Kerjasama Metrodata Academy dengan School of Information Technology Universitas Ciputra Surabaya (SIFT-UC) diluncurkan melalui soft launching yang dilaksanaan bersamaan dengan pelantikan Rektor Universitas Ciputra Surabaya bersama jajaran Wakil Rektor. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juni 2021 ini dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai perguruaan tinggi, para pimpinan dari beberapa project Group Ciputra, serta rekan kerjasama lainnya. Pada kesempatan yang sama, Universitas Ciputra juga meluncurkan UC Tower, fasilitas terbaru berupa gedung 24 lantai, yang nantinya akan dimanfaatkan oleh beberapa fakultas.

Berkenan hadir di kegiatan soft launching kerjasama Fakultas Teknologi Informasi Universitas Ciputra Surabaya dengan Metrodata Academy ini adalah Bu Marlina Je S.Kom MM – Head Of Metrodata Academy. Pada kesempatan ini Bu Marlina memberikan pemaparan mengenai berbagai divisi di Metrodata Academy, dan berbagai kegiatan yang nantinya dapat diikuti oleh para mahasiswa dan umum, termasuk para professional di bidang teknologi informasi agar dapat terus mengasah talenta digitalnya.

Acara grand launching kerjasama ini nantinya akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2021, bertepatan dengan Festival IT, kegiatan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Ciputra Surabaya. Pada acara ini baik program studi Informatika maupun Sistem Informasi Bisnis akan menghadirkan serangkaian webinar, pameran, serta tidak ketinggal workshop dan lomba yang dapat diikuti oleh para siswa SMA.

Acara pelantikan Rektor beserta Wakil Rektor Universitas Ciputra 2021-2025, soft launching kerjasama SIFT UC dengan Metrodata Acarademy, serta launching UC Tower ini mendapatkan perhatian dari media massa. Berikut adalah beberapa liputan media massa yang tercatat:

Selamat, Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Kembali Jabat Rektor Universitas Ciputra

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc. kembali dilantik menjadi Rektor Universitas Ciputra untuk masa jabatan 2021-2025.

Yohannes memaparkan bahwa periode ini akan didampingi tiga (3) wakil rektor yaitu : Prof. Dr. Ch. Whidya Utami, SE., M.M., CPMA sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik; Laij Victor Effendi, S.E., M.M., CMA Wakil Rektor 2 Bidang Operasional; dan Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog sebagai Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaaan dan Pengembangan.

Pelantikan Rektor oleh Executive Board Yayasan Ciputra Pendidikan dihadiri oleh Ketua Senat dan Ketua LLDikti Wilayah VII pelantikan yang bertempat di Dian Auditorium Universitas Ciputra pada Senin,(14/6/2021).

Dalam pidato perdananya, Yohannes memaparkan program yang akan dilaksanakan semasa masa jabatannya 4 tahun ke depan. Diantaranya membuka kesempatan partnership yang lebih luas dengan stakeholder baik Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri, industri, non-governmental organization, dan organisasi profesi.

Hal ini merupakan upaya dalam merespons kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Milestone Universitas menjadi Leading University Toward International Recognition.

Setelah dilantik Yohannes langsung melaksanakan UC Metrodata Academy Soft Launching dilanjutkan dengan UC Tower Launching.

Yohannes menjelaskan bahwa Universitas Ciputra Surabaya adalah kampus swasta pertama Surabaya yang mendapat kepercayaan dari PT Metrodata Electronics, Tbk untuk membuka kerjasama. “Kerjasama ini akan membuka lebar peluang bagi mahasiswa, lulusan, maupun masyarakat umum yang ingin ber-intrapreneur dalam bidang teknologi,” terang Yohannes.

