Harian Surya, 18 Nopember 2015

Salah satu alumni Teknik Informatika Universitas Ciputra program Information & Multimedia Technology (IMT) memiliki hobby yang unik. Berawal dari hadiah yang diterimanya, Adelia Setiawan yang telah menyelesaikan studinya dengan prestasi akademik yang sangat tinggi, mengumpulkan berbagai action figure anime serta pernak-pernik yang berbau anime.

Siapa saja dapat melakukannya. Yang penting niat dan konsisten. Gampang-gampang susah menjadi kolektor, atau pengumpul barang atau benda yang layak untuk dikoleksi. Kalau tidak hobby sulit menjalaninya

Action Figure Anime Koleksi Adelia

Berawal dari hadiah seorang teman berupa miniatur figur kartun, akhirnya cewek ini menjadikannya koleksi kesayangan. Adelia yang semula tidak paham tentang figur anime, sekarang memiliki berbagai koleksi figurine One Peace, Cardcaptor Sakura, Kuroko no Basket, K-On, dan masih banyak lagi yang jumlahnya ratusan.

Action Figure Anime Koleksi AdeliaAction Figure Anime Koleksi Adelia – Surya 18 November 2015

Hobby yang tidak bisa dibilang murah ini dilakukannya selama bertahun-tahun, dengan nilai koleksi yang termurah gantungan kunci seharga Rp. 20.000 hingga jutaan rupiah. Banyak pengorbanan yang dilakukan cewek yang piawai dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android ini untuk mengumpulkan koleksinya. Tidak terhitung uang saku yang harus dia sisihkan demi melengkapi koleksinya yang sekarang membutuhkan tempat penyimpanan tambahan, mengingat lemari yang dimilikinya sudah tidak lagi menampung koleksi yang ada. Dukungan keluarga nampaknya juga turut mendorong Adelia untuk mewujudkan hobbynya. Lemari dan kadang sumbangan koleksi yang diberikan sang ayah juga turut membantunya dalam melengkapi koleksi dan menyimpannya dengan rapi.

Mengoleksi action figure anime maupun berbagai pernak-pernaknya ini tidaklah mudah, selain menyimpan, seorang kolektor haruslah rajin membersihkan koleksi yang ada dari debu yang mungkin hinggap. Namun demikian Adel – panggilan akrabnya, tidak segan untuk melakukannya, demi menjaga kecantikan koleksinya. Setiap kali jenuh belajar atau bekerja, sekedar melirik koleksinya akan membuat segala rasa jenuh yang hinggap lenyap, dan membuatnya kembali bersemangat untuk belajar atau menyelesaikan pekerjaannya.

Koleksi yang mungkin tidak bisa dinilai dari nilai uangnya ini, perlu dirawat dengan ekstra hati-hati agar tidak rusak maupun patah. Tidak semua koleksi yang telah dimilikinya dapat dibeli lagi apabila rusak, karena sudah menjadi barang langka atau bahkan sudah dijual lagi di pasaran.

 

Re-written by: SEW 20151119