Foto Turis? Tidak mungkin kalau liburan tidak ada foto kenang-kenangan. Apalagi jika sedang berlibur ke Singapura, banyak spot-spot foto yang dapat kita temui. Mulai dari spot iconic seperti Merlion, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, sampai tempat-tempat yang unik seperti di Chinatown, Bugis Street dan di Orchard Road.

Jepret!
eh bagus juga nih, upload dulu ah ke Instagram.

Jepret!
Upload lagi ah ke Facebook.

Ya begitu lah traveling. Semua orang pasti melakukan hal yang sama jika sedang jalan-jalan keluar negeri. Ada yang unik langsung di jepret! Tapi tahukah anda kalau di salah satu mall di Singapore terdapat layanan Social Wall yang menurut penulis adalah salah satu spot yang harus di kunjungi selagi berwisata di kota Singa ini?

J-Avenue Social Wall, tempat Foto Turis yang sayang dilewatkan di Singapore

Layanan yang diberi nama J-Avenue Social Wall ini merupakan salah satu inovasi oleh orang-orang kreatif dimana melalui tembok interaktif ini para penggunanya akan dapat membagikan moment terbaik ke media sosial miliknya serta ditampilkan di layar raksasa yang terdapat di tempat itu.

Pada saat studi ekskursi mahasiswa Teknik Informatika program IMT di Singapore pada Bulan Januari 2016 yang lalu, salah satu peserta ada berkesempatan mencoba perangkat teknologi informasi ini di salah satu mall terkenal di Singapura. Dindingnya terbuat dari layar LED raksasa berukuran panjang 4 meter dan lebar 3 meter. Di layar LED tersebut terpampang banyak sekali foto-foto selfie pengunjung mall yang menggunakan social wall ini. Letak dari layar tersebut juga di depan escalator dan memenuhi seluruh dinding mall sehingga pengunjung pasti akan melewati dan melempatkan pandangan matanya.

Baca Juga:

Terdapat 2 buah kiosks di depan layar LED tersebut yang dilengkapi dengan sebuah kamera, layar kecil serta keyboard dan mouse. Pengambilan foto dilakukan dengan menekan tombol “Capture”, dan di layar akan muncul countdown timer sebelum foto diambil.

3…2…1…

Jepret!

Kualitas fotonya bagus yang dihasilkan relatif bagus. Pengguna dapat menambahkan menambahkan tulisan, efek foto, maupun frame. “I Love Singapore”, Efek sepia, Frame normal, itu lah setting yang dipilih oleh salah satu pengguna. Selain efek tersebut masih ada beberapa efek lainnya yang dapat digunakan, anta lain Gambar Merlion, gambar bunga, mengubah brightness, exposure, contrast dan masih banyak lagi.

Social Wall: Tempat Foto Turis

Social Wall: Tempat Foto Turis

Foto Turis dengan fitur Social Wall untuk diupload ke Social Media

Selain dapat di edit, foto tersebut langsung dapat di upload di media sosial terkemuka seperti Instagram maupun Facebook. Pengembang nampaknya cukup memperhatikan masalah keamanan penggunaan aplikasi ini. Email dan password yang dipergunakan untuk login ke media sosial tidak dapat dilihat oleh orang lain yang ada di sekitar, dan setelah foto berhasil di upload, system akan logout dari akun media sosial tersebut.

Tidak sampai disitu saja, beberapa detik kemudian, foto hasil jepretan tadi langsung muncul full di layar LED raksasa! Dalam beberapa detik kemudian, foto tersebut mengecil dan foto-foto hasil jepretan pengunjung lainnya memenuhi layar LED raksasa tersebut.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan, khususnya mengenai keselamatan anak-anak yang sedemikian tertarik dengan foto-foto yang tertampang di layar. Layar yang menggunakan LED ini terasa cukup panas apabila disentuh. Oleh karena itu anak-anak perlu berhati-hati mendekat di layar tersebut.

Ide seperti ini nampaknya perlu untuk diaplikasikan di berbagai mall yang ada di tanah air sebagai salah satu daya tarik untuk mengunjungi mall terkait. Hal ini mengingat dengan kepopuleran selfie di negara kita tercinta.

Written by:
Andra Agusta Angling Kesuma (20413008)
Mahasiswa Teknik Informatika program IMT 2013
Information and Multimedia Technology
School of Creative Industry

Edited by:
SEW 20160209

 

Photo source:

  • https://www.javenue.sg/events/social-wall