Rektor Universitas Ciputra ini menuturkan bagi para mahasiswa yang mendaftar di prodi baru Metrodata Academy, akan diberi pengajaran mengenai aplikasi berteknologi tinggi. “Peserta akan dibimbing dalam pengembangan aplikasi secara professional berkelas dunia. Bahkan dengan kerjasama ini peluang bergabung dengan perusahaan besar seperti IBM, Microsoft dan Oracle akan terbuka lebar,” imbuh Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc .(*)

sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/352581/selamat-ir-yohannes-somawiharja-msc-kembali-jabat-rektor-universitas-ciputra

Pewarta: | Editor: Faizal R Arief

Screenshot Times Indonesia

Screenshot Times Indonesia

 

Rektor Baru UC, Tambah Fasilitas Belajar agar Mahasiswa Capai Pembelajaran Maksimal

Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc., Senin (14/6/2021) kembali dilantik menjadi Rektor Universitas Ciputra (UC) Surabaya untuk masa jabatan 2021-2025. Yohannes memaparkan bahwa periode ini akan didampingi tiga wakil rektor yaitu: Prof. Dr. Ch. Whidya Utami, SE., M.M., CPMA sebagai Wakil Rektor 1- Bidang Akademik; Laij Victor Effendi, S.E., M.M., CMA sebagai Wakil Rektor 2 – Bidang Operasional serta Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., Ph.D., Psikolog sebagai Wakil Rektor 3 – Bidang Kemahasiswaaan dan Pengembangan Universitas Ciputra.

Dalam sambutannya Yohannes memaparkan program yang akan dilaksanakan semasa masa jabatannya 4 tahun kedepan, diantaranya adalah membuka kesempatan partnership yang lebih luas dengan stakeholder baik Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri, Industri, Non-Governmental Organitation, serta Organisasi profesi. Hal ini merupakan upaya dalam merespon kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Milestone Universitas menjadi Leading University Toward International Recognition. Usai dilantik Yohannes langsung meresmikan UC Metrodata Academy Soft Launching dilanjutkan dengan UC Tower Launching.

Yohannes menjelaskan bahwa Universitas Ciputra Surabaya adalah kampus swasta pertama Surabaya yang mendapat kepercayaan dari P.T. Metrodata Electronics, Tbk. “Kerjasama ini akan membuka lebar peluang bagi mahasiswa, lulusan, maupun masyarakat umum yang ingin ber-intrapreneur dalam bidang teknologi,” terang Yohannes.

“Peserta akan dibimbing dalam pengembangan aplikasi secara profesional berkelas dunia. Bahkan dengan kerjasama ini peluang bergabung dengan perusahaan besar seperti IBM, Microsoft dan Oracle akan terbuka lebar,” katanya. Untuk soft-launching ini dihadiri langsung Marlina Je S.Kom MM – Head Of Metrodata Academy.

Tidak hanya memerluas kerjasama, Universitas Ciputra Surabaya juga menambah fasilitas baru bagi mahasiswa sebagai sarana tercapainya tujuan belajar. “UC Tower yang hari ini akan di launching, dibangun total sebanyak 24 lantai yang terdiri kelas, ruang kolaborasi, simulasi bisnis, laboratorium, studio, theater, student lounge, business incubator, ruang unit kegiatan mahasiswa, area parkir, lapangan basket indoor sekaligus Multi Purpose Hall untuk event berkapasitas 1000 orang,” papar Victor Wakil Rektor Bidang Operasional.

“Kami hadirkan juga karya dan prestasi mahasiswa seperti karya mahasiswa Fashion Produk Design akan dipamerkan dalam kemasan fashion show juga pameran produk mahasiswa di lantai 14 sampai 18,” pungkas Yohannes. Rektor berharap dengan progam-program dan fasilitas modern ini, mahasiswa dapat belajar dengan nyaman sehingga mampu mencapai pembelajaran maksimal.(tok/frh/ipg)

Sumber: https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/rektor-baru-uc-tambah-fasilitas-belajar-agar-mahasiswa-capai-pembelajaran-maksimal/

Laporan oleh J. Totok Sumarno

Screenshot Suara Surabaya Media

Screenshot Suara Surabaya Media

 

Universitas Ciputra dan Metrodata Academy Luncurkan Program Pelatihan Digital

SURABAYA – Metrodata Academy turut mendukung program pelatihan talenta digital berkolaborasi dengan Universitas Ciputra, Surabaya.

