WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang memungkinkan seseorang yang memiliki pengetahuan yang minim mengenai pemograman web untuk dapat membuat sebuah situs web. Bagaimana cara instal WordPress? apakah benar cara instal WordPress mudah dilakukan bagi seorang yang bukan programmer atau network administrator?

CMS ini sendiri pada mulanya dikembangkan untuk memfasilitasi situs web dengan jenis Blog. Namun demikian pada perkembangannya berbagai jenis situs web dapat dikembangkan dengan menggunakan WordPress. Bahkan dengan menginstalasi Plugin WooCommerce misalnya, maka situs web dapat difungsikan menjadi sebuah toko online dengan sangat cepat dan mudah.

Mengembangkan sebuah situs web sangatlah cepat dan mudah, namun demikian salah satu permasalahan yang utama adalah perlunya pengembangan isi dari website tersebut. Tanpa isi atau content, sia-sialah sebuah website yang memiliki tampilan yang cantik. Mempercantik situs web dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan berbagai themes yang disediakan oleh WordPress maupun oleh berbagai vendor yang dapat dicari dengan mudah di Internet.

Sebuah situs web juga harus dapat dicari dengan kata kunci atau keyword tertentu sesuai yang dituju oleh pengembang web. Pemilihan kata kunci harus dilakukan dengan melakukan keyword research. WordPress sendiri memiliki berbagai plugin yang membantu penggunanya untuk membuat artikel yang SEO Friendly sesuai dengan keyword yang dituju. Salah satu plugin yang terkenal adalah yang bernama Yoast SEO.

Bagaimana Cara Instal WordPress?

Secara teknis, minimal harus tersedia beberapa hal berikut:

  1. Webhosting
    • Free/Berbayar: selain yang harus membayar dengan cara berlangganan, ada pula yang free. Meski demikian yang gratis atau free biasanya pada situs yang dikembangkan akan muncul iklan, atau setidaknya ada banyak batasan yang diberikan oleh webhosting. Namun demikian, untuk situs web pemula biasanya batasan tersebut masih dapat dimanfaatkan.
    • Teknologi: hampir seluruh webhosting menggunakan sistem operasi Linux. Untuk mengikuti langkah-langkah berikut, dibutuhkan web hosting yang support WordPress, di mana untuk cara instal WordPress akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan situs lain yang tidak support instaler WordPress. Silahkan cari di Google dengan kata kunci “Web Hosting WordPress”, dan untuk yang gratis bisa dicari dengan menambahkan kata Free, misalnya:  “Free Web Hosting WordPress”.
  2. Domain Name
    • Nama domain merupakan alamat yang akan sekaligus berfungsi sebagai alamat dari situs yang dikembangkan. Biasanya nama domain dikaitkan dengan merek atau nama produk yang akan dibuat situs webnya.
    • Untuk pemula seringkali biaya tahunan dari domain name dirasa memberatkan, untuk itu bisa dipergunakan sub-domain, yang seringkali didukung oleh web hosting.

Cara Instal WordPress

Ada berbagai cara instal WordPress, dimana mungkin berbeda-beda untuk berbagai webhosting. Namun secara umum berikut adalah langkah-langkah yang merupakan cara instal Wordpress pada sebuah webhosting yang support WordPress, serta menyiapkan tools SEO yang membantu situs kita meraih ranking yang bagus pada search engine:

  1. Register Web Hosting (free/paid)
  2. Login ke Control Panel
    login-wordpress-admin-langkah-cara-instal-wordpress
  3. Cari Script Install (nama bisa bervariasi)
  4. Klik install WordPress
    Script Installer pada salah satu webhosting gratis

    Script Installer pada salah satu webhosting gratis

     

  5. Masuk ke Settings > Permalinks, pastikan memilih yang ada sample-post
  6. Install Theme yang sesuai dengan selera, masuk ke menu Appearance > Themes, kemudian Add New
  7. Install Plugins Yoast SEO, dengan masuk ke menu Plugins > Add New, search “Yoast SEO”