai alat lomba. Ini menarik banget karena belum ada lomba semacam itu. Kami mengambil sistem klasemen group dan final. Dan 100 peserta terbagi ke 10 group A-J,” bebernya.

Dia melanjutkan, sama seperti lomba atau olimpiade pada umumnya, di sini juga ada finalnya.

“Nanti 2 orang dari masing-masing group akan masuk final. Di final akan ada 20 orang yang merebutkan poin tertinggi di urutan 1-3,” imbuhnya.

Selain itu, Indra Maryati mengaku bahwa untuk masa pandemi yang semua serba terbatas beraktivitas, tidak seharusnya menutup kreativitasnya.

“Justru harus semakin tertantang memaksimalkan momen, dalam hal ini demam Tokyo Olimpiade 2020,” ujarnya.

Screenshot Times Indonesia

Screenshot Times Indonesia

source:

Universitas Ciputra Gagas Virtual Olimpiade di Masa Pandemi 

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/361647/universitas-ciputra-gagas-virtual-olimpiade-di-masa-pandemi

By |2021-08-02T10:03:47+07:00Juli 31st, 2021|Berita, Informatika UC di Media, Kegiatan, Kompetisi|

Share This Story, Choose Your Platform!

About the Author:

Stephanus Eko Wahyudi adalah dosen Teknik Informatika Universitas Ciputra yang juga bertugas menjadi Head of Department (Kaprodi) di departemen yang sama. Pendidikan sarjana ditempuhnya di bidang Teknik Informatika, sedangkan pasca-sarjana sebagai Master of Multimedia di Monash University Melbourne. Adapun bidang minat riset dan pengembangan adalah di bidang teknologi web based applications, mobile applications, multimedia applications, serta technopreneurship. Saat ini menempuh S3 di bidang Manajemen Teknologi Informasi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Go to Top