Dalam kolaborasi tersebut, Metrodata Academy akan memberikan empat program, yaitu: Metrodata Training, Metrodata IT Camp, Metrodata Internship, dan Metrodata Mengajar.

“Salah satu bentuk kerjasama Metrodata Academy dan Universitas Ciputra adalah dalam penyelenggaraan Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI bagi mahasiswa Universitas Ciputra. Sebagai mitra resmi dari brand teknologi besar seperti Microsoft, Oracle, EC-Council, Red Hat, serta CompTIA, Metrodata Academy akan memberikan pilihan sertifikasi berstandar internasional bagi mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja dimasa depan,” ujar Herryanti Herman, Director PT Mitra Integrasi Informatika.

Berbekal pengalaman PT Metrodata Electronics, Tbk lebih dari 45 tahun, Metrodata Academy dan Universitas Ciputra akan bahu membahu membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Surabaya dan Jawa Timur, maupun profesional yang ingin mendapatkan pelatihan dan sertifikasi dari brand teknologi kelas dunia.

“Sehingga mahasiswa siap dalam menghadapi kebutuhan industri dengan kemampuan literasi digital yang sudah dipelajari sebelumnya,” Herryanti menambahkan.

Metrodata sebagai salah satu perusahaan TI terbesar di Indonesia berkomitmen ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya pengembangan potensi talenta digital, baik untuk IT Professional maupun mahasiswa.
Didukung oleh Principal dan lisensi training center, Metrodata menghadirkan pembelajaran oleh tim yang kompeten dan tersertifikasi dibidangnya.

Selain itu, Metrodata Academy menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Merdeka Belajar, yaitu Kampus Merdeka dengan mengubah ruang kelas, guru dan murid tidak terbelenggu sekat-sekat dinding sekolah.

“Program magang dan kelas pembelajaran (Metrodata Coding Camp dan Metrodata Security Camp) melalui pembelajaran TI yang inovatif, kreatif dan kolaboratif agar mampu bersaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” ujar Marlina Je, Head of Metrodata Academy PT Mitra Integrasi Informatika.

Peluncuran kerjasama tersebut juga bertepatan dengan pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Ciputra periode 2021 – 2025 di Surabaya.

“Setelah sukses bekerjasama dengan Apple Incorporation pada tahun 2019 dengan mendirikan Apple Developer Academy at UC, saat ini Universitas Ciputra terus berinovasi dan mengembangkan kerjasama. Tahun ini kami mengawali kerjasama dengan Metrodata Group melalui salah satu divisinya Metrodata Academy,” kata Dr. Trianggoro Wiradinata, dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Universitas Ciputra.

Metrodata Academy merupakan produk inovasi dan kreatif yang di inisiasi dari koloborasi Application Development Division, Certified Training, HR dan Managed Service Business Unit.

Metrodata Academy tetap mengacu pada area Pendidikan di mana Pendidikan tidak hanya dilakukan dalam lingkungan kampus, namun dapat dilakukan melalui pelatihan di luar kampus.

sumber: https://kabarjatim.com/2021/06/15/universitas-ciputra-dan-metrodata-academy-luncurkan-program-pelatihan-digital/

oleh: 

Screenshot Kabar Jatim

Screenshot Kabar Jatim

 

Metrodata Academy-Universitas Ciputra Berkolaborasi Luncurkan Program Pelatihan Digital

SURABAYA–PT Mitra Integrasi Informatika, salah satu entitas anak PT Metrodata Electronics Tbk (IDX: MTDL) yang fokus dibidang Bisnis Solusi & Konsultasi, melalui divisinya yang berkaitan dengan pendidikan khususnya dalam bidang TI yaitu Metrodata Academy turut mendukung program pelatihan talenta digital berkolaborasi dengan Universitas Ciputra, Surabaya.

