Kebutuhan server untuk pengembangan web development cukup banyak dan membutuhkan proses instalasi yang cukup rumit terutama untuk pemula, karena adanya beberapa perangkat lunak yang harus diinstal, antara lain: web server, PHP, dan MYSQL. Selain itu seringkali terjadi masalah apabila ada komponen yang dibutuhkan dan tidak dikonfigurasi maupun diinstal di sistem.

Namun demikian, pada saat ini tersedia berbagai paket perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan oleh developer untuk dapat melakukan instalasi dengan mudah. Dengan menggunakan paket perangkat lunak tersebut developer tidak perlu menginstal masing-masing secara terpisah dan kemudian melakukan proses konfigurasi masing-masing.

Paket Software untuk Kebutuhan Server Web dan Database

Beberapa software yang tersedia di pasaran yang dapat diunduh dan dimanfaatkan secara gratis antara lain: XAMPP, MAMP, LAMP, WAMP, dan masih banyak lagi. XAMPP merupakan salah satu paket instalasi web server yang lengkap dan memiliki banyak add-ons, misalnya untuk proses instalasi WordPress, Moodle, dan banyak lain lainnya. Silahkan check situs web https://www.apachefriends.org/add-ons.htmluntuk mendapatkan daftar add ons yang tersedia. Oleh karena itu pada tutorial ini akan dipergunakan XAMPP yang cukup populer dan selalu diperbaharui dengan komponen paket yang terupdate.

Proses instalasi server dapat dilakukan dengan melakukan terlebih dahulu proses download dari installer XAMPP dari situs web resminya. Berikut adalah tampilan situs web resmi XAMPP yang dapat diakses pada alamat: https://www.apachefriends.org/index.html.

Situs Web XAMPP untuk memenuhi kebutuhan server Web dan Database

Situs Web XAMPP untuk memenuhi kebutuhan server Web dan Database

Silahkan mengunduh dan melakukan proses instalasi server sesuai dengan system operasi yang dipergunakan. Pada halaman depan situs web tersebut telah tersedia link untuk mendownload XAMPP untuk masing-masing sistem operasi yang diinginkan.

Secara teknis berikut adalah kebutuhan sistem yang disediakan oleh webserver. Apabila telah memiliki konfigurasi server web dengan menggunakan Apache, bisa dilakukan pemeriksaan sistem dengan memanfaatkan fungsi phpinfo().

  • PHP >= 7.1.3
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • JSON PHP Extension
  • BCMath PHP Extension

Text Editor

Semua program yang dikembangkan akan disimpan dalam bentuk murni teks. Pengguna dapat menentukan text editor yang sudah seringkali dipakai pada mata kuliah atau project lain. Namun demikian disarankan penggunaan teks editor yang memiliki fitur yang dapat membantu dalam pembuatan program, baik dari segi kemudahan maupun kecepatan.

Beberapa aplikasi text editor yang dapat dimanfaatkan secara gratis antara lain: Notepad++, Sublime Text, Atom, dan Visual Studio Code. Praktikum akan dilakukan dengan memanfaatkan Visual Studio Code (Gambar 3) yang dikembangkan oleh Microsoft, mengingat text editor ini memberikan dukungan yang baik kepada pengembangan situs web dengan Laravel serta saat ini merupakan text editor yang semakin banyak dimanfaatkan oleh programmer. Visual Studio Code dapat didownload pada https://code.visualstudio.com/.

Visual Studio Code

Visual Studio Code

Bash

Pengembangan situs web dengan menggunakan framework Laravel akan banyak membutuhkan penggunaan perintah command line. Perintah command line yang banyak dipergunakan saat ini adalah dengan memanfaatkan perintah Linux yang juga dapat dimanfaatkan pada platform sistem operasi MacOSX (Apple).

