Pesan Makanan Online, perlukah? Sedang jalan-jalan ke Singapore dan kelaparan sedangkan persediaan Pop Mie habis? Makanan yang dijual di Hotel  terlalu mahal dan terlalu capek untuk keluar hotel untuk membeli makanan? Nampaknya salah satu solusinya adalah menggunakan aplikasi mobile untuk pesan makanan online.

Aplikasi untuk Pesan Makanan Online

Salah satu aplikasi yang saat ini cukup banyak dimanfaatkan di Singapore maupun di berbagai belahan dunia lainnya adalah Foodpanda. Aplikasi ini bisa didownload di Apple App Store, Google Play, dan Microsoft Phone Store secara gratis.  Saat tulisan ini dibuat, Foodpanda telah didownload lebih dari 5 juta kali di seluruh dunia. Berbagai negara di Asia telah merasakan manfaat dari aplikasi ini, antara lain di : Hong Kong, Singapore, India, Indonesia, Pakistan, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Bangladesh, Philippines, dan Brunei. Negara lain yang tidak ketinggalan juga merasakan manfaat aplikasi ini antara-lain: Russia, Hungary, Serbia, Montenegro, Bosnia & Herzegovina, Romania, Bulgaria, Georgia. Negara – negara di Africa : Nigeria, Morocco, Kenya, Ghana, Senegal, Ivory Coast, Rwanda, Tanzania, Uganda, Algeria, Egypt, dan masih banyak negara lainnya.

FoodPanda Apps

FoodPanda Apps

 

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat memesan makanan tertentu dari berbagai restoran yang terdaftar. Aplikasi ini akan menampikan berbagai restoran yang ada di sekitar lokasi pengguna, dengan memanfaatkan fitur GPS yang terdapat dalam smartphone. Salah satu keunggulan dari app ini adalah informasi mengenai jam buka, dan dapat menampilkan daftar restoran yang saat diakses menggunakan aplikasi ini masih buka dan dapat melayani pelanggannya. Daftar menu, harga, serta biaya pengantaran juga dapat dilihat pada app ini. Demikian pula dengan informasi minimum order yang juga ditampilkan.

Penggunaan aplikasi ini juga cukup sederhana. Pengguna dapat memilih restoran yang diminati untuk melihat menu yang disediakan beserta informasi mengenai menu yang menjadi best seller di restoran tersebut. Selain itu penguna juga dapat melihat deskripsi dan harga setiap menu, maupun diskon yang ditawarkan.

Setelah puas melihat menu dan tertarik dengan makanan tertentu, pengguna dapat memasukkan jumlah pesanan dari tiap menu. Sebelum memasuki tahapan berikutnya, pengguna dapat memeriksa ulang daftar menu yang dipilih dan total biaya yang harus dibayar. Pembayaran sendiri dapat dilakukan secara online dengan menggunakan kartu kredit atau dapat pula dibayar pada saat pesanan diantar. Status pesanan juga dapat dipantau melalui aplikasi ini.

Baca Juga:

Kemudahan dan Pengembangan Aplikasi Pesan Makanan Online Food Panda

Kelebihan utama dari aplikasi Foodpanda ini adalah kemudahan pemesanan makanan yang ditawarkan melalui 4 langkah sederhana: Search, Choose, Pay, dan Enjoy.

Salah satu yang perlu dikembangkan adalah informasi detil dari tiap menu yang ditawarkan, misalnya dengan melengkapi foto dari tiap menu tersebut. Selain agar pengguna dapat membayangkan tampilan dari menu, seringkali foto akan dapat mendorong pengguna yang semula tidak tertarik menjadi tergiur dengan makanan yang ditawarkan. Pengembangan lain yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah pemesanan untuk take-away maupun dine-in. Hal ini akan sangat memudahkan pelanggan yang ingin membeli makanan di restoran tersebut namun tidak ingin menunggu lama.

Semoga dengan aplikasi ini liburan di Singapore dilengkapi dengan perut yang terpuaskan selalu!

Written by:
Steven Tanuwijaya (20413901) 
Mahasiswa Teknik Informatika program IMT 2013
Information and Multimedia Technology
School of Creative Industry

rewritten by:
SEW 20160209