LINE Indonesia yang diwakili oleh Pak Matthew (Software Engineer) dan Aprianil Sesti Rangga (Dev Rel), melakukan pertemuan dengan Kaprodi Informatika UC Stephanus Eko Wahyudi serta Dekan School of Information Technology UC Bapak Dr. Trianggoro Wiradinata pada tanggal 18 Juni 2021 yang lalu. Pertemuan ini merupakan acara perkenalan Dekan School of Information Technology dengan LINE Indonesia. Pada kegiatan ini dibicarakan mengenai masukan industri untuk kebutuhan lulusan Informatika. Selain itu juga dilakukan untuk diskusi dengan kemungkinan kerjama yang dapat dilakukan.

Berdasarkan hasil dikusi, Pak Matthew mengatakan bahwa untuk saat ini kebutuhan terhadap lulusan Informatika baik secara umum maupun secara khusus di LINE adalah terkait dengan softskill, culture, dan hard skill.

Dari sisi softskill, beliau berpendapat, bahwa tuntutan untuk saat ini adalah kemauan dan kemampuan untuk belajar secara mandiri serta memiliki kejujuran. Sebuah team seringkali terhambat dalam menyelesaikan pekerjaan apabila ada anggota team yang mengedepankan ego pada saat mengalami masalah dan menyembunyikannya. Seorang anggota team harus jujur dan mengatakan tidak memahami atau menguasai apabila memang kondisi yang ada adalah seperti itu. Namun demikian, tentunya tidak serta merta sesorang anggota team terus menerus mengatakan tidak menguasai, namun harus memiliki daya juang dan kemauan serta kemampuan untuk memecahkan masalah dan belajar terus menerus untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya.

Dari sisi culture yang harus dimiliki semua anggota team, setiap anggota team harus memiliki ownership berupa pengalaman dalam mengerjakan berbagai project dan pengalaman menghadapi berbagai kendala dan mencari solusinya. Anggota team harus mau membagikan pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya ke anggota team yang lain sehingga team dapat berkembang dan memiliki kemampuan yang terus bertumbuh. Setiap anggota team harus memiliki culture berupa trust, dimana mereka harus mempercayai anggota team yang lain, dan juga memiliki respect dimana mereka harus menghargai setiap anggota team lainnya. Tidak kalah pentingnya adalah bahwa setiap anggota team harus mau dan mampu melakukan inovasi untuk dapat mengembangkan produk yang memberikan solusi yang bermanfaat.

Terkait dengan kemampuan teknikal yang harus dimiliki khususnya di LINE, seorang alumni Informatika harusnya menguasai algoritma dalam pemrograman dengan baik, termasuk di dalamnya memahami algorithm complexity, bagaimana cara kerja Internet, penguasaan bahasa pemrograman dan teknologinya. Selain itu, mereka juga harus mampu bekerjasama dengan memanfaatkan collaboration tools serta mampu mendayagunakan sumber informasi yang tersedia di Internet.

Terima kasih LINE Indonesia, masukan yang sangat berharga ini akan dimanfaatkan dengan sebaikbaiknya untuk mengembangkan kurikulum Program Studi Informatika, baik untuk track Artificial Intelligence maupun untuk track Mobile Apps Development.

 

written by: 20210713 SEW