Kurikulum Informatika seperti halnya kurikulum program studi lainnya, perlu untuk dievaluasi dan dikembangkan secara berkala, umumnya setiap 4 tahun sekali. Hal ini bertujuan agar kurikulum dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan yang terus berkembang, terutama perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian cepatnya.

Diskusi Kurikulum Informatika Bersama Metrodata Academy

Pada tanggal 15 Juni 2021 telah dilaksanakan pertemuan dengan perwakilan Metrodata untuk melaksanakan Focus Group Discussion (FGD). Diskusi dengan salah satu Industri IT Solution terbesar di Indonesia ini adalah berkaitan upaya Program Studi untuk meningkatkan mutu kurikulum secara berkala. Kurikulum Program Studi yang berlaku saat ini telah berlaku sejak 2018 dan akan diperbaharui setiap 4 tahun sekali, sehingga kurikulum baru akan diterapkan mulai 2022. Hal ini dimaksud agar kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri serta mengikuti dan mengantisipasi perkembangan teknologi untuk 4 tahun berikutnya.

Diskusi Kebutuhan Industri dengan Metrodata

Diskusi Kurikulum Infomatika sesuai Kebutuhan Industri dengan Metrodata

Pentingnya Soft skill dalam Kurikulum Informatika

Menurut Pak Joko Santosa yang merupakan Technical Trainer Metrodata Academy, softskill merupakan salah satu kemampuan sangat penting untuk dikuasai mahasiswa. Alumni yang fresh-graduate perlu memiliki rasa percaya diri dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, agar berbagai ide dan kemampuan yang dimilikinya dapat tersampaikan dengan baik. Kemampuan ini sangat dibutuhkan pada saat mencari pekerjaan, berdiskusi dalam team, serta presentasi baik di lingkup terbatas maupun publik.

Terkait dengan kemampuan teknis, banyak fresh graduate yang mengetahui dan pernah mencoba mempelajari berbagai hal, namun seringkali kurang fokus. Hal ini mengakibatkan pengetahuan dan kemampuan hanya di permukaan dan kurang penguasaan secara mendalam. Untuk itu, mahasiswa perlu fokus dan  saat mendalami bahasa pemrograman maupun logic yang dipelajarinya sehingga dapat membentuk keahlian atau expertise sesuai diharapkan.

Mahasiswa juga perlu didampingi agar konsisten dalam berkerja dan perlu dilatih agar dapat fokus dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan yang dibebankan. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi kebanyakan mahasiswa serta meningkatkan kepercayaan diri bahwa mereka sanggup untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Terkait dengan materi, ke depan akan semakin timbul trend ke arah robotic yang memanfaatkan high-end technology & Artificial Intelligence sebagai otaknya. Dalam hal ini kemampuan dasar algoritma dan pemrograman merupakan bekal penting, salah satu kemampuan dasar yang sangat dibutuhkan serta tidak boleh ditinggalkan.

Evaluasi dan Diskusi Kurikulum Informatika UC 2022 dengan Metrodata

Evaluasi dan Diskusi Kurikulum Informatika UC 2022 dengan Metrodata

written by: 20210713 SEW based on Mychael Maoeretz Engel reports