WA kena Hack dari penipu yang mengaku kasir Indomaret salah transfer voucher game? Bagaimana mengatasinya? simak artikel ini.

Registrasi nomer handphone (HP) nampaknya tidak mengurangi terjadinya modus penipuan dengan meretas akun Whatsapp. Kasus yang banyak ditemui sejak tahun 2020 hingga 2021 ini adalah kasus penipuan yang dilakukan dengan modus meminta kode voucher game yang dilakukan kasir Indomaret. Adapun alasan yang disebutkan adalah salah kirim ke nomor HP tujuan. Apabila ditanggapi, maka penipu akan berupaya menggugah empati dan simpati kita dengan alasan apabila tidak dikembalikan maka dia yang akan mengganti kerugian.

Perlu dipahami bahwa dalam kasus ini nama Indomaret dicatut dan dirugikan karena disangkutpautkan oleh orang yang tidak bertanggung-jawab.Modus yang sudah beredar cukup lama ini, nampaknya cukup mengkuatirkan, karena hingga saat ini masih banyak orang yang tertipu. Masih banyak korban yang  memberikan One Time Password atau OTP yang merupakan kode keamanan dari akses ke aplikasi chat nomer satu di dunia ini, sehingga WA yang dimiliki dibajak oleh penpu. Kode itu sejatinya OTP itu dibutuhkan oleh penipu yang menginstall WA pada sebuah hp.

WA dari penipu yang menyaru sebagai kasih Indomaret

WA dari penipu yang menyaru sebagai kasih Indomaret

Pada kasus salah kirim kode voucher game yang mengaku dari kasir Indomaret ini, penipu mendaftarkan nomer telepon WA yang ditarget pada sebuah device baru, yang mana WA akan mengirimkan OTP pada perangkat mobile dari korban. Kemudian penipu akan menyaru sebagai Kasir Indomaret dan mengirimkan pesan ke calon korban dengan alasan salah input nomor telepon HP,  dan mengalami kerugian karena voucher game Fishinggo terkirim ke nomor korban. Penipu kemudian akan meminta korban untuk mengirimkan kode yang tertulis dalam Bahasa Thailand atau bahasa lain yang tidak dimengerti orang Indonesia, sehingga calon korban tidak merasa curiga.

OTP WA yang disebut sebagai Kode Voucher Game sehingga WA Kena Hack Kasir Indomaret

OTP WA yang disebut sebagai Kode Voucher Game sehingga WA Kena Hack Kasir Indomaret

Hal ini dimungkinkan dimada pada saat kode tersebut dikirimkan ke penipu, maka WhatsApp (WA)  korban akan dinonaktifkan dan akan dipindahkan pada perangkat (hp) penipu, dan korban tidak bisa lagi mengakses WA tersebut lagi. Semua chat dan juga nomer hp yang ada di akun WA korban akan dapat diakses oleh penipu, yang mana kemudian penipu akan mencoba untuk menipu semua kontak yang ada dengan cara yang sama.

Bagaimana cara menyelamatkan WA Kena Hack Kasir Indomaret?

Akun yang dibajak atau diambil-alih penipu masih dapat diselematkan jikalau sim card dengan nomer hp yang dipergunakan untuk WA masih dikuasai oleh korban.

Cara termudah adalah dengan melakukan proses uninstall dan kemudian menginstall ulang WA pada perangkat korban. Pada saat menginstall ulang, maka OTP akan dikirimkan ke perangkat hp yang terpasang dengan nomer telepon yang dipergunakan untuk WA yang dibajak. Setelah proses ini dilakukan, maka WA pada perangkat penipu akan dinonaktifkan.

Bagaimana mengamankan WA sudah tidak dengan mudah dibajak?

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat lebih mengamankan akun WA yang dimiliki adalah dengan mengaktifkan fitur two-step verification pada WhatsApp. Kode PIN two-step verification perlu diamankan sebagai pengaman yang bersifat rahasia dan tidak diberitahukan kepada orang lain.

Two-step verification dapat diaktifkan dengan prosedur sebagai berikut:

  • Tap pada icon tiga titik di pojok kanan pada saat aplikasi WhatsApp dibuka.
  • Pilih menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih menu Account
  • Pilih menu Two-step verification.
  • WhatsApp akan meminta kita menggunakan PIN untuk mengaktifkan Two-step verification.
  • Tap pada tombol Enable yang terdapat di bagian bawah untuk mengaktifkannya.
  • Masukkan PIN berupa angka sebanyak 6 digit yang mudah untuk diingat namun tidak dikaitkan dengan angka yang mudah diketahui orang lain, misalnya tanggal lahir, nomer rumah, atau nomer sejenisnya.
  • WhatsApp kemudian akan meminta kita untuk mengetikkan alamat email yang akan dipergunakan sebagai pengaman untuk WhatsApp, yang akan berguna pada saat  kita ingin mengganti PIN.
  • Tap Done atau selesai untuk menyimpan PIN dan mengaktifkan Two-step Verification.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat!

written by: SEW 20210531