Universitas Ciputra merupakan universitas pertama yang berkomitmen tinggi untuk menghasilkan lulusan sarjana yang berjiwa Entrepreneur. Setiap mahasiswa akan mendapatkan bimbingan baik dari dosen maupun praktisi bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka selama mereka studi di Universitas Ciputra melalui mata kuliah Entreprenurship 1-5. Mata kuliah yang diselenggarakan setiap Rabu, yang dikenal dengan istilah Reboan, ini mengasah potensi dan mendorong mahasiswa untuk menelurkan berbagai inovasi untuk menemukan sebuah produk yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat.

Di Program Studi Teknik Informatika, baik untuk peminatan Information & Multimedia Technology (IMT) maupun Management Information System (MIS), para mahasiswa diharapkan dapat menelurkan ide-ide yang mungkin bagi sebagian orang dianggap ide yang gila, namun benar-benar merupakan sebuah breakthrough dan menjadi solusi permasalahan yang ada. Mereka diharapkan dapat menjadi technopreneurs yang tidak hanya menguasai knowledge dan skills dalam mengembangkan produk IT, namun juga memiliki mindset orang Entrepreneur.

Technopreneurs Workshop di Alam

Terkait dengan hal tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Universitas Ciputra, dan tentunya tidak ketinggalan pula juga dilaksanakan oleh program peminatan IMT maupun MIS. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan September 2015 ini adalah sebuah Technopreneurs Workshop. Acara yang dilaksanakan di Kaliandra Eco Green Park selama 2 hari 1 malam ini diikuti sebanyak sekitar 70 mahasiswa freshmen ditambah sekitar 20 panitia. Beberapa orang dosen juga turut mendampingi dan memberikan sesi pada acara ini.

Team Building

Team Building

Team Building

Pada hari pertama para mahasiswa diberikan berbagai permainan yang selain untuk membangun teamwork juga ditujukan untuk mengajak mahasiswa berpikir kritis. Mereka diminta secara bersama-sama dalam kelompok menyelesaikan berbagai permasalah yang diberikan. Kerjasama juga menjadi salah satu titik keberhasilan mereka dalam menyelesaikan berbagai tugas dan tantangan yang diberikan.

Pada hari kedua fokus beralih ke penajaman berbagai permasalahan yang diketemukan pada sesi malam hari pertama. Dari berbagai permasalahan yang muncul mahasiswa mencoba untuk mencari ide dan merumuskan solusi yang mungkin dikembangkan, utamanya dalam bentuk solusi teknologi informasi.

20150926_191529

Investor Game

Investor Pitch

Mahasiswa melakukan pitching dengan investor dalam investor game

Gagasan yang dihasilkan kemudian diperjuangkan melalui sebuah investor game, dimana mahasiswa diminta untuk mencari funding dari investor yang diperankan oleh para dosen dari program studi. Pemenang dari investor game ini adalah ide yang mendapatkan funding paling banyak dari investor.

Hasil yang dirasakan oleh mahasiswa adalah mereka mendapatkan pengalaman untuk menggali ide-ide yang inovatif untuk menyelesaikan berbagai permalasalahan yang terjadi di sekitar mereka. Dalam acara singkat one night two days ini mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berharga untuk menunjang studi mereka selanjutnya. Acara ini juga disegarkan setelah mengikuti ujian tengah semester yang melelahkan.

 

written & photos by: Stephanus Eko Wahyudi