Apaan sih Internet of  Things atau sering disingkat dengan IoT? Mengapa IoT begitu banyak dibicarakan pada beberapa tahun terakhir?

Kuliah Tamu Internet of Things

Demi memberikan wawasan mengenai IoT kepada para mahasiswa Teknik Informatika program Information & Multimedia Technology (IMT) dan Management Information System (MIS) Universitas Ciputra, pada tanggal 5 September 2016 diadakan kuliah tamu dengan dosen tamu yang sudah memenangkan berbagai penghargaan.

Dosen tamu yang dimaksud adalah Sofian Hadiwijaya, seorang praktisi teknologi informasi yang telah memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan maupun dalam Tech Startup. Data Scientist, Technology Evangelist, Creative Technologist, Robotic Enthusiast, dan segudang keahlian yang beliau miliki. Pemenang Blackberry Jam Hackathon di Jakarta dan Bangkok pada tahun 2012 ini, saat ini bekerja di Pinjam Indonesia sebagai Technology Advisor.

 

Suasana kuliah tamu Internet of ThingsSuasana kuliah tamu Internet of Things

 

Internet of Things is the Future?

Diawali dengan cerita pengalaman pada saat menerima tantangan Google HackFair untuk mengontrol Drone dengan menggunakan Smart Watch. Berikutnya beliau mengupas habis mengenai apa itu Internet of Things dan berbagai aplikasinya.

Internet of Things: Membuat apa saja menjadi pintar, misalnya jam tangan biasa menjadi jam tangan pintar

Kang Sofian menyampaikan, bahwa pemanfaatan IoT sangatlah luas, dan tidak terbatas pada::

  • Business/Manufacturing
  • Health Care
  • Retail
  • Security
  • Transportation
  • Smart Home

Ada 3 hal yang menjadi fokus utama dari pemanfaatan IoT, yaitu: Sensors, Connectivity, People & Processes. Selaras dengan itu adalah 3 hal utama yang saat ini menjadi momok bagi generasi muda, yaitu: Internet/Wifi yang lambat, waktu loading lama, serta low battery. Hal ini berlaku pula bagi pemanfaatan IoT, sehingga dibutuhkan sebuah device dan pemanfaatan teknologi yang ringan/efisien serta penggunaan baterai yang juga rendah. Berbagai teknologi yang saat ini tersedia dikupas habis pada sesi kuliah tamu ini.

Tanya jawab beberapa peserta yang antusias mengenai Internet of Things (IoT)

Tanya jawab beberapa peserta yang antusias mengenai Internet of Things (IoT)

Setelah pemaparannya, Kang Sofian menunjukkan berbagai contoh aplikasi dari IoT yang telah pernah digarapnya. Mulai dari yang sekedar muntuk iseng maupun untuk yang serious. Salah satu contoh keisengan yang pernah dibuatnya adalah portable Insta Print yang merupakan apps untuk Wefie yang memudahkan undangan sebuah acara perkawinan untuk Wefie dengan mempelai sekaligus mendapatkan souvenir tak terlupakan berupa hasil cetak foto tersebut. Contoh lain adalah pemanfaatan gadget untuk smarthome yang dapat mengontrol nyala matinya sebuah lampu. Penggunaan berbagai sensor dan camera CCTV untuk menghitung jumlah beban kendaraan yang lewat di sebuah jalan juga merupakan salah satu contoh menarik yang ditampilkannya dalam sesi ini.

Akhirnya sesi ditutup dengan foto bersama seluruh peserta acara ini. Semoga lebih banyak lagi acara sejenis yang bermanfaat bagi mahasiswa!

Foto bersama di akhir sesi kuliah tamu Internet of Things

Foto bersama di akhir sesi kuliah tamu Internet of Things

written by: 20160905 SEW