Berawal dari kepedulian sebuah komunitas terhadap berbagai permasalahan yang terjadi tanah air, terselenggaralah sebuah acara yang disebut dengan nama Hackathon Merdeka. Komunitas yang menamakan dirinya Code4Nation ini berupaya membantu pemerintah dan masyarakat, dan diharapkan dapat menjadi pemersatu berbagai gerakan yang ada, demi kolaborasi dan kerjasama yang semakin baik dan rapi dari talenta di bidang teknologi informasi di Indonesia.

Pada bulan Agustus lalu, kegiatan Hackathon Merdeka telah dilaksanakan dengan sukses, dengan ujung berupa audiensi dengan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Berbagai solusi yang dihasilkan dipresentasikan di hadapan Pak Jokowi, panggilan akrab beliau, dan mendapatkan perhatian dan apresiasi yang baik.

Kesuksesan seri pertama Hackathon Merdeka ini menjadi salah satu pendorong Code4Nation untuk kembali mengadakan Hackathon Merdeka. Acara yang diberi label Hackathon Merdeka 2.0 ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24-25 Oktober 2015 secara serentak di 28 kota di penjuru Indonesia. Para pemenangnya dari masing-masing kota nantinya akan dikumpulkan di Jakarta pada momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015. Informasi selanjutnya bisa dibaca di http://hackathonmerdeka.id/.

Teknik Informatika Universitas Ciputra (IMT/MIS) – Official Partner Hackathon Merdeka 2.0

Logo UCDi Surabaya sendiri acara ini sedang persiapan akhir dari panitia yang terdiri dari berbagai elemen, baik lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, sekolah menengah, serta relawan dari berbagai organisasi.

Universitas Ciputra dengan bangga menjadi Official Local Partner untuk penyelenggaraan Hackathon Merdeka 2.0, dimana pada penyelenggaraan ini UC diwakili oleh para dosen dari Program Studi Teknik Informatika, baik dari program Information & Multimedia Technology (IMT) maupun Management Information System (MIS).

Daftar Sekarang Juga di Hackathon Merdeka 2.0

Punya talenta di pengembangan aplikasi mulai, baik untuk desain interface sampai implementasi aplikasi dengan bahasa pemrograman apapun? buruan daftar untuk berperan serta dalam mencari solusi permasalahan bangsa…. Daftar di sini: http://hackathonmerdeka.id/registrasi/

Peta Hackathon Merdeka 2.0

Ditulis oleh:
Stephanus Eko Wahyudi
IMT Universitas Ciputra

Dokumentasi Penyelenggaraan Hackathon Merdeka, Jakarta – Agustus 2015, Photo: Dokumentasi Ainun Najib.