Bagi pengguna Windows, disarankan untuk melakukan proses instalasi Bash sehingga dapat memanfaatkan fitur yang sama yang ditemui pada platform Linux maupun pada platform MacOSX tersebut. Salah satu cara untuk menginstall Bash pada Windows yang disarankan adalah dengan menginstalasi GitHub for Desktop yang diantara memiliki fitur GitBash.

GitHub for Desktop

GitHub for Desktop

Git dapat didownload pada https://git-scm.com/download/win. Setelah menginstalasi maka akan muncul pilihan Bash pada Terminal. Terminal dapat diakses pada Visual Studio Code melalui menu View > Terminal. Untuk memanfaatkan Bash, dapat dipilih pada dropdown yang terletak di kanan atas.

Terminal pada Visual Studio Code

Terminal pada Visual Studio Code

Instalasi Composer

Composer merupakan salah satu dependency manager yang dipergunakan untuk melakukan instalasi Laravel development pada komputer developer agar semua modul yang dibutuhkan dapat didownload dan diinstal pada sistem. Laravel menggunakan Composer untuk mengatur dependencies (modul terkait). Sebelum menginstall Laravel harap menginstall Composer terlebih dahulu.

Composer Dependency Manager for PHP untuk memastikan kebutuhan server pengembangan web

Composer Dependency Manager for PHP untuk memastikan kebutuhan server pengembangan web

Berikut adalah prosedur untuk melakukan instalasi Composer pada Sistem Operasi Windows:

  • Langkah 1: buka Browser, ketik alamat https://getcomposer.org/download/
  • Langkah 2: scroll downsampai pada bagian Windows Installer
  • Langkah 3: klik pada link Composer-Setup.exeuntuk download Composer
  • Langkah 4: klik 2x file Composer-Setup.exeuntuk memulai instalasi
  • Langkah 5: klik Next > sampai pada Menu Settings Check, kemudian temukan path exe di WampServer, pada komputer saya C:\wamp\bin\php\php5.5.12, kemudian klik Next >, sampai ketemu tombol Finish

Langkah 5 tersebut di atas apabila menggunakan WAMP untuk menginstalasi web server dan berbagai kebutuhan server lainnya. Langkah berikut adalah untuk memastikan apakah proses instalasi Composer telah berhasil dilakukan:

  • Langkah 1: buka Start Menu Windows, pada kotak Search programs and files, ketikan cmd, lalu Enter.
  • Langkah 2: maka akan tampil jendela Windows Command Prompt.
  • Langkah 3: ketikan perintah composer, lalu tekan Enter
Hasil Perintah Composer Apabila Proses Instalasi Kebutuhan Server Berhasil

Hasil Perintah Composer Apabila Proses Instalasi Kebutuhan Server Berhasil

Berikut adalah prosedur untuk melakukan instalasi Composer pada Sistem Operasi Mac OSX:

Copy to Clipboard

Agar dapat mengakses perintah Composer dari folder manapun, pastikan untuk memasukkan /vendor/bin dari composer ke dalam $PATH. Folder ini terletak di folder berbeda untuk system yang berbeda, antara lain:

macOS: 

Copy to Clipboard

GNU / Linux Distributions: 

Copy to Clipboard

Windows:

Copy to Clipboard

Instalasi Laravel

Instalasi Laravel pada MacOSX maupun Linux dapat menggunakan Terminal sedangkan pada Windows menggunakan Command Prompt.

Berikut adalah perintah untuk melakukan instalasi Laravel pada MacOSX:

Copy to Clipboard

Catatan: tanda $ merupakan tanda bash, pada Windows biasanya tertulis misalnya C://

Tampilan Layar pada saat perintah instalasi dijalankan pada system yang telah memiliki Laravel

Tampilan Layar pada saat perintah instalasi dijalankan pada system yang telah memiliki Laravel

  • Berikut adalah perintah untuk instalasi Laravel pada Windows:
    • Open Window’s CMD or PowerShell
Copy to Clipboard
  • Install Laravel
Copy to Clipboard