Pelatihan digital diperlukan untuk memperkuat kemampuan SDM Indonesia.

Hal ini tidak dapat tercapai jika hanya dilakukan oleh pemerintah, namun diperlukan kolaborasi dengan perguruan tinggi, swasta dan pemerintah.

Dalam kolaborasi tersebut, Metrodata Academy akan memberikan 4 (empat) program, yaitu: Metrodata Training, Metrodata IT Camp, Metrodata Internship, dan Metrodata Mengajar.

“Salah satu bentuk kerjasama Metrodata Academy dan Universitas Ciputra adalah dalam penyelenggaraan Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI bagi mahasiswa Universitas Ciputra,” ujar Director PT Mitra Integrasi Informatika, Herryanti Herman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/6).

“Sebagai mitra resmi dari brand teknologi besar seperti Microsoft, Oracle, EC-Council, Red Hat, serta CompTIA, Metrodata Academy akan memberikan pilihan sertifikasi berstandar internasional bagi mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja dimasa depan,” terangnya.

Berbekal pengalaman PT Metrodata Electronics, Tbk lebih dari 45 tahun, Metrodata Academy dan Universitas Ciputra akan bahu membahu membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Surabaya dan Jawa Timur, maupun profesional yang ingin mendapatkan pelatihan dan sertifikasi dari brand teknologi kelas dunia.

“Sehingga mahasiswa siap dalam menghadapi kebutuhan industri dengan kemampuan literasi digital yang sudah dipelajari sebelumnya,” tuturnya.

Metrodata sebagai salah satu perusahaan TI terbesar di Indonesia berkomitmen ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya pengembangan potensi talenta digital, baik untuk IT Professional maupun mahasiswa.

Didukung oleh Principal dan lisensi training center, Metrodata menghadirkan pembelajaran oleh tim yang kompeten dan tersertifikasi dibidangnya.

Selain itu, Metrodata Academy menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Merdeka Belajar, yaitu Kampus Merdeka dengan mengubah ruang kelas, guru dan murid tidak terbelenggu sekat-sekat dinding sekolah.

“Program magang dan kelas pembelajaran (Metrodata Coding Camp dan Metrodata Security Camp) melalui pembelajaran TI yang inovatif, kreatif dan kolaboratif agar mampu bersaing dalam menghadapi revolusi industri 4.0”, ujar Marlina Je, Head of Metrodata Academy PT Mitra Integrasi Informatika.

Peluncuran kerjasama tersebut juga bertepatan dengan pelantikan Rektor dan Wakil Rektor Universitas Ciputra periode 2021-2025 di Surabaya.

“Setelah sukses bekerjasama dengan Apple Incorporation pada tahun 2019 dengan mendirikan Apple Developer Academy at UC, saat ini Universitas Ciputra terus berinovasi dan mengembangkan kerjasama,” kata Dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Universitas Ciputra, Dr. Trianggoro Wiradinata, S.T., M.Eng.Sc.

Baca : Industri TPT Jadi Sektor Strategis dan Prioritas

“Tahun ini kami mengawali kerjasama dengan Metrodata Group melalui salah satu divisinya Metrodata Academy,” imbuhnya.

Metrodata Academy merupakan produk inovasi dan kreatif yang di inisiasi dari koloborasi Application Development Division, Certified Training, HR dan Managed Service Business Unit.

Metrodata Academy tetap mengacu pada area Pendidikan dimana Pendidikan tidak hanya dilakukan dalam lingkungan kampus, namun dapat dilakukan melalui pelatihan diluar kampus.

sumber: https://www.beritamoneter.com/2021/06/metrodata-academy-dan-universitas-ciputra-berkolaborasi-luncurkan-program-pelatihan-digital/

Screenshot Berita Moneter

Screenshot Berita Moneter

written by: 20210616 SEW